Richilde dari Provence

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Richilde dari Provence

Richilde dari Ardennes (atau Richilde dari Provence) (sekitar tahun 845 – 2 Juni 910) merupakan permaisuri kedua Charles yang Botak, Raja dan Kaisar Franka. Oleh pernikahannya, ia menjadi Ratu Franka Barat, dan kemudian Maharani Franka. Ia juga bertindak sebagai wali.

Richilde merupakan putri Bivin dari Gorze, Pangeran Ardennes, dan saudari Boso dari Provence (dari Wangsa Bosonid). Nenek bibinya adalah Teutberga, istri Lothair II dari Lorraine. Pernikahannya dengan Charles yang Botak, pada tahun 870 setelah kematian istri pertamanya, Ermentrude dari Orléans, dilangsungkan untuk mengamankan pemerintahannya di Lorraine melalui keluarganya yang berkuasa dan koneksinya dengan Theutberga, mantan Permaisuri. Pasangan tersebut memiliki 5 orang anak, namun hanya putri sulungnya, Rothilde (sekitar 871 – sekitar 928), yang menikah pertama-tama dengan Hugues dari Bourges dan kedua dengan Roger dari Maine, yang selamat sampai usia dewasa.

Ketika Charles pergi berperang, Richilde mengelola kerajaan itu, dan bertindak sebagai kepala negara setelah kematian Charles pada tahun 877.

Ia berencana untuk menggantikan saudaranya Boso, Adipati Burgundia, ke atas tahta, setelah Louis yang Gagap (putra Charles yang Botak dan Ermentrude dari Orléans) meninggal tak lama setelah ayahnya ketika anak-anaknya terlalu muda untuk memerintah sendiri. Akan tetapi, ia dituduh telah berzinah dengan saudaranya dan Maharaja Kerajaan tersebut menolak untuk tunduk kepada otoritasnya. Ia kemudian membantu Boso untuk menjadi Raja Provence.

Ia berupaya untuk mengambil posisi otoritas setelah kematian Louis III pada tahun 882, dan Carloman II pada tahun 884; akan tetapi, kerajaan tersebut tidak tenang dan di dalam ancaman Normandia, dan para bangsawan kerajaan itu mendesaknya untuk mundur ke Provence, dimana ia meninggal pada tanggal 2 Juni 910.

Didahului oleh:
Engelberga
Maharani Kekaisaran Romawi Suci
875–877
Diteruskan oleh:
Richardis
Didahului oleh:
Ermentrude dari Orléans
Permaisuri Francia Barat
870–877
Diteruskan oleh:
Adelaide dari Paris