Putra Mahkota Euimin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Yi Un
이은
Putra Mahkota Korea
Crown Prince of Korea Yi Un.jpg
Kaisar Korea
24 April 1926 – 1 Mei 1970
Pendahulu Kaisar Sunjong dari Han Raya
Pengganti Pangeran Kekaisaran Hoeun
Pasangan Puteri Masako dari Nashimoto
Anak
Yi Jin
Yi Gu
Ayah Kaisar Gojong dari Korea
Ibu Eom Seon-yeong
Lahir 20 Oktober 1897
Istana Deoksu, Seoul
Meninggal 1 Mei 1970 (umur 72)
Balai Nakseon, Istana Changdeok, Seoul
Putra Mahkota Euimin
Hangeul 의민태자
Hanja 懿愍太子
Alih Aksara yang Disempurnakan Uimin Taeja
McCune–Reischauer Ŭimin T'aeja
Nama lahir
Hangeul 이은
Hanja 李垠
Alih Aksara yang Disempurnakan I Eun
McCune–Reischauer Yi Ŭn
Imperial title
Hangeul 영친왕
Hanja 英親王
Alih Aksara yang Disempurnakan Yeongchinwang*
McCune–Reischauer Yŏngch'inwang
  • berarti "Pangeran Imperial Yeong"

Pangeran Kaisaryah Yeong, Putra Mahkota Uimin (juga Euimin), juga dikenal sebagai Yi Un, Yi Eun, Lee Eun, dan Un Yi (lahir di Istana Deoksu, Seoul, 20 Oktober 1897 – meninggal di Balai Nakseon, Istana Changdeok, Seoul, 1 Mei 1970 pada umur 72 tahun), merupakan Kepala Istana Kekaisaran Korea yang ke-28 dan Putra Mahkota terakhir di Korea.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Pangeran dilahirkan pada tanggal 20 Oktober 1897 di Istana Deoksu di Seoul sebagai putra ke-7 Gojong, Kaisar Gwangmu dengan istri keduanya, Yang Terhormat Selir Eom Seon-yeong, yang memiliki gelar anumerta Puteri Sunheon. Ia juga merupakan saudara tiri Kaisar Sunjong dan Pangeran Kekaisaran Ui dari ibu yang berbeda. Ia diberi gelar Pangeran Kekaisaran Yeong pada tahun 1900, dan menjadi Putra Mahkota pada tahun 1907, walaupun ia lebih muda dari Pangeran Ui. Pengaruh Pangeran Ui terhadap tahta tidak kuat karena ibunya sendiri, Lady Jang, sudah meninggal.

Pada bulan Desember 1907, ia dibawa ke Jepang sebagai preteks pelajarannya dan ia menikahi Puteri Masako dari Nashimoto (lahir 4 Nopember 1901 – wafat 30 April 1989), putri tertua Pangeran Nashimoto Morimasa, pada tanggal 28 April 1920 di Tokyo. Pada tahun 1910, ketika Kaisar Sunjong dipaksa untuk mengabdikasi oleh Jepang, ia diberi gelar Paduka Putra Mahkota dari Korea. Pada tanggal 24 April 1926, ia menjadi Raja Ri dari Korea (dihapuskan gelar berdaulat Korea setelah Perjanjian Aneksasi Jepang-Korea) ketika Kaisar Sunjong wafat.

Karir militer[sunting | sunting sumber]

Pangeran Yi Eun (juga dikenal sebagai Pangeran Ri Gin di Jepang) bekerja di Angkatan Darat Jepang sebagai Petugas Komandan resimen ke-59, Divisi Depot ke-4, Divisi ke-51. Ia juga bekerja di Angkatan Udara Pasukan Kekaisaran Jepang dengan ranking jenderal, mengomando Angkatan Udara IJA Pertama. Ia kemudian bekerja sebagai instruktor di Staf Militer Perguruan Tinggi, melekat dengan Inspektorat Umum Pelatihan Militer dan menjadi seorang anggota dari Dewan Perang Tertinggi selama perang berlangsung.[1]

Kehidupan akhir[sunting | sunting sumber]

Setelah Korea menjadi independen dari Kekaisaran Jepang pada tahun 1945, ia meminta izin dari Presiden Syngman Rhee untuk diizinkan kembali ke Korea dengan keluarganya, namun permintaan itu ditolak. Pangeran ditawarkan posisi sebagai Duta Besar Korea di Istana St. James pada tahun 1960, namun ditolak dengan alasan kesehatannya tidak mengizinkan. Di bulan Nopember 1963, (atas permintaan dari Presiden Park Chung-hee) ia dan istrinya, Puteri Mahkota Bangja, kembali ke Korea untuk pertama kalinya dalam 56 tahun namun pangeran telah tak sadarkan diri dari pembekuan pembuluh darah dan dilarikan ke Rumah Sakit Seoul Sungmo dari Bandara Udara, dan tinggal di ranjang selama hidupnya.

Di masa akhirnya, ia tinggal di Balai Nakseon, Istana Changdeokgung, bekas kediaman istana kerajaan di Seoul dengan Bangja dan adik perempuannya Puteri Deokhye. Tujuh tahun setelah kembali ke negaranya, ia wafat pada tanggal 1 Mei 1970 di Balai Nakseon, Istana Changdeok, Seoul. Ia dimakamkan di Hongyureung di Namyangju, dekat Seoul dan dikenal dengan nama anumerta Putra Mahkota Pangeran Euimin dari Korea.

Anak-anak[sunting | sunting sumber]

  • Yi Jin (李晋) (18 Agustus 1921 – 11 Mei 1922), putra tertua Pangeran Eun dengan istrinya, Puteri Bangja. Ia diracuni ketika mengunjungi Korea dengan orangtuanya. Pemakamannya dilakukan pada tanggal 17 Mei 1922 dan ia dimakamkan di Korea.
  • Yi Gu (李玖) (29 Desember 1931 – 16 Juli 2005), putra kedua Pangeran Eun dengan istrinya, Puteri Bangja. Pangeran Gu menjadi Kepala Istana Kekaisaran yang ke-29 atas kematian ayahnya.

Gelar dari lahir[sunting | sunting sumber]

  • Sri Paduka Pangeran Eun dari Korea (1897–1900)
  • Kekaisaran Pangeran Kaisaryah Yeong dari Korea (1900–1907)
  • Sri Paduka Putra Mahkota Eun dari Korea (1907–1970)
    • Sri Paduka Putra Mahkota Lee dari Korea (1910–1926)
    • Paduka Raja Lee dari Korea (1926–1945)
  • Putra Mahkota Pangeran Euimin dari Korea (Gelar Anumerta)

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Steen Ammentorp, Generals of WWII, http://www.generals.dk/general/Yi/Un_Prince/Japan.html.
Putra Mahkota Euimin
Lahir: 20 Oktober 1897 Wafat: 1 Mei 1970
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Kaisar Yungheui
Raja Korea
24 April 1926 – 1 Mei 1970
Diteruskan oleh:
Pangeran Kekaisaran Hoeun