Puppy Linux

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Puppy Linux
Banner logo Puppy.png
PuppyLinux533.png
Antarmuka Puppy Linux 5.3.3 Slacko Puppy
Perusahaan / pengembang Barry Kauler (perintis)
Larry Short, Mick Amadio, dan komunitas Puppy
Keluarga Unix-like
Status terkini Stabil
Model sumber Terutama Sumber terbuka
Rilis stabil terkini 5.7.1[1] (Precise), 5.6 (Slacko)[2] / 13 Agustus 2013; 14 bulan yang lalu (2013-08-13)
Target pemasaran Live CD, Netbook, sistem usang, dan penggunaan umum
Pengelola paket PetGet, Puppy Package Manager
Dukungan platform x86, 64 bit
Jenis kernel Monolithic (Linux)
Antarmuka bawaan JWM / IceWM + ROX Desktop
Lisensi Terutama GPL
Situs web resmi www.puppylinux.org

Puppy Linux adalah salah satu distro Linux Live CD yang sangat kecil ukurannya dan mengutamakan kemudahan dalam penggunaan. Seluruh sistem operasi dan aplikasinya berjalan dalam RAM, yang membolehkan media booting dilepas setelah sistem operasi berhasil dijalankan. Puppy menyertakan beberapa aplikasi untuk pekerjaan standar sehari-hari seperti Mozilla SeaMonkey untuk menejelajah internet dan mengirim email, AbiWord word-processor, Gnumeric spreadsheet, Sodipodi untuk menggambar (vector), mtPaint untuk melukis (bitmap) / meng-edit foto dan Gxine/xine untuk memutar video dan musik. Distro linux ini dikembangkan pertama kali oleh Barry Kauler, distribusi ini tidak berdasar pada distribusi linux manapun.

Rilis (resmi/stabil) terbaru distro ini adalah versi 5.7.1 yang dikeluarkan pada 13 Agustus 2013.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Puppy dapat digunakan untuk mengaktifkan komputer lama, sebagai sistem penyelamatan darurat (emergency rescue system), sebagai sistem peragaan Linux, maupun sebagai sistem operasi lengkap. Dapat dijalankan (boot) dari:

Melakukan instalasi sebuah versi Puppy ke hard disk, USB disk, Zip disk, dll. dapat dilakukan dari live-Puppy atau cara instalasi lain.

wNOP v0.2 di EeePC: Puppy 3.01 dan Compiz-Fusion

Sebuah ciri khas yang membedakan Puppy Linux dari distribusi Linux lainnya adalah kemampuannya untuk beroperasi memakai write-once CD (CD sekali rekam), jadi tidak perlu memakai rewritable CD (CD yang dapat berulangkali merekam.) Puppy akan secara otomatis mengenali perubahan-perubahan di sistem file dan menyimpannya berurutan di CD. Jika CD penuh, pemakai dapat dengan mudah mengganti dengan CD baru yang akan merekam semua file dan pengaturan desktop. Distribusi Linux lain memang ada yang menyediakan sistem operasi versi Live CD, namun tidak bisa menambah atau merekam dalam Live CD tersebut.

Puppy Linux juga mempunyai sistem penulisan penyimpanan (write-caching system) yang canggih sehingga dapat memperpanjang umur pemakaian USB flash drives yang menggunakan Puppy Linux.

Live USB Puppy Linux dapat dibuat secara manual atau dengan UNetbootin [1].

Untuk meng-instal program, Puppy Linux menggunakan package manager sendiri bernama PetGet. Package manager yang lama, DotPup, masih dapat digunakan.

Puppy juga memiliki "remaster tool" untuk membuat live-CD versi anda sendiri dengan merekam semua perubahan yang sudah anda lakukan.

Puppy Linux menggunakan T2 SDE build scripts untuk membangun paket binary dasarnya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Menu, Mozilla, Gaim, Gxine pada Puppy Linux 1.05
SeaMonkey, AbiWord dan MineSweeper pada Puppy Linux 2.13
Puppy Linux 4.3.0
Puppy Linux 5.1.0
Versi Tanggal Rilis
Puppy 1 29 Maret 2005
Puppy 2 1 Juni 2006
Puppy 3 2 Oktober 2007
Puppy 4 5 Mei 2008
Puppy 5 15 Mei 2010

Puppy 1 tersedia dalam beberapa edisi yang berbeda:

  • Edisi standard menggunakan AbiWord sebagai word processor berukuran 68 MB; live-CD ISO file dengan Mozilla Firefox berukuran 52.4 MB; dengan Mozilla suite lengkap berukuran 55.3 MB; dengan Opera berukuran 49.6 MB.
  • Edisi "Chubby Puppy" berukuran 96.1 MB menyertakan OpenOffice.org.
  • Edisi "BareBones Puppy" berukuran 39.9 MB tanpa GUI,
  • dan edisi "zdrv" standard berukuran 83 MB, dengan kernel drivers dan firmware tambahan.
  • Puppy-multisession berukuran 55.7 MB, dapat menyimpan file ke dalam Live CD (multisession), sehingga pemakai dapat membawa data, dan yang terpenting, menambah program dan menyimpan pengaturan khusus, dalam CD yang sama.

Puppy 1 series dapat berjalan lancar pada komputer lama, seperti komputer Pentium dengan RAM minimal 32 MB. Untuk komputer lebih baru, lebih baik menggunakan versi USB keydrive. Jika BIOS komputer tersebut tidak mengenali booting lewat USB, Puppy floppy boot disk dapat digunakan sebagai langkah awal. Cara lain, jika BIOS tidak mengenali booting lewat USB, boot dapat dilakukan lewat CD, lalu data pemakai disimpan dalam USB keydrive saat sistem dimatikan (shutdown) dan dibaca kembali dari USB device saat bootup. Puppy Linux dapat juga berjalan dalam komputer yang menggunakan Windows 9x/Windows Me.

Puppy 2 merupakan perbaikan dari versi 1 dalam hal struktur penyimpanan file. Dalam versi 1 (Puppy 1 Series) semua file sistem operasi, driver, maupun pengaturan pemakaian dijadikan satu file, sedangkan dalam Puppy versi 2 dipisah-pisah. Puppy versi 2, contohnya Puppy 2.14 (86.5 MB), menggunakan Mozilla SeaMonkey sebagai Internet suite (gabungan web browser dan e-mail client), JWM Window Manager, Abiword, Gnumerics, dll.

Puppy 3 dibuat kompatibel dengan Slackware 12.[3] Artinya instalasi paket-paket Slackware dapat dengan mudah dilakukan sebab hampir semua program-program dasarnya sudah ter-instal. Namun, ini bukan berarti Puppy Linux sekarang adalah distribusi berbasis Slackware.[4]

Puppy 4 di-compile langsung dari source dengan T2 (Open System Development Environment project) [2] untuk memperkecil ukuran dan menambah fungsionalitas dibanding versi 3. Aplikasi berbasis GTK+ 1.x dan Tcl/Tk juga diganti dengan yang berbasis GTK+ 2[3] sehingga tampilan GUInya lebih indah dan konsisten dengan GUI sistem operasinya[5]. Puppy 4.1 semula direncanakan sebagai karya terakhir Barry Kauler dan selanjutnya pengembangan Puppy akan diserahkan pada beberapa developer tepercaya, namun ternyata Barry kembali di 4.3.[6]

Selain itu, pada tiap versi, ada Puppy Unleashed yang terdiri lebih dari 500 paket program yang dapat dipilih sesuai kebutuhan pengguna untuk membuat live CD khusus dengan memakai "remaster tool".

Puppy 5[7] dibuat dengan Woof suatu perangkat lunak untuk merakit Puppy Linux dari paket-paket distribusi GNU/Linux lain, misalnya: paket-paket Ubuntu, Debian, Slackware, Arch, dll.[8]

GUI (Graphical User Interface)[sunting | sunting sumber]

Desktop dengan salah satu pilihan tema terintegrasi menampilkan XMMS, mtPaint, gxine dan text yang sedang dibuka pada Puppy Linux 2.15 CE Viz (Window Manager standar: IceWM)

Puppy menyediakan 2 pilihan server grafik: X.org (lengkap) dan Xvesa (ringan). Sebuah alat bantu, pada saat proses awal (start-up), akan membimbing pemakai melakukan pengaturan server grafik agar sesuai dengan kartu video dan monitor yang dipakai. Setelah selesai, monitor akan menampilkan desktop dengan window manager (WM); WM standar pada kebanyakan edisi Puppy adalah JWM. Puppy 2.15 Community Edition menyediakan IceWM sebagai window manager standar.

Paket DotPup dari IceWM, Xfce, Fluxbox dan Enlightenment juga tersedia lewat link di Puppy Linux Wiki.

Saat sistem operasi melakukan boot, semua paket-paket Puppy dimuaikan dalam RAM, atau disebut "ramdisk". PC perlu setidaknya 128 MB RAM (dengan maksimum 8 MB untuk keperluan kartu video) agar Puppy sepenuhnya bekerja dalam ramdisk. Namun, Puppy juga dapat bekerja dengan PC yang hanya mempunyai sekitar 48 MB RAM karena sebagian sistem dapat disimpan dalam hard drive, atau CD sebagai pilihan terakhir (sebab agak lambat).

Puppy adalah sebuah sistem lengkap yang bekerja sepenuhnya dalam ramdisk; aplikasi-aplikasi standarnya dipilih dengan pertimbangan cermat, khususnya yang berhubungan dengan ukurannya. Untuk memenuhi sasarannya sebagai distribusi yang mudah digunakan, Puppy menyediakan berbagai alat bantu atau "wizard" yang akan membimbing pemakai melakukan pengaturan umum.[9]

Daftar turunan Puppy (Puplet)[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah daftar dari sebagian besar turunan Puppy (disebut juga Puplet) sesuai daftar di Puppy Linux Community Website dan murga-linux.com.

Name Window Manager Description Size MB
Barebones FVWM Puppy 1.0.3 menggunakan browser Dillo yang ringan dan sederhana (bukan Firefox, Opera atau Mozilla) juga tidak ada Abiword 40
BioPuppy JWM Puplet untuk mahasiswa Bio-informatics dan pemula di bidang Linux OS dengan program-program yang berhubungan dengan biologi. 180
Breeezy JWM Dibuat oleh Raffy Mananghaya (orang Filipina yang menjadi Ketua Puppy Linux Foundation) untuk ASUS EeePC (untuk PC lain, tersedia live CD = 80 MB) 65
BuddaPup E-17 Enlightenment E-17 dan Firefox, Opera, AbiWord, ABS, Gaim, MPlayer, XMMS dll. 222
Burning Thunder JWM Puppy Dingo dengan Firefox, Thunderbird, Wine di terminal. Versi 2 tanpa Wine dan Java (109 MB) 185
ChurchPup IceWM Puppy dengan aplikasi-aplikasi pelajaran Alkitab, office, internet/email, multimedia, audio & video editing, dan notasi musik. 370
DCL Xfce Berbasis 3.01 dengan Xfce 4.4.2 untuk keperluan sehari-hari 173
Digipup JWM Turunan yang ditujukan bagi pemakai Ham Radio (radio amatir) 97
DingoPlus JWM Versi khusus Puppy 4 untuk Asus Eeepc. 255
DragonPup Xfce Puplet gaya berbasis Fatfree Puppy dan Xfce dengan Firefox, The GIMP, multimedia 108
EcoPup IceWM Beta dengan Firefox 2 and OpenOffice 2 terkompresi terpisah (digunakan setelah di-instal) jadi tidak langsung menyatu 668
eBoxPup JWM? Alpha Puppy untuk eBox 2300; menggunakan Opera 57
EduPup JWM? Puppy 2.11 dengan software untuk anak-anak seperti: TuxType2, TuxMath, GcompriS (juga dengan suara Italia), SuperTux - dan TuxPaint (termasuk tuxpaint-ConfiG dan TuxStamp). 166
E-PUP JWM Puppy 2.17 buatan China 110
Empty Crust JWM Puppy yang sangat ringkas - siap dikembangkan 45
eXpand Barbie JWM Puplet untuk perempuan; dengan Xfce, StumbleUpon dan 60+ links ke flash games online termasuk Bubbles. 245
eXpand DOFUS JWM Puplet untuk memainkan MMORPG DOFUS. Juga menyertakan berbagai program lainnya termasuk aplikasi web yang lengkap. Berbasis Puppy 2.14 dan dibuat oleh lvds. 263
Fat Free JWM 2.17 ringkas, siap ditambahkan program sesuai kebutuhan 51
Fire Hydrant JWM Firefox, Flash, Java, Thunderbird, Sunbird dan Lightning sehingga anda akan menerima email dan kalender dalam satu apliaksi, ditambah Icewm dengan 19 tema, beberapa game baru dalam firefox tool menu, Xmms dengan Sony skin, Limewire, Shutterbug, Gimpshop, Yahoo messenger, aMSN messenger,dll - banyak yang ditambah dan tak ada scripts yang dikurangi. 192
Flightpup JWM Berbasis Fat Free, berisi FlightGear, program simulasi penerbangan (open source flight simulator) 288
Gamepup Xfce Masih tahap alpha; untuk game 125
GrafPup LXDE,IceWM Khusus untuk desainer grafik dan pekerja percetakan dengan Gimp, Cinepaint, Inkscape, and Scribus. Juga ada versi deluxe: 397MB 80
Hacao IceWM Puppy buatan Vietnam. Tujuannya menghasilkan sistem operasi yang lengkap namun ringan hingga dapat bekerja pada komputer yang mempunyai spesifikasi rendah. Menggunakan bahasa Vietnam. 80
Hurt Me Plenty IceWM Berisi game-game: Doomsday, Quake 2, Descent 2, Tuxracer, Dreamchess 2000, beberapa Flashgame 708
Icepup JWM Puplet minimalis untuk jaringan (network) kabel maupun nirkabel (wireless). Hanya ter-instal Firefox, Leafpad dan VI Console Editor. 60
KDEPuppy KDE Berbasis Puppy 1.07 dengan KDE; masih dalam tahap alpha 125
Kinjeng IceWM Puplet buatan Indonesia, untuk warnet dan game center (www.linux.kinjeng.net), termasuk CClfox (internet cafe billing system). Bergaya WinXP. 360
Lebahlinux LXDE, JWM Puplet buatan Indonesia, untuk digunakan di sekolah.Dibuat dengan basis Precise Puppy 5.7.1. Dilengkapi dengan Kingsoft Office, Google Chrome, GIMP, Foxit Reader, Blender 3D, Gbilling. Saat ini masih dalam tahap Pengembangan. Dokumentasi selama masa pengembangan dapat dilihat di (www.lebahlinux.blogspot.com). 650
Lighthouse KDE, Xfce, JWM, IceWM Berbasis 5.1, dengan SeaM analog clock, graphic system monitors, MPlayer, GQView, StreamTuner, tambahan icons themes cursors, SFS Editor. Juga tersedia paket tambahan (Mariner SFS expansion pack) berisi OpenOffice, FireFox, Opera, Java; serta K3b CD/DVD Burner, GIMP, Graphics SFS, dan mendukung penggunaan SFS file sampai dengan 40 file SFS 182
MacPup IceWM Puppy bergaya Apple Mac dengan IceWM, Wbar, Grub. Tersedia versi Macpup Dingo (95 MB) dan Macpup Foxy (220 MB, dengan tambahan Gimp, Xvidcap, Picasa, Firefox + Ifox metal theme, Java, Flash 10 beta, Audacity, Pawdio converter, VLC, Gxine, Xmms, extra games) 95
McPup IceWM Puppy untuk Nortel Micro Client Sr (atau eBox 4300) 156
Mean Puppy JWM Dibuat oleh John Murga (Puppy Linux Forum) berbasis Puppy versi 1 dengan Opera 50
Minipup JWM Buatan Raffy Mananghaya, puplet untuk MiniPC atau diskless PC (PC tanpa disk drive); termasuk Firefox 1.5+, Mplayer dan perangkat desktop publishing seperti GIMP dan Scribus. Juga tersedia Minipup Office (92 MB)dengan Opera 9.02 dan OpenOffice 1.1.4. 85
Minisys IceWM Codename Muppy 008 (buatan Mark Ulrich). Puppy 3.01 ditambah berbagai aplikasi termasuk aplikasi-aplikasi KDE dan Gnome panel. Tersedia 4 versi: Embryo, Server, Mini, Live 405
Muppy IceWM "Muppy" sangat modular, sehingga ukurannyapun jadi besar. Namun tersedia juga Mini-Muppy (170 MB) dan Micro-Muppy (12 MB) 442
Mypup JWM Web 2.0 Puppy berbasis 2.16 - masih tahap alpha 88
NaNoWriMo JWM Puppy untuk para pengarang novel; buatan Mathias De Mare; berbasis Puppy Linux 1.0.3. 52
NOP Xfce Buatan seorang aerospace engineer NASA. Berbasis 3.01. Menggunakan Opera sebagai pengganti Seamonkey dan tidak menyertakan Abiword maupun OpenOffice (tapi bisa ditambah kemudian). NOP = Nearly Office Puppy 120
Onebone - Dengan ELinks, YTree dan Midnight Commander 28
Optimised JWM Buatan Kenny; berisi Firefox (lengkap dengan plugins), Grip, Audacity, Mplayer, Gnumeric, Abiword, gtKam, XFMedia 98
PCPuppyOS IceWM OxygenOffice, Citrix client, Cisco VPN, ClamAV, Limewire, Meebo, Skype, Samba, WINE, XawTV, dll 604
Picopup - Sangat ringkas (tanpa GUI maupun aplikasi-aplikasi lain), hanya ada program musik, berbasis PuppyLinux 1.0.8 8
Pizzapup IceWM SeaMonkey diganti Firefox, ada XMMS, Mplayer, IceWM dengan berbagai tambahan visual. Versi terakhir, 3.0.1, berbasis Puppy 2.14. 95
Pupeee JWM Buatan Dan Van Wormer, berbasis Puppy 3.01 untuk ASUS EeePC 110
Pupeez IceWM "Simple, Elegant and Fast" - Pupeez ditujukan bagi pemakai yang hanya perlu internet / media / photo; pemakai yang 'gagap teknologi' dan orang tua. Pupeez dapat dijalankan pada komputer dengan RAM minimum 128Mb. 77
Puppy Linux Japanese Edition JWM Puppy buatan Jepang, berbasis 4.00 99
PuppyRus JWM Puppy buatan Rusia, berbasis 3.01 117
PupWinQE JWM Alias Winky; Memakai QEMU versi 0.8.2 untuk menjalankan Puppy di Windows XP; Tersedia juga PupWin98 untuk Windows98 dan Pup4DOS untuk DOS 779
QbitOS JWM Dibuat oleh Qbit Online, untuk para pengguna Windows yang migrasi ke Linux. Menu disesuaikan, dan ditambah OpenOffice Suite (word processor, calc, base, dll.)(Abiword dihapus), Mozilla Firefox (dengan Flash player plugin), Skype, Bluefish HTML editor, GIMP 190
Rudy Puppy IceWM OpenOffice.org, firefox, rplot, stats4u (win), easychem, gimp, xsane, xnview, acrobat reader, pdftk dengan gui, freemind, tiddlywiki, skype, xtensoftphone, streamtuner, xmms, k3b, k9copy, xgammon, xaos, rescue utilities, qemu plus kqemu dengan gui, wine, dosbox, cups, jwm plus icewm. 550
SafePup JWM Puplet kecil berbasis Puppy 2.13 dan Barelypup, buatan Raffy Mananghaya, untuk 'safe web browsing' di WinXP; juga untuk PCs tanpa hard disk. 60
SUTinRAM JWM Puppy buatan Thailand, berbasis 4.0; Thai locale, ThaiFonts-Scalable, Firefox, grub (pengganti isolinux), Thai setxkb (pengganti xkb), Wbar, Thai manual, optional server mode (termasuk Kompozer dan LAMPP ) 190
TeenPup JWM Koleksi berbagai aplikasi dalam satu CD diperkaya dengan hiasan visual. Ditujukan bagi orang muda atau yang berjia muda. Buatan John Biles. Berbasis Puppy 2.14 404
ThaiPuppy JWM Puppy 4.00 buatan Thailand dengan Openoffice yang dapat dipakai mengetik/membaca tulisan Thai, dan Monkey Web Server 169
TigerPup Xfce Puppy 3.01 dengan dockbar dan Compiz-Fusion, berbasis wNOP 196
Tmxxine JWM, IceWM, Xfce Ada beberapa macam (Prism, Rainbow, Shard, Vision) untuk beberapa keperluan. 333MB maksimal
Transition IceWM Berbasis Fat Free 301, + IceWM, LookXP, TrueVista themes, FireFox+Flash+Java, Dillo, OpenOffice 2.2, GIMP, Xara Xtreme, MTPaint 3.1, Gaim 1.5, MPlayer, XMMS 269
wNOP Xfce Wobbly NOP dengan Xfce dan Compiz Fusion, berbasis NOP 117
VestaPup Xfce Berbasis wNOP, bergaya Vista dengan sidebar menampilkan berbagai screenlet (seperti: Analog Clock, RSS Feed, Weather, Calendar, IP Viewer, Memo pad, dll.) 455
XPuppyPro FVWM95 Puppy dengan tampilan XP, berbasis Puppy 2.02. Lanjutan dari PuppyXP 117

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kauler, Barry. "Precise Puppy 5.7.1". Bkhome.org. Diakses 2013-08-04. 
  2. ^ Slacko Puppy 5.6 released
  3. ^ Kauler, Barry. "Puppy 3.00 Released (Updated to 3.01)". 
  4. ^ Kauler, Barry. "Puppy Linux release notes v3.00". 
  5. ^ Kauler, Barry. "Puppy Linux release notes 4.00". 
  6. ^ Kauler, Barry. "Announcement and release notes for Puppy Linux 4.3". 
  7. ^ Kauler, Barry. "Announcement and release notes for Lucid Puppy 5.0". 
  8. ^ Kauler, Barry (9 February 2009). "Woof: the "Puppy builder"". Puppy developer pages. Diakses 2009-02-13. 
  9. ^ "AboutPuppy - Puppy Linux". 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]