Ageltrude

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Ageltrude (juga disebut Agiltrude) (wafat 27 Agustus 923) merupakan seorang Kaisarina Romawi Suci dan Ratu Italia sebagai istri dan ibu Guido (bertakhta tahun 891–894) dan Lamberto (bertakhta tahun 894–898). Ia merupakan wali untuk putranya dan dengan aktif mendukungnya melawan musuh bebuyutannya, Kekaisaran Karolingia, dan berperan di dalam pemilihan kepausan demi mereka.

Ia adalah putri Pangeran Adelchi dari Benevento dan Adeltrude. Ia menikah dengan Guido pada awal tahun 880, ketika ia masih sebagai adipati dan markgraf Spoleto dan Camerino.

Pada tahun 894, ia menemani putranya yang masih kecil ke Roma untuk ditetapkan sebagai kaisar oleh Paus Formosus, yang mendukung pewaris Karolingia Arnulf dari Kärnten. Pada tahun 896, ia dan putranya bersembunyi di Spoleto ketika Arnulf berbaris ke Roma dan dimahkotai sebagai oposisi Lamberto. Arnulf lumpuh tak lama kemudian dari penyakit stroke dan Formosus meninggal. Ageltrude dengan cepat ikut campur untuk menegaskan otoritasnya di Roma dan memilih calonnya sebagai Paus Stefanus VI.

Didahului oleh:
Richardis
Kaisarina Romawi Suci
891–894
Diteruskan oleh:
Ota
Didahului oleh:
Bertila dari Spoleto
Permaisuri Italia
889–894