Kandang kuda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Interior kandang kuda dengan sekat pemisah antar kuda
Seekor kuda di dalam kandang
Sekumpulan kandang kuda di Einsiedeln Abbey, Swiss
Kandang kuda sederhana yang terdiri dari beberapa ruangan

Kandang kuda adalah bangunan yang digunakan untuk menyimpan kuda dan sebagai tempat kuda beraktivitas seperti makan dan tidur. Kandang kuda biasanya berupa bangunan dengan banyak ruangan di dalamnya yang terpisah dengan sekat atau dinding untuk pemisah antar kuda.

Desain bangunan bisa bervariasi tergantung iklim, budaya, kemudahan mendapatkan bahan bangunan, dan fungsi selain sebagai kandang, karena beberapa kandang kuda ada yang difungsikan sebagai tempat untuk memamerkan kuda yang akan dijual atau dipacu di pacuan kuda. Selain itu, kandang kuda yang difungsikan sebagai hewan militer bisa terdapat fasilitas tambahan untuk memasang armor.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kuda telah lama digunakan sebagai penyedia tenaga pertanian, terutama sebagai tenaga penarik gerobak untuk mengangkut hasil pertanian dan sebagai alat tunggangan. Dan jika kuda sudah cukup tua untuk bekerja, mereka akan disembelih untuk dimanfaatkan dagingnya. Mereka sangat berharga sehingga kandang mereka dibangun dekat dengan tempat tinggal pemiliknya. Bahkan tidak jarang kandang kuda memiliki fasilitas yang lebih baik dari kandang hewan ternak lainnya, seperti adanya tempat minum dan makan yang khusus tersedia untuk setiap ekor kuda.[1][2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Historic Environment Local Management Website
  2. ^ The Conversion of Traditional Farm Buildings: A guide to good practice, by English Heritage.