RB-79 Ball

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

RB-79 Ball adalah senjata fiksi dari serial Gundam.

Kehidupan Nyata[sunting | sunting sumber]

RB-79 dalam kehidupan nyata dirancang oleh Kunio Okawara, desainer utama dari serial Mobile Suit Gundam. Ball muncul dalam beberapa serial seperti Mobile Suit Gundam, Mobile Suit Gundam Sentinel, Mobile Suit Gundam:08th MS Team, Mobile Suit Gundam:0083 Stardust Memory, dan Mobile Suit Crossbone Gundam. Ball juga muncul dalam banyak videogame bertema Gundam, bahkan di dalam game populer Super Robot Wars, Gihren Ambition, serial SD Gundam Generation, Versus dan banyak lagi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Konsep pengembangan dari mobile pod sebenarnya telah lahir pada tahun UC 0076 dalam proyek RX-76 yang dikembangkan oleh Federasi. Akan tetapi, proyek tersebut kemudian ditunda sampai dengan awal tahun UC 0079 ketika pecah Perang Satu Tahun, saat Federasi dalam posisi mulai terdesak dengan mobile suit yang dimiliki oleh Zeon, seperti MS-05 Zaku I dan MS-06 Zaku II. Proyek RX-76 kemudian diberi beberapa perbaikan dalam rancangannya sehingga kemudian lahirlah Mobile Pod RB-79 Ball. Federasi merekonstruksi sekitar 1200 mobile pod sipil untuk konstruksi yang dikenal sebagai SP-W03 mobile pods dan memasang lapisan pelindung baja yang lebih berat serta recoilless cannon 180mm yang dipasang di atasnya. RB-79 Ball juga memiliki beberapa pasang vernier yang dipasang di seluruh tubuh.

Awal mulanya RB-79 Ball dianggap sebagai mobile pod yang tidak cocok ditempatkan dalam perang. Hal ini dikarenakan amunisi yang terbatas, baja pelindung yang terbilang tipis, tidak memiliki sistem AMBAC dan tidak adanya senjata untuk pertempuran jarak dekat kecuali cakarnya. RB-79 bahkan dijuluki sebagai peti mati oleh sebagian besar pilot Federasi. Meskipun begitu, ukurannya yang lebih kecil dari mobile suit pada umumnya membuatnya sulit dijadikan sasaran tembak oleh mobile suit musuh. Ukurannya yang kecil juga membuat beratnya menjadi lebih ringan sehingga menghasilkan output akselerasi yang tinggi.

Jika dibandingkan dengan mobile suit kebanyakan seperti MS-06 Zaku II dan MS-09 Dom, RB-79 Ball memiliki akselerasi yang lebih tinggi dan jangkauan sensor yang lebih luas. Hal tersebut membuat RB-79 Ball efektif digunakan di dalam taktik hit and run menghadapi musuh. Baik secara sendirian ataupun sebagai unit pendukung dari mobile suit utama Federasi, GM. Akan tetapi, kelebihan utama RB -79 Ball adalah harganya yang murah. Biaya produksi Ball yang hanya 1/4 dari biaya produksi GM membuat RB-79 Ball diproduksi dalam jumlah yang sangat banyak sehingga menjadi salah satu unit utama dari Federasi.

RB-79 Ball biasanya ditempatkan bersandingan dengan mobile suit RGM-79 GM ataupun berdiri sendiri sebagai unit pertahanan kapal perang Federasi. Umumnya dalam satu tim unit tempur terdiri dari 3 unit RGM-79 GM dan 2 unit RB-79 Ball untuk menghadapi 3 unit mobile suit taktis Zeon. Meskipun begitu, terdapat beberapa formasi lain yang terlihat sepanjang event Perang Satu Tahun.

Spesifikasi[sunting | sunting sumber]

RB-79 Ball

Manufaktur: Federasi Bumi

Tipe Unit: Mobile pod pendukung jarak menengah

Tinggi kepala: 12.8 meter

Berat kosong: 17.2 ton

Berat maksimal: 25 ton

Konstruksi: Titanium Composite Tri-Frame Semi-Monocoque

Keluaran Generator: 400 kW(Fuel Cell)

Daya dorong: 24000 kg

Menikung 180 derajat: 2.2 detik

Masa rasio pendorong: 0.96G

Persenjataan dasar: Meriam tanpa recoil 120/180 mm dengan 21 peluru disimpan di magasin baris ganda

B Gundam[sunting | sunting sumber]

Di tangan pilot yang baik, unit Ball bisa memperlihatkan kekuatan yang besar seperti senjata lainnya. Di manga Crossbone Gundam ada seorang pilot Ball yang sudah tua mengamuk dan menghancurkan 6 unit MS-09R Rick Dom dalam satu pertempuran. Sekuelnya, Skull Heart, bagaimanapun, tiga dari enam skor tersebut dikarenakan pilot Rick Dom salah mengenali Ball adalah RX-78 Gundam berukuran raksasa, karena adanya pelindung wajah bergaya Gundam di Ball, dan salah satu skornya dibuat karena melontarkan bagian itu ke kokpit Rick Dom oleh pilotnya, Umon Samon.

GM Juggler[sunting | sunting sumber]

Karena Ball berukuran kecil dan murah, Ball digunakan juga dalam situasi yang lumayan aneh. Federasi merancang purwarupa RGM-79GM, "GM Juggler", yang terdiri dari badan GM dan dua senjata beam dipakai oleh RB-79 sebagai senjata unit Psycommu di bahunya. Dibuat sebagai senjata percobaan Federasi untuk mengukur kemampuan Newtype dalam menggunakan senjata jarak jauh.

RB-79N Fisheye[sunting | sunting sumber]

Unit Ball juga digunakan di luar lingkungan luar angkasa. RB-79N Fisheye dirancang untuk penggunaan bawah air. Keluaran generator dinaikan menjadi 450 kW(yang bisa dibandingkan dnegan konfigurasi Ball lain dnegan 400 kW) dan peluncur tombak panjang laras banyak ditaruh di tempat meriam 180mm. Lengannya juga diperbesar untuk pertempuran jarak dekat. M\Unit ini memakai baling-baling daripada dua pendorong di bagian belakang.

RB-133 Type 133[sunting | sunting sumber]

Di akhir cerita Crossbone Gundam UC 133, Federasi masih memakai Ball yang dicampur dengan baju bergerak dalam formasi tempurnya. Unit ini memakai laras rangkap tiga dan terlihat di latar. Unit ini dijuluki Type 133

Kemunculan lain[sunting | sunting sumber]

Ada sebuah lelucon yang menyatakan bahwa jika Ball dicat merah dan diberi tanduk, Ball itu akan menjadi salah satu modifikasi Char Anzable dan menjadi tiga kali lebih kuat dari biasanya. Jargon ini setidaknya muncul di dua Doujin manga, satu doujin Super Robot Wars sebenarnya pernah diterbitkan oleh anak perusahaan Bandai menunjukkan sebuah unit Ball dicat merah dengan tanduk dan amunisi. Char Anzable terlihat menyukai unit ini tetapi ditembak jatuh kurang dari 3 panel. Model manga (komik menggunakan gambar model kit bukannya gambar manual) lainnya diterbitkan di majalah modelling Dengeki Hobby, diberi judul "Kenapa Kysilia dibunuh oleh Char" memperlihatkan tempat di mana jalan cerita seharusnya menunjukkan MSN-02 Zeong, Kysilia malah memberi sebuah Ball merah dengan dua tanduk seperti Zeong, diberi label "Tanduk" disebelahnya, sebuah thruster bawah yang diperbesar, diberi label "3 kali", meriamnya diganti oleh tangan Zeong dan dilabeli "Psycommu" disebelahnya, mereferensikan ciri-ciri unit modifikasi milik Char. Kemunculan lainnya ialah di serial SD Muha Gundam (serial SD Gundam di periode Sangoku di mana penduduknya semuanya adalah meka dari dunia Gundam), Ball dijuluki 暴流 (Bakuru) dan menjadi prajurit massal utama bersama Pejuang Gundam dan Jenderalnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Sentinel 0079
  • Mobile Suit Crossbone Gundam
    • Mobile Suit Crossbone Gundam: Skullheart
  • Mobile Suit Gundam: Magical Ensign Baster Mary
  • SD Musha Gundam series
  • MS Igloo
  • MS Igloo Apocalypse 0079