Putri Mabel dari Oranye-Nassau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Putri Mabel
Foto oleh Allan Warren
Foto oleh Allan Warren
Pasangan Pangeran Friso dari Oranye-Nassau (2004-2013; hingga kematiannya)
Anak
Countess Luana dari Oranye-Nassau, Jonkvrouwe van Amsberg
Countess Zaria dari Oranye-Nassau, Jonkvrouwe van Amsberg
Nama lengkap
Mabel Martine
Wangsa Wangsa Oranye-Nassau
Ayah Hendrik Cornelis Los
Ibu Florence Malde Gijsberdina Kooman
Lahir 11 Agustus 1968 (umur 45)

Putri Mabel dari Oranye-Nassau, Mabel Martine Wisse Smit, terlahir dengan nama Mabel Martine Los, lahir di Pijnacker, Belanda, 11 Agustus 1968; umur 45 tahun) adalah janda dari Pangeran Friso dari Oranye-Nassau, adik dari Raja Willem-Alexander dari Belanda.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Ia lahir di Pijnacker, Belanda. Orang tuanya adalah Hendrik Cornelis "Henk" Los dan istrinya Florence Malde Gijsberdina "Flos" Kooman. Setelah ayahnya meninggal saat usianya baru 9 tahun, ibunya menikah lagi dengan Peter Wisse Smit pada tahun 1984, Mabel dan saudaranya mengambil nama belakang ayah tiri mereka. Putri Mabel memiliki dua adik perempuan, Nicoline Los atau Nicoline Wisse Smit dan Eveline Wisse Smit.[1]

Ia mempelajari ekonomi dan ilmu politik di Universitas Amsterdam, dan lulus dengan status summa cum laude pada tahun 1993. Selama masa studinya ia juga menjalani magang di Perserikatan Bangsa-Bangsa, Shell, ABN AMRO dan di Kementerian Luar Negeri Belanda. Selain fasih berbahasa Belanda, ia juga fasih berbahasa Inggris, Spanyol dan Prancis.

Selama masa kuliahnya, ia menyatakan minat besarnya terhadap hak asasi manusia di dunia. Ia lalu mempelajari diplomasi negara-negara Balkan dan hubungan internasional. Pada tahun 1995 ia menghadiri konferensi damai di Ohio, Amerika Serikat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mabel Martine Wisse Smit". GeneAll.net. Diakses 2012-02-27.