Rekaman delapan trek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Stereo 8
Bagian dalam katrid
Jenis mediaPita magnet dengan putaran tak berujung
PenyandianSinyal analog stereo
KapasitasEmpat saluran stereo
Mekanisme bacaKepala pita
Mekanisme tulisKepala perekam magnetis
PengembangLear Industries
PenggunaanPenyimpanan audio
Dikembangkan dariFidelipac / Katrid Mohawk[1]

Rekaman delapan trek adalah teknologi perekaman suara pita magnetik yang populer di Amerika Serikat [2] dari pertengahan 1960-an sampai awal 1980-an, ketika kaset Compact Cassete, yang mendahului delapan trek, melampaui popularitasnya untuk musik pra-rekaman.[3][4] Formatnya sudah usang dan relatif tidak dikenal di luar dari Amerika Serikat, Britania Raya, Kanada, Selandia Baru, Australia, Jerman, Italia, dan Jepang.[3][4][5] Keuntungan utama dari katrid rekaman delapan trek adalah tidak perlu "dibalik" untuk memainkan set trek alternatif.

Katrid Stereo 8 dibuat pada 1964 oleh sebuah konsorsium dipimpin oleh Bill Lear, dari Korporasi Lear Jet,[6] bersam adengan Ampex, Ford Motor Company, General Motors, Motorola, dan RCA Victor Records (RCA - Radio Corporation of America). Ini adalah pengembangan lebih lanjut dari katrid empat trek Stereo-Pak yang mirip, dan telah diperkenalkan oleh Earl "Madman" Muntz (pemasaran dan penjual set-televisi), dimana telah diadaptasikan oleh Muntz dari katrid Fidelipac, yang telah dikembangkan oleh George Eash. Versi format quadrafonik (suara empat saluran, berlawanan dengan sebelumnya, stereo yang lebih luas digunakan/suara dua saluran) nantinya diumumkan oleh RCA pada April 1970, pertama dinamai Quad-8 dan Q8 setelahnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ TelePro Cartridge Patent Fails, Billboard vol. 79, No. 27, 8 July 1967 p. 3
  2. ^ "What Are 8-Track Tapes?". wisegeek.com. Diakses tanggal 14 February 2015. While immensely popular in the United States for a period of time ... 
  3. ^ a b "Collector's Corner: The History of the Eight-Track Tape". Diakses tanggal 2014-01-22. Just as the signs were all pointing to eight-track toppling vinyl as the format of choice for music lovers in the United States, Canada and to a lesser extent, in Great Britain, along came the audio cassette 
  4. ^ a b "What Are 8-Track Tapes?". Diakses tanggal 2014-01-22. Outside of the United Kingdom, Canada, and a few other nations, the use of 8-track technology was virtually unknown. 
  5. ^ "8-Tracking Around the World". www.8trackheaven.com. 
  6. ^ Wilford, John Noble (1971-04-04). "Bill Lear Thinks He'll Have the Last Laugh". The New York Times (dalam bahasa Inggris). ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 2017-09-29.