Won, Pangeran Pewaris Imperial Korea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Yi Won
이원
Yiwon 08JongmyoDaeje.jpg
Kaisar Korea
Pembela 16 Juli 2005 - sekarang
Pendahulu Pangeran Imperial Hoeun
Ayah Yi Gap
Lahir 1962
Hyehwa-dong, Jongno-gu, Seoul
Yi Won
Hangeul 이원
Hanja 李源
Alih Aksara yang Disempurnakan I Won
McCune–Reischauer Yi Won
Mendapat gelar Imperial
Hangeul 황사손
Hanja 皇嗣孫
Alih Aksara yang Disempurnakan Hwangsason*
  • berarti "Pangeran Pewaris Imperial"

Won, Pangeran Pewaris Imperial Korea (lahir tahun 1962), merupakan keturunan Dinasti Joseon (a.k.a. Wangsa Yi) merupakan Kepala kontestan Keluarga Imperial Korea dan juga bekerja sebagai seorang jenderal manajer Hyundai Home Shopping, sebuah kantor cabang Hyundai chaebol. Ia dilahirkan sebagai putra tertua Pangeran Gap dari Korea, putra ke-9 Pangeran Gang dengan istrinya Hyehwa-dong, Jongno-gu, Seoul dan menjadi anak adopsi Pangeran Gu dari Korea, kepala ke-29 istana Imperial, meskipun kesahan adopsi diperdebatkan.

Mereka yang menyangkal legitimasi adopsi mencatat bahwa persetujuan untuk mengadopsi oleh Pangeran Won tidak diterima anggota lain dari istana Imperial, termasuk Pangeran Seok, adik tiri Pangeran Gap, dan Puteri Hae-won, anggota tertua yang masih hidup di dalam istana. Juga, menurut hukum Korea yang sekarang, adopsi tradisional setelah kematian dari orangtua angkat untuk meneruskan garis keturunan tidak sah oleh legislasi pada tahun 2004.

Masalah lain meningkat atas bila Pangeran Won atau ayahnya Pangeran Gap merupakan anggota senior di dalam istana tersebut. Sewaktu garis keturunan Pangeran Gang merupakan garis keturunan senior diikuti dengan kematian Pangeran Gu, ada terdapat keturunan dari putra-putra Pangeran Gang yang lebih tua. Kecuali keturunan Pangeran Geon, putra tertua yang telah dinaturalisasi sebagai bangsa Jepang setelah Perang Dunia II, beberapa anggota Istana mendesak bahwa Kepemimpinan Istana harus diturunkan kepada keturunan Pangeran Wu, putra kedua Pangeran Gang. Dalam hal ini, orang yang berhak sebagai Kepala wangsa tersebut adalah Yi Chung, putra tertua Pangeran Wu.

Pangeran Won belajar di Sekolah Tinggi Sangmun pada tahun 1979-1981 dan menyelesaikan pelajaran sebagai penyiar di New York Institute of Technology, Amerika Serikat. Ia dan istrinya memiliki dua orang anak, yang tertua lahir pada tahun 1998; putra lainnya lahir pada tahun 1999.

Pada tanggal 16 Juli 2005, diikuti oleh kematian Pangeran Gu, beberapa anggota Dewan Keluarga Lee memilihnya sebagai Kepala Imperial Istana Korea yang berikutnya dan mereka juga memberinya gelar Pangeran Pewaris Imperial (Hwangsason) dengan arti mewarisi gelar Pangeran Gu. Tuntutannya diperdebatkan oleh Yi Haewon yang dimahkotai sebagai Ratu Korea Selatan oleh 12 keturunan yang merasa bahwa ialah yang pantas menjadi Ratu, dan bukan Pangeran Won.

Ia sekarang tinggal di sebuah apartemen di Wondang, Goyang, provinsi Gyeonggi, Korea dengan keluarganya.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

Won, Pangeran Pewaris Imperial Korea
Hanya gelar saja
Didahului oleh:
Pangeran Imperial Hoeun
— TITULAR —
Kaisar Korea
16 Juli 2005 – sekarang
Alasan kegagalan suksesi:
Kerajaan dicaplok Jepang pada tahun 1910
Petahana