Roy Scheider

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Roy Scheider
Lahir Roy Richard Scheider
10 November 1932
Orange, New Jersey, AS
Meninggal 10 Februari 2008 (umur 75)
Little Rock, Arkansas, AS
Tahun aktif 1961–2008
Pasangan Cynthia Bebout Scheider (1962–1989)
Brenda Siemer Scheider (1989–2008)

Roy Richard Scheider (10 November 193210 Februari 2008) adalah aktor Amerika Serikat yang dinominasikan untuk Academy Award- dan Golden Globe. Ia banyak memainkan film, dan terkenal dalam perannya sebagai kepala polisi Martin Brody dalam film Jaws.

Perjalanan hidup[sunting | sunting sumber]

Diluar film[sunting | sunting sumber]

Roy Scheider lahir di Orange, New Jersey. Dia merupakan putra dari pasangan Anna Crosson dan Roy Bernhard Scheider, yang merupakan seorang montir mobil. Ibu Scheider adalah seorang Katolik, sementara ayahnya yang keturunan Jerman adalah seorang Protestan. Sewaktu kecil, Roy adalah seorang atlet, dia berpartisipasi dalam organisasi baseball dan tinju. Dia merupakan lulusan Columbia High School di Maplewood, New Jersey, dan termasuk dalam salah satu anggota hall of fame pada 1985. Kemudian dia kuliah jurusan seni akting dan drama di Rutgers University dan Franklin and Marshall College. Setelah lulus, dia mengikuti pelatihan militer di Angkatan Udara AS selama tiga tahun dan setelah selesai dia tampil dalam New York Shakespeare Festival, dan memenangkan Obie Award pada 1968.

Karier film[sunting | sunting sumber]

Film pertama Roy Scheider adalah Curse of the Living Corpse pada 1963. Pada 1971 dia tampil dalam film popular berjudul Klute dan The French Connection. Berkat kedua film tersebut, Roy masuk nominasi Academy Awards untuk kategori Aktor Pendukung Terbaik.

Pada 1975, Steven Spielberg mengajak dia untuk bergabung dalam film berjudul Jaws. Perannya adalah sebagai kepala polisi Martin Brody. Dalam film Jaws, dia bergabung bersama Robert Shaw, Richard Dreyfuss, dan Loraine Gary. Film Jaws kemudian meraih sukses, tidak hanya dipasaran tetapi juga dalam ajang Piala Oscar. Film Jaws yang pada saat itu dianggap sebagai film paling canggih dan paling mahal, sukses mendominasi dalam Academy Awards. Selain di Academy Awards, Jaws juga masuk dalam daftar 100 Film Terbaik Abad 20. Sementara itu, perkataan Roy dalam film yakni, “You’re gonna need a bigger boat”, sukses masuk dalam urutan 35 quote film Amerika.

Setelah sukses dengan Jaws, Scheider kemudian tampil dalam film Marathon Man bersama Dustin Hoffman dan Laurence Oliver. Scheider merupakan aktor pemeran asli film The Deer Hunter (sebelum diambil alih Robert de Niro), dalam klausul kontraknya dengan Universal Studios. Namun pihak Universal lebih menginginkan Roy agar kembali dalam Jaws 2, akhirnya Robert de Niro-lah yang ditunjuk sebagai aktor pengganti Roy Scheider dalam The Deer Hunter.

Pada 1979, Scheider kembali masuk nominasi Academy Awards sebagai Aktor Terbaik, berkat penampilannya dalam film All That Jazz, dimana dalam film itu dia berperan sebagai sutradara fiksi, Bob Fosse.

Pada 1983, Roy bermain dalam film Blue Thunder. Kemudian pada 1984, dia bermain dalam film sekuel laris 1968, 2001: A Space Odyssey.

Sampai akhir hayatnya, Roy masih aktif membintangi beberapa film. Bahkan ketika dia meninggal pada 10 Februari 2008 lalu, Roy masih punya dua film yang belum diluncurkan, yaitu Dark Honeymoon dan Iron Cross.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Roy Scheider menerima sebuah penghargaan, yaitu Lifetime Archievment Awards pada 2007 lalu dari SunDeis Film Festival di Massachusetts (satunya lagi diterima oleh pemenang piala Oscar, Patricia Neal). Scheider juga tampil menjadi narator dalam film dokumenter berjudul The Shark is Still Working pada acara peringatan 30 tahun film Jaws.

Scheider menikah dengan Cynthia Bebout pada 8 November 1962. Dan dikaruniai anak bernama Maximillia. Sayang pasangan ini bercerai pada 1989. Lalu pada tanggal 11 Februari 1989, Roy menikah dengan aktris Brenda King, dan dikaruniai dua anak bernama Christian dan Molly. Pernikahan ini bertahan hingga Roy dijemput Sang Maha Kuasa.

Akhir hayat[sunting | sunting sumber]

Roy Richard Scheider meninggal pada tanggal 10 Februari 2008 akibat kanker. Dia meninggal di Rumah Sakit Universitas Arkansas, AS. Penyebab detail meninggalnya Roy tidak disebutkan secara pasti. Namun istri Roy berkata pada pers bahwa meninggalnya Roy diakibatkan komplikasi dan infeksi akibat kanker yang dideritanya sejak 2004.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]