RX-78-2 Gundam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

RX-78 Gundam adalah sebuah serial dari senjata bergerak fiksional percobaan dalam Universal Century Gundam yang dikembangkan oleh Federasi Bumi. Baju bergerak dari serial ini, RX-78-2 Gundam, adalah anggota serial ini. RX-78-2 Gundam menjadi simbol bagi serial Gundam atas banyaknya spinoff dan sekuel dari cerita ini.

Konsep dan Pengembangan[sunting | sunting sumber]

konsep awal dari RX-78 adalah senjata baja yang diperkuat, rancangan awal dari Yoshiyuki Tomino serial Freedom Fighter Gunboy. Serial tersebut lalu berganti menjadi Mobile Suit Gundam dan Kunio Okawara diberikan konsep Tomino untuk membentuk rancangan final untuk animenya. Okawara membuat beberapa rancangan sebelum konfigurasi sekarang, rancangan gaya-samurai untuk anime pada tahun 1979.

Salah satu pertanyaan umum yaitu kenapa musuh-musuh dari serial ini tetap menyebut RX-78-2 sebagai White sementara unit tersebut berwarna campuran dari merah, putih dan biru. Tomino merespon dalam novelnya kalau Gundam versi aslinya berwarna gradasi abu-abu dan putih, dibuat dengan pewarnaan yang banyaknya abu-abu. tetapi, Sunrise tidak suka dengan warnanya dan bersikeras kalau unit itu dicat dengan warna yang terang dan menarik perhatian, seperti anime Super Robot waktu itu.

Walaupun rancangan "asli" Gundam, rancangan RX-78-2 diluaskan menjadi kedua di antara 8 Gundam, setelah model RX-78-1 dan kemudian model RX-78-3-8. Dirancang oleh Okawara antara 1980 dan 1983 untuk Mobile Suit Variations. Perancang mekanikal lain ditambahkan dan menambah variasi rancangan, termasuk Yutaka Izubuchi dengan RX-78-NT-1, dirancang tahun 1989 untuk Mobile Suit Gundam 0080, dan Shoji Kawamori dan Katoki Hajime dengan rancangan Gundam Development Project tahun 1992 untuk Gundam 0083. RX-78-2 juga telah dirancang ulang beberapa kali oleh beberapa artis. Contohnya, versi Katoki Hajime Gundam (direferensikan oleh fans dan Bandai sebagai Ver.ka) menjadi cukup populer untuk dibuat sebagai model plastik kit dijual oleh Bandai dan dasar bahan-resin kit garasi dijual oleh B-Club. Okawara sendiri merancang ulang Gundam untuk rancangan karakter asli Yasuhiko Yoshikazu dalam manga Mobile Suit Gundam: The Origin, penceritaan kembali kejadian di awal serial ini. Walaupun nyaris identik dengan yang ada di anime, Gundam di manga ini memiliki beberapa perbedaan kecil dalam persenjataannya, pod vulcan di bahunya, dan kemampuan mengganti pedang beam di bahunya menjadi meriam yang sama seperti Guncannon. Sebagai tmbahan, pengintalasi kelimabelas dari serial Gundam Evolve menampilkan rancangan lain dari RX-78-2, Versi penghiasan tinggi dari mesin yang menjadi ikon berdasarkan rancangan estetika "modern".

Popularitas yang terus menerus dari model ini mendorong Bandai untuk membuat model skala 1,5m, yang akan dijual di Jepang tahun 2007.

Gundam Expo di Hong Kong menggunakan adegan menembak terakhir RX-78-2 di logonya.

Peran dalam Plot[sunting | sunting sumber]

Peluncuran baju bergerak Principality of Zeon, MS-05B Zaku I dan MS-06 Zaku II, di Perang Satu Tahun memberikan negara kecil tersebut batas taktis yang besar di atas Federasi Bumi yang jauh lebih besar. Berkapasitas bahan bakar dengan manuver lebih sedikit berkat sistem AMBAC, dan mampu untuk dipakai ulang ke baju bergerak dalam misi dan lingkungan yang bervariasi, dengan mudah teknologi ini mengungguli angkatan tempur dari pesawat tempur dan kendaraan darat. Menyadari kalau jarak tersebut harus diperkecil, Federasi membuat Project V (kependekan dari Project Victory), sebuah program pengembangan yang akan memproduksi rancangan baju bergerak bagi Federasi, dengan kemampuan untuk memenuhi syarat produksi masal. Walaupun hasil akhir proyek ini adalah RGM-79 GM, para insinyur dalam proyek ini menguji cobakan beberapa konsep rancangan untuk unit produksi masal di serial RX-78. Beberapa pengembangan dalam model RX-78 nantinya dimasukan dalam serial GM, tetapi banyak juga yang ditolak karena masalah biaya dan/atau kompleksitas.

Hanya 8 baju bergerak RX-78 yang dibuat selama Perang Satu Tahun, walaupun model ulang dan peningkatan yang berkala memberi kesan lebih dari 8 unit. Walaupun baju bergerak RX-78 dinamai RX-78-1~8, angka terakhir menandai versi rancangan unit tersebut, bukan angka sebenarnya dari unit tersebut.

Sebagai tambahan, EFAF (Earth Federation Air Force/Angkatan Udara Federasi Bumi) membuat RX-78E nereka sendiri (GT FOUR/Gundam Transformer/Reaktor Penerbangan dan Operasi Unifikasi), yang berbeda dari 8 RX-78 yang diproduksi. Unit tambahan lain adalah RX-78XX, yang menggunakan parts buangan dari RX-78, dan tidak dimasukkan dalam RX-78 yang asli. NT-1 sebenarnya merupakan unit 4 RX-78 yang dimodel ulang (model orisinil tidak diketahui). Setelah Perang Satu Tahun, Serial GP dinomori setelah konvensi RX-78, mengesampingkan bahwa ini merupakan unit yang baru diproduksi.

Variasi antara Gundam asalnya didindikasikan dengan perbedaan dalam pewarnaan, menandakan peningkatan untuk semua perlengkapan dan teknologi internal, walaupun varian akhir menunjukkan peningkatan eksternal yang dapat dilihat. Contohnya, NT-1 unit 4 konfigurasinya memiliki pendorong ekstra, tambahan zirah pelindung, dan kokpit panoramik 360 derajat, sementara unit 4 dan unit 5, kebanyakan ada di dalam permainan dan model kit, memberikan tambahan poin kendara dan persenjataan.

Serial RX-78 mengenalkan Partikel Minovsky dalam hal persenjataan pada baju bergerak, mengembangkan dan memakai senapan beam dan pedang beam pertama dengan sukses. Sistem blok inti juga dikenalkan pada RX-78, sama dengan RX-75 Guntank dan RX-77 Guncannon. Sistem ini memungkinkan pilot untuk melarikan diri dari kehancuran baju bergerak yang dipiloti menggunakan pesawat tempur angkasa lua, sama juga dengan memakai learning computer yang bisa mengumpulkan data performa dari perjalanan pertempuran baju bergerak tersebut. Fitur ini bagaimanapun harus dihilangkan pada unit tertentu untuk mengurangi biaya. Tetapi, sistem-sistem ini digunakan beberapa kali(paling jelas dalam Anaheim Electronics dengan MSZ-010 Double Zeta Gundam selama Perang Neo-Zeon pertama), dan nantinya digunakan kembali oleh League Militaire pada tahun 0150 UC pada LM 312 V04 Victory Gundam.

Setelah penyelsaian pada Perang Satu Tahun, Federasi membuka program pengembangan sebuah baju bergerak operasi gelap, Gundam Development Project, dengan tujuan mengembangkan baju bergerak untuk memenuhi peran yang ada dalam analisis pertempuran selama Perang Satu Tahun. Alasan besar proyek ini dimasukan dalam kategori black ops karena GP02-A Gundam Physalis, dimana persenjataan yang dimiliki termasuk sebuah basoka atomik, Perjanjian Antartika. Setelah kejadian Gundam 0083, rekaman dan dokumen Gundam Development Project dipisahkan dari rekaman resmi.

Produksi RX-78 akhirnya digantikan pada tahun UC 0087 dengan RX-178 Gundam Mk-II, dikembangkan oleh Titan.

Variasi[sunting | sunting sumber]

RX-78-1 Prototype Gundam 
Pertamakali muncul sebagai bagian dari Mobile Suit Variations pada serial model kit dan rancangannya oleh Kunio Okawara. Digunakan untuk menguji coba persenjataand asar dan fungsi untuk rancangan akhir Gundam, secara penampilan sudah hampir identik dengan Gundam yang muncul di serial, selain pewarnaan yang sedikit berbeda dan senapan beam yang disederhanakan, dan korugasi di engkelnya. Sebelum kejadian di animasinya berlangsung semua unit dari tipe ini di-upgrade menjadi RX-78-2 yang terkenal. Versi dari prototype Gundam dari manga Gundam: The Origin, kode produksi RX-78-01, sangat berbeda dari versi Kunio Okawara yang digambar tahun 1983. Walaupun masih dikenali sebagai gundam, warnanya kebanyakankrim dengan aksen abu-abu gelap. Sepasang mata yang ada di RX-78-2 diganti dengan visor yang seperti teropong, dan terlihat membawa meriam besar di punggungnya pada volume 1, hanya muncul di cerita ini. Di dalam manga, ada satu kemunculan unit ini bertarung dengan Zaku II di angkasa, lalu kedua-duanya hancur.
RX-78-3 G-3 Gundam 
Pertamakali muncul sebagai bagian dari serial model kit "Mobile Suit Variations" dan dirancang oleh Kunio Okawara. Varian ini memenuhi peran RX-78-2 di versi novel dari Mobile Suit Gundam dimana dalam bagian cerita RX-78-2 hilang dalam suatu pertempuran. Pada istilah yang ada di dalam kanonikal resmi, ini merupakan baju bergerak uji coba, dibuat menggunakan bagian yang tersisa dari RX-78-2 dan menggunakan teknologi pelindung magnet ujicoba Mosk Han. G-3 secara penampilan sangat identik dengan RX-78-2 Gundam, memakai skema warna baru (abu-abu dan biru di gambar, abu-abu dan ungu dalam kebanyakan barang jualannya). Karena kemiripannya dengan RX-78-2, G-3 merupakan varian yang lumayan umum di dalam bentuk model kit dan figur aksi, keduanya dengan terbitan komersial penuh atau hanya edisi terbatas.
RX-78-4 Gundam G04 
Pertamakali muncul sebagai bagian dari serial rancangan asli Kunio Okawara's MS Collection, dirilis di dalam bentuk buku segera setelah Char's Counterattack. Rancangan ini sudah diperbaharui oleh Katoki Hajime untuk penggunaan dalam game Playstation 2 Mobile Suit Gundam: Encounter in Space. Senjata utamanya adalah pelontar beam mega, memberikan kekuatan tembak yang setara kapal induk.
RX-78-5 Gundam G05 
Pertamakali muncul sebagai bagian dari serial rancangan asli Kunio Okawara's MS Collection. Rancangan ini sudah diperbaharui oleh Katoki Hajime untuk penggunaan dalam game Playstation 2 Mobile Suit Gundam: Encounter in Space. G05 berperan sebagai pendukung unit G04 dan menggunakan senapan gatling daripada pelontar beam.
RX-78-6 Murdock Gundam 
Pertamakali muncul sebagai bagian dari serial rancangan asli Kunio Okawara's MS Collection sebagai 6th Gundam (Gundam ke enam). Rancangan ini diperbaharui oleh Katoki Hajime untuk karakter boss di permainan Playstation 2 Mobile Suit Gundam: Zoenic Front. Sebuah hibrida dari Gundam dan Guncannon, rancangan yang paling menonjol dan dikenal dari Gundam ini adalah sepasang meriam 300 mm di pundaknya.
RX-78-7 7th Gundam 
Pertamakali muncul sebagai bagian dari serial rancangan asli Kunio Okawara's MS Collection, yang dipublikasikan setelah film Char's Counterattack. Dikatakan sebagai unit yang tidak lengkap dan hanya memiliki rangka dasar yang dibuat selama Perang Satu Tahun. Unit ini adalah usaha untuk memiliki titik keras ganda untuk menambahkan zirah pelindung dan perlengkapan spesifik seperti Full Armor (FA-78-3) dan paket kedua untuk perlengkapan yang bisa dipasang di atas paket pertama dan membuatnya memiliki mobilitas yang ekstrem dan daya tembak yang setara dengan kapal perang (battleship) (FH-A-783). Unit ini bertugas sebagai penghubung teknologi retcon antara RX-78 dan rencana 303E varian Deep Striker MSA-0011 S Gundam, dengan RX-78 GP03 sebagai penghubung lainnya.
RX-78NT-1 Gundam NT-1 "Alex" 
Baju bergerak utama yang hadir di OVA Mobile Suit Gundam: War in the Pocket, dirancang oleh Yutaka Izubuchi. Varian langsung pertama yang ditayangkan setelah RX-78, membantu varian lain dalam kemunculan varian lainnya, seperti dari Gundam 0083, sebagai element penting dalam plot. Dalam War in the Pocket, Alex diproduksi untuk menggantikan RX-78-2, dioptimalkan untuk meningkatkan reaksi dari Newtype, walaupun pilot uji unit ini bukanlah seorang Newtype. Dengan kokpit panoramiknya, Alex mengambil peran sebagai penghubung teknologi antara serial asli dan serial Zeta Gundam. Alex bisa dipasang dengan rangka Chobham armor yang memberikan perlindungan ekstra. Data tersebut akan digunakan untuk GM Custom. Cobham armor dirancang untuk memperkuat badan dari GM Cannon II. Kedua-duanya muncul di Gundam 0083, menjembatani antara serial asli dan Zeta.
RX-78XX GUndam Pixie 
Baju bergerak kedua dari permainan video Mobile Suit Gundam: Cross Dimension 0079, dirancang oleh Kunio Okawara. Varian petarung kelas menengah dan telah diperbaharui oleh Takayuki Yanase (AKA Windfall) sebagai salah satu mobile suit yang di sebut-sebut sebagai generasi RX-78 Gundam yang paling ringan dan cepat, dipersenjatai dnegan pisau beam dan semi senapan mesin.

Kultur Pop[sunting | sunting sumber]

Penampakan unit ini tidak terbatas pada serial Gundam saja. RX-78-2 Gundam adalah salah satu unit dasar yang muncul di Super Robot Wars, bahkan sejak gamenya sudah muncul di Gameboy.[1]. RX-78-2 juga menerima banyak kemunculan kameo di anime Sersan Keroro[2] . Klasifikasi model keluaran Bandai yang sekarang juga menggunakan kepala Gundam sebagai ikon.

Anime serial yang ada sekarang ini tetap mereferensikan RX-78-2 dalam pertempuran, dengan memiliki sebuah baju bergerak berwarna putih muncul di tengah-tengah arena pertempuran dan sering disalahartikan sebagai baju bergerak bertipe Gundam bersamaan dengan teriakan terkenal dari "Itu adalah Gundam!". Ini juga muncul dalam anime selain sersan Keroro, contohnya dalam episode 9 dari anime The Melancholy of Suzumiya Haruhi, kata-kata itu di atas kepala Tsuruya ketika sedang mencari Mikuru.

Kampanye Pepsi[sunting | sunting sumber]

RX-78 merupakan kultur pop di Jepang, sampai pada titik dimana Pepsi meluncurkan beberapa seri botol Pepsi dengan tutup botol edisi khusus berisi patung miniatur berbagai baju bergerak dari benyak anime Gundam yang telah ditayangkan sepanjang tahun.[3][4]. RX-78 merupakan salah satu dari tiga rancangan ini (dua lainnya adalah Zaku dan Char Zaku merah) untuk memiliki beberapa miniatur yang diluncurkan selama masa promosi, termasuk patung badan penuh dan patungnya.

Perangko Jepang[sunting | sunting sumber]

RX-78 Gundam diakui sebagai subyek budaya signifikan oleh negara Jepang pada tanggal 23 Oktober, 2000, dengan memasukan baju bergerak pada pilot utama pada dua perangko di serial perangko abad 20[5].

Sebagai tambahan, baju bergerak ini dan mecha terkenal lainnya dari berbagai serial Gundam dimunculkan dalam set kedua dari perangko "Pahlawan Pria dan Wanita Anime", diterbitkan tahun 2005. Hanya empat franchise yang diberi kehormatan tersebut, yang lainnya adalah Pokemon, Galaxy Express 999, dan Detektif Conan.[6].

Seminar Mitsubishi[sunting | sunting sumber]

Sebagai bagian dari MHI Jobcon 2005 (Mitshubishi Heavy Industries Job Convention 2005), sebuah even perekrutan dari Mitshubishi Heavy Industries Ltd, seminar digelar di enam kota Jepang. Topik dair seminar ini adalah "Mobile Suit Gundam Development Story"; dimana mengindikasikan kebutuhan dan proses yang dibutuhkan Mitsubishi untuk diimplementasikan jika perusahaan tersebut harus membuat sebuah baju bergerak.[7]

Gunda Evolve[sunting | sunting sumber]

RX-78-2 Gundam telah dimunculkan dalam dua dari serial film pendek Gundam Evolve. Evolve pertama "RX-78-2 Gundam" dimunculkan dalam kapasitas yang terbatas, dan memfokuskan pada pilotnya Amuro Ray, ang mengingat kembali pertempuran-pertempuran yang telah dia lalui selama menunggu giliran untuk meluncur. Film kedua merupakan serial ke 15 dari Evolve, pembuatan ulang dari episode "Newtype Challia Bull" dari Serial asli. Bukannya menggunakan gambar dari serial aslinya, Gundam ini dirancang ulang untuk memenuhi estetika yang lebih modern. Senjata bergerak lainnya - GM, Guncannon, dan Braw Bro milik Callia Bull - juga dirancang ulang lumayan signifikan.

Catatan dan Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Magenta Galaxy (14 October 2003). "Super Robot Taisen A". GameFAQs. Diakses 2007-01-09. 
  2. ^ "Keroro Gunso (TV)". ANN Encyclopedia. Anime News Network. Diakses 2007-01-09. 
  3. ^ "Gundams and Pepsi". Anime News Network. 5 August 2004. Diakses 2007-01-09. 
  4. ^ "Pepsi-Gundam Promotion Illegal". Anime News Network. 1 November 2005. Diakses 2007-01-09. 
  5. ^ "The 20th Century Stamp Series 15". Diakses 2007-01-10. 
  6. ^ "Anime Hero and Heroine Series II - Gundam". Diakses 2007-01-13. 
  7. ^ "MHI Jobcon 2005" (dalam bahasa Japanese). 4 February 2005. Diakses 2007-01-11. 
Senjata bergerak Universal Century Akhir (U.C.0111 - )
Earth Federation:
Mobile Suits (Baju Bergerak)/Man Machines: AMS-119 (MS-16) Geara Doga - F70 Cannon Gundam - F71 G-Cannon - F90 Gundam Formula 90 - F91 Gundam Formula 91 - RGM-89 Jegan - RXR-44 (F50D, RX-107) Guntank R-44
Mobile Armours (Senjata baja begerak): ORX-005 (CRX-005) Gaplant
Earth Federation (Tim Ujicoba Anaheim Electronics) :
Mobile Suits(Baju Bergerak): RX-F91 Silhouette Gundam
Earth Federation (League Militaire) :
Mobile Suits (Baju Bergerak): LM314V21 Victory 2 Gundam
Settlement Nations/CONSENT:
Mobile Suits (Baju Bergerak): CCMS-03 Bugu - CCMS-03 Bugu II - CCMS-04 Spearhead
Oldsmobile Army/Mars Zeon:
Mobile Suits (Baju Bergerak): OMS-06RF RF Zaku - OMS-07RF RF Gouf - OMS-09RF RF Dom - OMS-14RF RF Gelgoog - OMS-15RF RF Gyan - OMS-90R Gundam Formula 90
Mobile Armours (Senjata baja begerak): OMAX-01 Grand Zam - OMAX-03RF RF Adzam
Neo Zeon:
Mobile Suits (Baju Bergerak): AMS-119 (MS-16) Geara Doga
Crossbone Vanguard/Cosmo Babylon:
Mobile Suits (Baju Bergerak): XM-10 Flint - XM-X Crossbone Gundam
Mobile Armours (Senjata baja begerak): XMA-01 Rafflesia - XMA-02 Ebirhu Doga
Jupiter Empire:
XM-X2ex Crossbone Gundam X2 Kai