Rammstein

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Rammstein logo
Rammstein and Apocalyptica concert - 2005.jpg
Rammstein kolaborasi dengan Apocalyptica.
Latar belakang
Asal Berlin, Germany
Genre Industrial metal
Tanzmetall
Tahun aktif 1994 – Sekarang
Label Motor Music
Republic Records
Slash Records
Universal Music Group
Artis terkait Emigrate
Feeling B
First Arsch
Situs web www.rammstein.de www.rammstein.com
Anggota Till Lindemann
Richard Z. Kruspe
Paul H. Landers
Oliver "Ollie" Riedel
Christoph "Doom" Schneider
Christian "Flake" Lorenz

Rammstein (diucapkan [ˈʀamʃtaɪ̯n]) adalah sebuah band Industrial Metal German, yang dibentuk di Berlin, Rammstein terkenal dengan aliran musiknya NDH-scene, sama seperti Oomph! dan Die Krupps. Aliran musik mereka sering disebut Tanz-Metal (lit. "Dance Metal").[1][2][3] Dibentuk tahun 1994, mereka sudah menjual 22 juta album rekaman diseluruh dunia.[4] Nama Rammstein diambil secara tidak langsung dari kota kecil di Jerman Barat, yakni Ramstein, kota yang terdapat pangkalan militer Amerika Serikat, dan di kota itu jugalah pernah terjadi kecelakaan dalam pameran kedirgantaraan Blok Barat pada 1988. Salah satu lagu mereka yang berjudul "Rammstein", sebenarnya lebih ditujukan untuk mengenang peristiwa tragis tersebut daripada menjadi lagu mengenai band itu sendiri.

Walaupun lagu yang mereka bawakan tidak dalam bahasa Inggris, band ini cukup terkenal di luar Jerman, dan mempunyai basis penggemar yang kuat di Eropa Barat, Rusia, Amerika Utara, Tengah, serta Australia. Dan dengan peluncuran album "Reise, Reise" pada 2004, mereka menjadi band Jerman paling fenomenal di belantika musik internasional. Lagu-lagu mereka juga selalu menempati urutan sepuluh besar di Jerman.

Semua anggota band ini berasal dari Jerman Timur, khususnya Berlin Timur dan Schwerin. Mereka adalah:

Riedel, Schneider dan Kruspe-Bernstein adalah tiga orang pertama yang membentuk band Rammstein ini, yang awalnya tergabung dengan band Jerman Barat yang bernama Orgasm Death Gimmicks dengan gaya musik yang sangat identik, atau meniru, gaya musik Amerika.

Kruspe-Bernstein pernah berkata, "I realized it's really important to make music and make it fit with your language, which I didn't do in the past. I came back [to Germany] and said, 'It's time to make music that's really authentic.' I was starting a project called Rammstein to really try to make German music."

Dia pun mengajak Till Lindemann, pemain drum dari band Jerman Timur, First Arsch, untuk bergabung dalam proyek Rammstein ini, sebagai vokalis. Keempat orang ini berpartisipasi dalam kontes band Jerman pada waktu itu, dan mereka memenangkan kontes tersebut dan ternyata secara tidak langsung, menarik perhatian Paul Landers, yang kemudian ikut bergabung dalam proyek Rammstein ini. "Flake" Lorenz adalah anggota terakhir yang masuk dalam band ini; dia sebelumnya bermain bersama Landers dalam band Feeling B, band Jerman Timur yang cukup terkenal hingga ke Uni Soviet pada waktu itu. Pada awalnya, dia enggan untuk bergabung dalam proyek band baru ini, tetapi setelah beberapa kali ajakan, dia pun akhirnya menyetujui untuk bergabung dengan Rammstein. Album pertama mereka, Herzeleid, pun dirilis setahun setelah terbentuknya formasi band mereka.

Rammstein menggunakan flame-throwers ketika membawakan lagu Feuer frei! - Globe Arena, Stockholm, Sweden, 2004-11-18.

Formasi[sunting | sunting sumber]

Rammstein didirikan oleh gitaris Richard Z. Kruspe. Pada tahun 1989, dia melarikan diri ke Berlin Barat dan memulai sebuah band, Orgasm Death Gimmicks. Pada saat itu, ia sangat dipengaruhi oleh musik Amerika, terutama Kiss. Setelah Tembok Berlin Runtuh, dia pindah kembali ke Schwerin tempat dimana Till Lindemann bekerja sebagai penenun keranjang dan bermain drum untuk band First Arsch (sering disebut "Apex Ass"). Pada saat itu, Richard tinggal dengan Oliver Riedel, dari band Inchtabokatables, dan Christoph "Doom" Schneider (dari Die Firma). Richard menyadari bahwa musik yang dia ciptakan sebelumnya tidak sesuai dengan yang dia inginkan. Dia menciptakan sesuatu dengan menggabungkan suara mesin dan suara distorsi gitar. Akhirnya ketiga orang itu mulai bekerja sama pada sebuah proyek baru. Richard menemui kesulitan untuk menulis lirik dan musik secara bersamaan. Dia mengajak Till untuk bergabung sebagai vokalis karena sering mendengar dia bernyanyi sambil bekerja.

Awal tahun (Era Pra-Herzeleid - 1994)[sunting | sunting sumber]

Sebuah kontes diadakan di Berlin untuk band-band amatir pada tahun 1994, pemenangnya akan mendapatkan kesempatan untuk merekam empat lagu cd demo di studio profesional. Kruspe, Schneider, Riedel, dan Lindemann mengikuti dan memenangkan kontes tersebut, hal itulah yang menarik perhatian Paul Landers, dan ingin ikut bergabung dalam proyek mereka. Untuk menciptakan suara-suara mesin, Rammstein kemudian berusaha untuk merekrut Christian "Flake" Lorenz, yang bermain dengan Paul Landers sebelumnya di Feeling B. Pada awalnya, Lorenz ragu-ragu, tapi akhirnya sepakat untuk bergabung dengan band.

Herzeleid (1995 - 1997)[sunting | sunting sumber]

Rammstein mulai merekam album pertama mereka Herzeleid pada bulan Maret 1995 dengan produser Jacob Hellner. [5] Mereka merilis single pertama mereka Du riechst so gut pada 17 Agustus dan kemudian merilis album pada 24 September 1995. Kemudian pada tahun yang sama, mereka melakukan tur bersama dengan Clawfinger di Warsawa dan Praha. Rammstein mengadakan konser tunggal ke seluruh Jerman dari 2 Desember sampai 22 Desember yang terdiri dari 17 pertunjukan yang membantu mereka meningkatkan popularitas band ini. Mereka kemudian melakukan beberapa tur sepanjang awal tahun 1996, mereka merilis single kedua berjudul Seemann pada 8 Januari 1996.

Pada tanggal 27 Maret, Rammstein tampil di MTV's Hanging Out di London; penampilan pertama mereka di Inggris. Pemicu utama popularitas Rammstein di luar Jerman datang ketika direktur musik Trent Reznor memilih dua lagu, yaitu 'Heirate Mich' dan 'Rammstein', sebagai salah satu soundtrack film terbaru David Lynch, Lost Highway. Soundtrack film ini mulai dirilis di Amerika Serikat pada musim gugur 1996 dan kemudian di Eropa pada April 1997.

Rammstein kemudian konser ke seluruh Jerman, Austria dan Swiss dari September hingga Oktober 1996, mengadakan sebuah konser ulang tahun pada 27 September yang disebut '100 tahun Rammstein'. Para tamu konser tersebut diantaranya Moby, Bobo dan The Berlin Session Orchestra, sutradara Berlin Gert Hof bertanggung jawab atas semua tatacahaya panggung.

Sehnsucht/Live aus Berlin (akhir 1996 - 2000)[sunting | sunting sumber]

Rammstein mulai merekam Sehnsucht pada bulan November 1996 di Temple Studios, Malta. [6] Album ini diproduseri kembali oleh Jacob Hellner. Single pertama mereka, berjudul Engel dirilis pada 1 April 1997 dan kemudian meraih emas pada 23 Mei. Inilah alasan kemudian mereka merilis single edisi khusus para fansnya yang berjudul Engel Fan Edition. Dalam single ini terdapat dua lagu yang tak pernah dirilis sebelumnya Feuerräder dan Wilder Wein. Single kedua dari album "Sehnsucht" adalah Du Hast dan langsung memuncaki urutan ke 5 tangga lagu di Jerman pada Agustus 1997.

Rammstein kemudian kembali menggelar tur musim panas ketika album Sehnsucht ini dirilis pada 22 Agustus 1997. Album tersebut meledak di pasaran dan memuncaki tangga lagu Jerman hanya dua minggu setelah dirilis. Kemudian, Herzeleid dan kedua single Sehnsucht (Du Hast dan Engel) berada di Top 20 tangga lagu musik Jerman. Rammstein melanjutkan konsernya yang sudah terjual habis di seluruh Eropa pada bulan September, Oktober dan November 1997 sebelum mereka merilis lagu Kraftwerk, Das Modell. Single tersebut berisi satu lagu yang belum pernah dirilis sebelumnya berjudul Kokain. Pada tanggal 5 Desember 1997, Rammstein berencana menggelar konser pertamanya di Amerika, dengan dukungan dari KMFDM. Pada tanggal 22 Agustus dan 23 tahun 1998, Rammstein tampil dihadapan lebih dari 17.000 penggemarnya di Wuhlheide, Berlin; salah satu pertunjukan terbesar yang pernah ada pada saat itu. Dengan band pendukung Danzig, Nina Hagen, Joachim Witt dan Alaska. Pertunjukan tersebut diliput secara profesional, untuk kemudian dirilis dalam bentuk konser DVD, Live Aus Berlin. Rammstein kemudian merencanakan tur bersama Korn, Ice Cube, Orgy dan Limp Bizkit yang disebut Family Values tour pada bulan September sampai akhir Oktober 1998. Untuk melanjutkan sukses mereka di Amerika Serikat, Sehnsucht mendapatkan platinum Emas pada 2 November. Rammstein lantas dinominasikan di ajang MTV European Music Awards untuk Best Rock Act dan tampil membawakan lagu Du Hast pada 12 November tahun itu.

Rammstein kembali mendapatkan sukses pada tahun 1999, dimulai pada bulan Februari dengan masuk nominasi Best Metal Performance di 42nd-annual Grammy Awards. Setahun setelah perekaman video konser, Live Aus Berlin kemudian dirilis dalam bentuk CD pada 30 Agustus 1999, edisi terbatas dengan dua CD juga tersedia. Dua minggu setelah diluncurkan, Live Aus Berlin menjadi album nomor satu di tangga lagu musik Jerman. Pada tanggal 13 September dan 26 November 1999, video dan DVD versi konser dirilis secara terpisah.

References[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "What is Dance Metal?". UNK!. Diakses 2006-12-03. 
  2. ^ "Metal Hammer article". Metal Hammer. Diakses 2006-12-03. 
  3. ^ "Rammstein Fan Sites". Artistopia. Diakses 2006-12-03. 
  4. ^ "Pringaos timeline". Rammstein. 2005-12-16. 
  5. ^ "Rammstein :: Band :: Timeline". Rammstein.com. Diakses 2008-06-21. 
  6. ^ "Rammstein :: Band :: Timeline". Rammstein.com. Diakses 2008-06-21.