Richardis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Santa Richardis
Kaisarina Romawi Suci
Lahir sekitar tahun 840
Wafat 18 September 895, Andlau, Alsace
Dihormati di Gereja Katolik Roma
Tempat ziarah utama Biara Andlau
Hari peringatan 18 September
Atribut mengenakan jubah kerajaan dengan mahkota dan palem, dan dikelilingi oleh api; berpakaian sebagai seorang biarawati, dengan mahkota disisihkan, dan balok-balok kayu yang terbakar, dan juga seekor beruang dan lanjam.
Pelindung Andlau; pelindung terhadap api

Santa Richardis, juga dikenal sebagai Richgard dan Richardis dari Swabia (sekitar tahun 840 – 18 September, di antara tahun 894 dan 896), merupakan seorang Kaisarina Romawi Suci sebagai istri Charles si Botak. Ia terkenal akan kesalehannya.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Ia lahir di Alsace, putri Erchanger, pangeran Nordgau, dari keluarga Ahalolfinger. Ia menikah dengan Charles pada tahun 862 dan dimahkotai dengannya di Roma oleh Paus Yohanes VIII pada tahun 881. Pernikahan itu tanpa keturunan.[1]

Pada krisis tahun 887, di dalam sebuah upaya untuk menjatuhkan kekuasaan penuh dan kebencian Liutward, kanselir agung Charles, ia dan Richardis dituduh oleh Charles dan istananya telah berzinah. Ia ditaruh di siksaan oleh api, yang berhasil ia lalui.

Ia kemudian mengundurkan diri ke Biara Andlau, yang ia dirikan di atas wilayah leluhurnya pada tahun 880, dan dimana keponakannya Rotrod adalah kepala biarawati. (Richardis sendiri sebelumnya adalah kepala bairawati dari tempat-tempat agama di Säckingen dan Zurich). Ia meninggal di Andlau pada tanggal 18 September dan dimakamkan disana.

Kultus[sunting | sunting sumber]

Richardis kemudian dikanonisasikan oleh Gereja Katolik Roma dan jenazahnya dipindahkan pada bulan November 1049 oleh Paus Leo IX ke makam yang lebih bagus di dalam gereja biara yang baru didirikan. Makam yang ada sekarang berasal dari tahun 1350.

Richardis adalah pelindung Andlau, dan melindungi kebakaran. Ikonografinya mengacu pada statusnya sebagai seorang Kaisarina dan seorang biarawati dengan cobaan api. Beruang dan bajak mengacu pada legenda dasar Biara Andlau.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ both Richardis and Charles stated in 887 under oath at the time of the charge of adultery that their marriage was unconsummated
Didahului oleh:
Richilde dari Provence
Kaisarina Romawi Suci
881– 888
Diteruskan oleh:
Ageltrude
Didahului oleh:
Adelaide dari Paris
Ratu Frankia Barat
884–888
Diteruskan oleh:
Théodérade dari Troyes
Didahului oleh:
Liutgard dari Sachsen
Ratu Frankia Barat
882–887
Diteruskan oleh:
Ota