Reteh, Indragiri Hilir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Reteh
Negara Indonesia
ProvinsiRiau
KabupatenIndragiri Hilir
Pemerintahan
 • Camat-
Populasi
 • Total- jiwa
Kode pos
29273
Kode Kemendagri14.04.01
Kode BPS1403020
Luas- km²
Desa/kelurahan16
Benteng di Reteh (lukisan oleh G. Goossens, 1856)

Reteh adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, Indonesia.

Profil Kecamatan Reteh.

Reteh adalah salah satu Kecamatan di daerah kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Riau dengan Ibu kota Kecamatan yakni Pulau Kijang. Berada di aliran sungai Gansal, memiliki potensi pertanian dan perkebunan. Reteh berbatasan dengan daerah Kecamatan Tanah Merah di sebelah Utara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi di sebelah Selatan, dan Kecamatan Keritang di sebelah Barat. Merupakan daerah tempat tinggal masyarakat beraneka ragam suku, di mana suku pertama yang mendiami Reteh yakni suku Melayu, kemudian di tempati oleh suku - suku lain seperti suku Bugis, Jawa, Banjar, Minang dan Batak. Penduduk bermata pencarian Petani, Nelayan, Pedagang, dan Pegawai Pemerintah.

Kelurahan Pulau Kijang menjadi Ibu kota Kecamatan Reteh, di mana berada di tepi aliran sungai gansal. Jumlah penduduk 17.000 sampai 18.000, jarak dari ibu kota kabupaten (Tembilahan) yakni 90 KM, sedangkan jarak dari ibu kota Provinsi (Pekanbaru) yakni 360 KM. Diapit oleh beberapa desa, yakni desa seberang Pulau Kijang di sebelah utara, desa Sungai Undan di sebelah timur, Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi disebelah selatan, dan desa Pulau Kecil di sebelah barat.

Oleh karena masyarakat Reteh Sebagian tinggal di daerah perkebunan maka Masyarakat Reteh tersebar diwilayah desa - desa, desa dan kelurahan dilingkungan Reteh seperti Desa Seberang Pulau Kijang, Kelurahan Pulau Kijang, Kelurahan Madani, Kelurahan Metro, Desa Pulau Kecil, Desa Mekar Sari, Desa Sanglar, Desa Seberang Sanglar, Desa Sungai Undan, Desa Sungai Asam, Desa Pulau Ruku, Desa Sungai Terab, Desa Sungai Mahang, Desa Tanjung Labuh dan beberapa desa / parit dilingkungan Reteh. Reteh di kelilingi kota - kota kecil seperti Kotabaru, Kuala Enok, Keritang dan Kuala Tungkal.

Kehidupan masyarakat Reteh di beberapa tempat sudah mengalami kemajuan, seperti Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang mulai merambah ke desa-desa pedalaman.Teknologi telekomunikasi cukup lancar, ekonomi di hidupkan dengan berdagang, bertani padi, berkebun kelapa dan sawit. Namun tidak sedikit penduduk menjadi tenaga pendidik.

Berkunjung ke Reteh dapat ditempuh melalui jalan darat dan sungai, Tembilahan ke Pulau Kijang dapat ditempuh melalui jalan darat dan laut begitu juga Kota Kotabaru, sedangkan Kuala Tungkal ke Pulau Kijang hanya dapat dilalui kendaraan sungai seperti boat. Keadaan jalan darat sangat memprihatinkan sehingga perlu kendaraan yang handal dan kuat untuk melaluinya.