Putri Deokhye

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Puteri Deokhye
Princess dukhye around 1923.JPG
Pasangan Pangeran Sō Takeyuki
Anak
Comtesse Sō Masae
Ayah Gojong dari Korea
Ibu Nyonya Bongnyeong
Lahir 25 Mei 1912
Istana Changdeok, Seoul
Meninggal 21 April 1989 (umur 76)
Balai Sugang, Istana Changdeok, Republik Korea
Dikubur Hongryureung, Namyangju, Republik Korea
Putri Deokhye
Hangeul 덕혜옹주
Hanja 德惠翁主
Alih Aksara yang Disempurnakan Deokhye Ongju
McCune–Reischauer Tŏkhye Ongju

Puteri Deokhye dari Korea (25 Mei 1912 – 21 April 1989) merupakan seorang Puteri Kerajaan terakhir di Korea.

Ia dilahirkan pada tanggal 25 Mei 1912 di Istana Changdeok di Seoul. Ia adalah putri bungsu Kaisar Gwangmu dan selirnya, Nyonya Bongnyeong. Pada tahun In 1917, namanya secara resmi dimasukkan kedalam daftar keluarga kerajaan. Ayahnya, Kaisar Gwangmu, sangat menyayanginya, dan membangun TK Istana Deoksu untuknya di Jeukjodang, Balai Hamnyeong. Gadis-gadis seusianya dari keluarga kerajaan mengunjungi TK tersebut. Pada tahun 1919, ia dengan rahasia bertunangan dengan Kim Jang-han, keponakan Kim Hwangjin (seorang pelayan istana).

Pada tahun 1925, ia dibawa ke Jepang dengan alasan untuk melanjutkan studinya. Seperti saudara-saudaranya, ia belajar di Gakushuin. Ia digambarkan sebagai seorang yang pendiam dan terpencil. Setelah mendengar berita kematian ayahnya pada tahun 1926, ia memencilkan dirnya sendiri di kamarnya dan akhirnya ia diberikan ijin untuk mengunjungi Korea untuk sementara untuk menghadiri upacara pemakaman ayahnya. Pada musim semi tahun 1930, pada onset penyakit mental (diwujudkan oleh tidur sambil berjalan), ia pindah ke Istana Raja Lee, di rumah saudaranya Putra Mahkota Eun di Tokyo. Selama periode ini, ia kerap lupa makan dan minum. Dokternya mendiagnosa penyakitnya sebagai precocious dementia, namun pada tahun berikutnya, kondisinya tampak membaik.

Pada bulan Mei 1931, setelah "dijodohkan" oleh Permaisuri Teimei, selir Kaisar Taishō dari Jepang, ia menikah dengan Pangeran Sō Takeyuki (武志), {1923-1985} seorang bangsawan Jepang. Pernikahan tersebut sebenarnya telah diputuskan pada tahun 1930; saudaranya menentang hal tersebut dan ditunda karena kondisinya, namun ketika ia sembuh, ia segera diperintahkan untuk menikah.

Ia melahirkan seorang putri, Masae (正惠) pada tanggal 14 Agustus 1932. Pada tahun 1933, Deokhye kembali terjangkit sakit mental, dan setelah itu ia menghabiskan banyak waktu di berbagai klinik mental. Ia akhirnya bercerai dengan suaminya pada tahun 1953. Menderita dari pernikahannya yang tidak bahagia menjadi bertambah ketika putrinya bunuh diri dengan menenggelamkan dirinya pada tahun 1955. Setelah itu, kondisinya makin memburuk.

Ia kembali ke Korea atas undangan pemerintah Korea pada tanggal 26 Januari 1962. Ia menangis pada saat ia hampir tiba di tanah airnya, meskipun ia menderita penyakit mental, ia mengingat dengan akurat akan sopan santun istana. Ia tinggal di Balai Nakseon, Istana Changdeok, dengan Putra Mahkota dan Puteri Eun, putranya Pangeran Gu, istrinya Julia Mullock, dan Nyonya Byeon Bokdong, dayangnya. Ia meninggal pada tanggal 21 April 1989 di Balai Sugang, Istana Changdeok, dan dimakamkan di Hongryureung di Namyangju, dekat Seoul.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]