Gu, Pangeran Kekaisaran Hoeun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Yi Gu
이구
Gu semasa kecil
Gu semasa kecil
Kaisar Korea
Pembela 1 Mei 1970 – 16 Juli 2005
Pendahulu Putra Mahkota Euimin
Pengganti Yi Won
Yi Haewon
Pasangan Julia Mullock (1959-1982)
Ayah Putra Mahkota Euimin
Ibu Nashimoto Masako
Lahir 29 Desember 1931
Istana Kitashirakawa (sekarang Akasaka Prince Hotel), Kioicho, Kojimachiku, Tokyo, Jepang
Meninggal 16 Juli 2005 (umur 73)
Akasaka Prince Hotel, Kioicho, Kojimachiku, Tokyo, Jepang
Yi Gu
Hangeul 이구
Hanja 李玖
Alih Aksara yang Disempurnakan I Gu
McCune–Reischauer Yi Ku
Claimed Imperial title
Hangeul 황태손
Hanja 皇太孫
Alih Aksara yang Disempurnakan Hwangtaeson*
McCune–Reischauer Hwangt'aeson
Menuntut gelar anumerta
Hangeul 회은황태손
Hanja 懷隱皇太孫
Alih Aksara yang Disempurnakan Hoeeun Hwangtaeson**
McCune–Reischauer Hoeŭn Hwangt'aeson
  • berarti "Pangeran Kerajaan"
    **berarti "Pangeran Kekaisaran Han Raya"

Yi Gu, Pangeran Korea (aka Yi Ku, I Gu, Lee Gu) (29 Desember 1931 – 16 Juli 2005) merupakan seorang penuntut tahta Korea, pewaris 29 kepala keluarga kerajaan Korea, dan cucu Gojong, Dinasti Joseon.

Gu dilahirkan di Istana Kitashirakawa (sekarang Akasaka Prince Hotel), Kioicho, Kojimachiku, Tokyo, Jepang; ayahnya adalah Putra Mahkota Eun, dan ibunya adalah Puteri Bangja, lahir Masako Nashimoto, seorang puteri Jepang. Jika tuntutannya dikabulkan, dan Korea masih merupakan sebuah monarki, gelarnya akan menjadi "Yang Mulia Putra Mahkota Kerajaan Korea".

Gu belajar di sekolah Gakushuin di Tokyo. Ia kemudian belajar di Centre College, Danville, Kentucky dan belajar arsitektur di Massachusetts Institute of Technology keduanya berada di Amerika Serikat. Ia bekerja sebagai arsitek di I.M. Pei & Assocs, Manhattan, New York pada tahun 1960 sampai dengan tahun 1964. Dibuat tidak memiliki kewarganegaraan oleh Jepang pada tahun 1947, Gu memperoleh kewarganegaraan Amerika Serikat pada tahun 1959, dan kewarganegaraan Korea pada tahun 1964. Ia menikahi Julia Mullock (lahir tahun 1928) pada tanggal 25 Oktober 1959 di Gereja St George di New York, dan mereka mengadopsi seorang putri bernama Eugenia Unsuk.

Setelah Syngman Rhee jatuh, ia kembali ke Korea pada tahun 1963 dengan bantuan presiden yang baru Park Chung-hee, pindah ke gedung baru di Balai Nakseon, Istana Changdeok dengan ibu dan istrinya. Ia mengajar arsitektur di Universitas Nasional Seoul dan Universitas Yonsei dan juga mengatur maskapai penerbangannya sendiri, Shinhan. Ketika perusahaannya bangkrut pada tahun 1979, ia pergi ke Jepang untuk mencari uang. Pada tahun 1982, keluarganya memaksanya untuk menceraikan istrinya karena istrinya steril; ibunya meninggal pada tahun 1989. Ia mulai hidup dengan astrologi Jepang, Arita.

Di bulan Nopember 1996, ia membuat sesuatu yang diharapkannya dapat membuatnya dapat kembali ke Korea untuk selamanya, namun ia menunjukkan penyakit gangguan saraf, ia tidak dapat menyesuaikan dirinya dengan kehidupan di Korea. Dengan tak kenal lelah pulang pergi antara Jepang dan Korea, ia akhirnya meninggal karena penyakit serangan jantung diusianya yang ke-74, pada tanggal 16 Juli 2005 di Akasaka Prince Hotel, bekas tempat tinggal orangtuanya di Tokyo, Jepang. Pemakamannya diadakan pada tanggal 24 Juli 2005 dan gelar anumertanya diputuskan sebagai "Pangeran Imperial Hoeun dari Korea" oleh Dewan Keluarga Lee.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Gu, Pangeran Kekaisaran Hoeun
Lahir: 29 Desember 1931 Wafat: 16 Juli 2005
Hanya gelar saja
Didahului oleh:
Putra Mahkota Euimin
— TITULAR —
Kaisar Korea
1 Mei 1970 – 16 Juli 2005
Alasan kegagalan suksesi:
Kerajaan dihapuskan oleh aneksasi Jepang pada tahun 1910
Diragukan
Diteruskan oleh:
Won, Pangeran Pewaris Kerajaan Korea
atau
Haewŏn, Puteri Korea