Richard Kruspe-Bernstein

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Richard Zven Kruspe
Richard Zven Kruspe.jpg
Latar belakang
Genre Tanz-Metall
Industrial metal
Neue Deutsche Härte
Alternative metal
Pekerjaan Gitaris, Backround Vokal
Instrumen Guitar, Bass Guitar, Singer
Label Motor Music
Republic Records
Slash Records
Universal Music Group
Artis terkait Rammstein
Emigrate
Orgasm Death Gimmicks
First Arsch

Richard Zven Kruspe (lahir 24 Juni 1967; umur 46 tahun) merupakan musisi Jerman , dikenal sebagai pendiri dan pemimpin-gitaris band ( "Dance Metal") Jerman Rammstein dan Emigrate. Dia juga sempat menggunakan akhiran "Bernstein", mengutip akhiran nama mantan istrinya yang berasal dari Afrika Selatan, Caron Bernstein. Mereka menikah selama lima tahun sebelum akhirnya berpisah pada tahun 2004, yang jelas pada tahun 2006, dia menggunakan nama aslinya Kruspe.

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Kruspe dilahirkan di Wittenberge, Jerman Timur. Dia memiliki dua kakak perempuan dan satu kakak laki-laki. Orang tuanya bercerai ketika dia masih kecil. Ibunya menikah kembali, tetapi dia tidak tinggal bersama ayah tirinya. Mereka pindah ke desa Weisen ketika dia masih muda. Ketika kecil, Kruspe adalah penggemar dari Kiss. Menurut dia, KISS "mewakili kapitalisme dalam intisari musiknya, dan setiap penggemar-KISS pasti terinfeksi karena mereka begitu besar. Jika ada seorang anak menulis KISS pada buku tulis mereka , dan jika guru melihat itu, mereka bisa mendapatkan hukuman keluar dari sekolah hanya karena menulis kata itu di buku mereka." Ketika dia berumur 12 tahun, dia memiliki poster KISS di kamarnya, tetapi ayah tirinya merobek dan menghancurkannya, kemudian Kruspe begadang semalaman untuk menyusun kembali serpihan poster itu. Kruspe adalah jago gulat ketika dia remaja, tetapi tidak pernah melakukannya lagi selama bertahun-tahun, walaupun dia bergulat dengan "kembarannya" di video Mein Teil.

Pada usia 16 tahun, dia dan temannya mengunjungi Cekoslovakia, tempat di mana dia membeli sebuah gitar . Awalnya dia berencana untuk menjual kembali gitar itu, karena harganya sangat mahal dan berpikir dia akan untung besar. Namun, setelah dia kembali ke Jerman Timur, seorang gadis di sebuah perkemahan menyuruhnya untuk memainkan gitar itu. Dia mengatakan kepada gadis itu bahwa dia tidak dapat memainkannya, namun gadis itu terus memaksa, dan Richard mulai tergila-gila dengan alat musik petik itu. "saya memainkannya setengah mati," kata Richard, "tapi malah membuat gadis itu terkesan. Lalu saya berpikir dan saya menyadari bahwa perempuan suka laki-laki yang bisa bermain gitar." Hal inilah yang membuat dia tertarik berlatih gitar, dan akhirnya, dia berlatih setiap hari dan malam selama dua tahun ke depan.

Pada usia 19 tahun, bosan dengan apatis musik di kota kelahirannya, dia pindah ke Berlin Timur dan tinggal di Lychener Straße dan "menciptakan musik sepanjang hari." Selama dua tahun, Richard tinggal di apartemen dengan drum kit dan gitar, dan musik yang dibuat oleh dia sendiri karena dia tidak kenal seorangpun di apartemen barunya. "Saya sangat kesepian" menurut Richard, kemudian menggunakan waktunya untuk menjelajahi musik.

Sekitar tahun 1991, Kruspe mulai memiliki sebuah band Orgasm Tewas Gimmicks. Juga pada tahun 1992, Kruspe melakukan perjalanan pertamanya ke US dengan Till Lindemann dan Oliver "Ollie" Riedel. Dia menyadari bahwa dia tidak ingin membuat musik Amerika dan ingin terkonsentrasi membuat suara khas Jerman yang unik. Dengan Till Lindemann dia menyanyikan lagu Aria Shtil.

Berdirinya Rammstein[sunting | sunting sumber]

Rammstein didirikan oleh Richard Kruspe. Pada tahun 1989 dia melarikan diri dari Jerman Timur di sepanjang perbatasan antara Austria dan Hungaria. Dia akhirnya tinggal di Berlin Barat dan memulai band (Orgasm Death Gimmicks) pada tahun 1991. Pada saat itu ia sangat dipengaruhi musik Amerika. Setelah tembok Berlin runtuh, dia pindah kembali ke rumah Schwerin tempat di mana Till Lindemann bekerja sebagai penenun keranjang dan bermain drum untuk band First Arsch.

Pada saat ini, Richard tinggal dengan Oliver "Ollie" Riedel (dari band The Inchtabokatables) dan Christoph "Doom" Schneider (dari Die Firma). Richard menyadari bahwa musik sebelumnya yang telah dibuat tidak tepat. Dia menciptakan sesuatu dengan menggabungkan suara mesin dan suara distorsi gitar. Akhirnya ketiga orang itu mulai bekerja sama pada sebuah proyek baru.

Richard menemui kesulitan untuk menulis lirik dan musik secara bersamaan. Dia mengajak Till untuk bergabung sebagai vokalis karena sering mendengar dia bernyanyi sambil bekerja. Sebuah kontes untuk band baru diumumkan dan hadiahnya adalah rekaman di studio. Empat orang itu akhirnya merekam demo pertama Rammstein dan memenangkan kontes tersebut. Paul H. Landers mengatahui kemenangan mereka dan ingin tahu apa yang mereka kerjakan. Setelah mendengarkan, ia setuju untuk bergabung. Pada titik ini, semua yang mereka perlukan untuk menciptakan suara-mesin adalah keyboarder. Mereka mencoba untuk mendapatkan Kristen "Flake" Lorenz untuk bergabung, karena dia pernah tergabung dalam satu band dengan Paul di band Feeling B. Flake sendiri belum sepenuhnya tertarik dengan ide itu dan tidak ingin bergabung untuk waktu yang lama. Tetapi, ia akhirnya dia setuju.

Mengenai waktu band dibentuk, mereka semua mempunyai masalah hubungan pertemanan yang menjadi dasar untuk membuat album debut mereka Herzeleid (sakit hati) pada tahun 1995. Sejak saat itu, mereka mencapai status Gold dan Platinum untuk album dan menjadikan mereka band Jerman nomor satu yang di expor.

Berdirinya Emigrate[sunting | sunting sumber]

Richard mulai bekerja pada sebuah proyek solo pada waktu itu, bandnya bernama Emigrate dan masih terus tergabung sampai saat ini. Dia mengatakan ia ingin merekam album pada tahun 2005. Namun tidak ada anggota band Rammstein lain yang terlibat. Mereka baru saja merilis tiga lagu: "My World", "Wake Up" dan "Babe", semua tersedia untuk di-download di situs band. Untuk lagu "My World" mereka merilis sebuah video dengan layarbelakang dari Resident Evil. Pada tahun 2007, debut album Emigrate dirilis.

Peralatan[sunting | sunting sumber]

Dia memiliki gitar yang bertanda tangan dirinya, terinspirasi oleh tanda tangan pada gitar Kirk Hammett tapi menggunakan elektronik dalam bentuk yang lebih sederhana. Fitur gitar neck through construction, yang 25,5 inci skala leher, alder body wings , sebuah maple neck, Floyd Rose tremolo dengan locking nut, 24 frets , Dual EMG 81 pickups, sebuah master kontrol volume dan pickup selecter, dengan sentuhan akhir Titanium. Kruspe memiliki gitar dengan tanda tangan ESP yang disebut RZK-1. [1] Tersedia versi yang lebih murah yang disebut PT RZK-600. Gitar yang pernah dia mainkan sebelumnya, gitar dengan tanda tangan Kirk Hammett yang disebut KH-2 serta kustom ESP Guitar gitar berdasarkan tandatangan Kirk Hammett KH-2 . Dia adalah gitaris Jerman pertama yang memiliki seri bertanda tangan dari perusahaan ESP. Richard menggunakan ESP Eclipse hitam I CTM saat Rammstein konser di Nimes, Prancis pada 23 Juli 2005. Dia juga berencana memiliki gitar ESP terbaru dengan logo The Emigrate seperti yang terlihat dalam videoklip My World.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 10 Oktober 1989, sebelum jatuhnya Tembok Berlin, dia menumpang kereta bawah tanah. Ketika keluar dari stasiun kereta subway, ia terjebak di tengah para demonstran politik. Dia menerima pukulan di kepala dan ditangkap hanya karena berada di tempat itu, dan di penjara selama enam hari. Setelah keluar dari penjara, ia memutuskan untuk meninggalkan Jerman Timur. Pada masa itu, orang-orang tidak begitu saja meninggalkan Jerman Timur, sehingga ia memasuki Jerman Barat melalui Cekoslovakia. Bila tembok runtuh, dia pindah kembali ke Jerman Timur.

Kruspe menikahi aktris Afrika Selatan (Amerika) Caron Bernstein pada tahun 1999. Prosesi pernikahannya berlangsung secara yahudi dan Richard merancang sendiri musiknya. Richard menggunakan nama Richard Kruspe-Bernstein selama perkawinan mereka. Mereka bercerai pada tahun 2004. Richard sekarang kembali menggunakan nama aslinya "Kruspe" sebagai penjelas perceraiannya.

Dia fasih berbahasa Inggris dan bernyanyi dengan menggunakan bahasa Inggris di Emigrate.

Khira Li Lindemann[sunting | sunting sumber]

Lahir 28/02/1991, Khira Li Lindemann adalah putri Richard Kruspe. Nama belakangnya "Lindemann" karena ibunya sebelumnya menikah Till Lindemann. Ibu Khira tetap menggunakan nama "Lindemann" ketika bercerai dengan Till Lindemann, dia dan Richard Kruspe hidup bersama dan mengurus Khira tetapi tidak pernah menikah dan kemudian pisah. Inilah alasan, mengapa Khira mempunyai nama belakang "Lindemann." Suatu waktu pada tahun 2001, dia pindah dari Berlin ke New York hanya karena ingin tinggal di dekat mantan istrinya Caron.

Keikutsertaan Khira dalam Rammstein[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1997, Khira Li muncul dalam sebuah penampilan Rammstein's Tier di Live Aus Berlin. Pada tahun 2001, Khira Li menjadi backing vocal Spieluhr dalam album Rammstein Mutter tahun 2001.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Referensi[sunting | sunting sumber]