Xfce

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Xfce
Xfce-4.4.png
Desktop Xfce 4.4. Terlihat berbagai efek Xfwm (bayangan dibalik jendela, jendela dan panel semi-transparan).
Pengembang Berbagai pihak
Rilis stabil 4.4.3 (27 Oktober 2008)
Sistem operasi Cross-platform
Jenis Desktop environment
Lisensi GNU General Public License and GNU Lesser General Public License
Situs web resmi www.xfce.org

Xfce ([ɛks ɛf si ː i ː] [1]) merupakan perangkat lunak bebas desktop untuk Unix dan platform mirip Unix lainnya, seperti Linux, Solaris dan BSD. Tujuannya: cepat, ringan, menarik secara visual dan mudah digunakan.

Versi saat ini, 4.4, bersifat modular dan dapat digunakan lagi. Ia terdiri dari komponen-komponen yang terpisah yang secara bersama menyediakan fungsi desktop sepenuhnya, namun komponen-komponen tersebut juga dapat dipilih dalam subset untuk membuat lingkungan kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Xfce terutama digunakan karena kemampuannya untuk menjalankan desktop modern pada perangkat keras yang relatif sederhana.

Xfce berbasis perangkat bantu GTK+ 2 (sama seperti GNOME). Ia menggunakan window manager Xfwm, yang dijelaskan di bawah ini. Konfigurasinya sepenuhnya digerakkan melalui tetikus (mouse), dan file-file konfigurasi disembunyikan dari pengguna biasa.

Xfce mula-mula mirip dengan CDE yang komersial, tetapi dengan pengembangan setiap versi barunya menjadi semakin berbeda.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Olivier Fourdan memulai proyek ini pada tahun 1996. Nama "Xfce" awalnya singkatan dari "XForms Common Environment" (lingkungan desktop umum berbasis perangkat bantu Xform), tetapi kini Xfce telah ditulis ulang dua kali dan tidak lagi menggunakan perangkat bantu tersebut. Namanya tetap dipakai, namun tidak lagi dengan huruf kapital "XFCE", tetapi sebagai "Xfce". Para pengembangnya menyatakan bahwa nama tersebut bukanlah singkatan.

Versi 1[sunting | sunting sumber]

Xfce dimulai sebagai proyek sederhana yang dibuat dengan XForms, dimaksudkan untuk membuat tiruan CDE yang gratis untuk Linux. Program tersebut, yang saat itu merupakan toolbar sederhana, dirilis oleh Fourdan untuk ibiblio (saat itu bernama "SunSITE"), dan masyarakat meminta proyek diperluas. [2]

Versi 2[sunting | sunting sumber]

Fourdan terus mengembangkan proyek, dan pada tahun 1998, Xfce 2 dirilis dengan memasukkan versi pertama window manager Xfce, yaitu Xfwm. Ia meminta agar proyek ini masuk dalam Red Hat Linux, tetapi ditolak karena proyek ini berdasarkan XForms. Red Hat hanya menerima perangkat lunak yang bebas dan open source (sumber terbuka), sedang pada saat itu, XForms merupakan sumber tertutup dan hanya gratis bagi penggunaan pribadi.[2] Untuk alasan yang sama, Xfce tidak masuk di Debian sebelum versi 3. Xfce hanya didistribusikan di komponen penyumbang Debian. [3]

Versi 3[sunting | sunting sumber]

Status hak milik XForms, kepustakaan (library) yang menjadi dasar Xfce, membatasi kemajuan proyek. Sementara itu, popularitas perangkat bantu GTK+ semakin besar, dan Fourdan melihat hal ini sebagai alternatif. Pada Maret 1999, ia meninggalkan Xfce lama dan mulai menulis ulang secara keseluruhan proyek ini berdasarkan GTK+. Hasilnya Xfce 3.0, yang berlisensi GNU GPL. Selain sepenuhnya berbasis pada perangkat lunak open source, proyek ini juga memperoleh banyak manfaat dari penggunaan kepustakaan GTK+, termasuk dukungan drag-and-drop, dukungan bahasa asli, dan peningkatan konfigurabilitas (penyesuaian konfigurasi). Xfce dimuat ke SourceForge.net pada bulan Februari 2001, dimulai dengan versi 3.8.1.[4]

Versi 4[sunting | sunting sumber]

Xfce membuat lompatan besar di versi 4.0.0 - dengan menggunakan kepustakaan GTK+ 2. Ada banyak perubahan besar dibuat dalam seri ini, termasuk composite manager untuk Xfwm di 4.2.0 yang menambahkan dukungan terpadu (built-in) untuk transparansi dan bayangan, serta standar baru SVG icon set.[5] Pada bulan Januari 2007, Xfce 4.4.0 dirilis. Sebuah fitur terkemuka dari rilis ini adalah penyertaan Thunar file manager, menggantikan Xffm. Dukungan untuk desktop ikon ditambahkan. Selain itu, berbagai perbaikan dilakukan terhadap panel untuk mencegah plugins yang bermasalah membuat seluruh panel berhenti berfungsi.[6]

Aplikasi-aplikasi Xfce[sunting | sunting sumber]

Xfce juga menyediakan sebuah kerangka pengembangan aplikasi. Selain Xfce sendiri, ada program-program pihak ketiga yang menggunakan kepustakaan Xfce, speerti editor teks Mousepad, pemutar audio Xfmedia, dan Orage Calendar dan Terminal. Salah satu layanan yang disediakan oleh kerangka tersebut kepada aplikasi adalah sebuah spanduk merah di bagian atas jendela saat aplikasi berjalan dengan akses root sebagai peringatan bagi pengguna bahwa mereka dapat merusak file-file sistem.

Komponen Xfce lainnya termasuk:

  • Xfmedia, sebuah media player berbasis xine untuk Xfce
  • Xfprint, manajer pencetakan (print manager)
  • Xfburn, program perekam CD/DVD

Xfwm[sunting | sunting sumber]

Dimulai dengan versi 4,2, window manager dari Xfce, Xfwm, mengintegrasikan composite manager sendiri. Composite manajer lain ada, tetapi agak tidak stabil, dan Xfce adalah yang pertama yang mengintegrasikan composite manager sendiri ke window manager. Pada saat lahirnya, banyak pengguna yang menyebutnya sebagai yang paling stabil, walaupun pada saat itu, akhir 2004, xcompmgr adalah satu-satunya composite manager lain yang tersedia.

Orage[sunting | sunting sumber]

Dimulai dengan versi 4,4, Xfcalendar telah diubah namanya menjadi Orage dan beberapa fitur yang ditambahkan membuat Orage sebagai pilihan utama untuk kalender harian. Orage dilengkapi dengan fitur alarm lengkap dan menggunakan format iCal hingga menjadikannya kompatibel dengan banyak kalender lain. Juga termasuk plugin panel jam dan aplikasi jam global internasional yang mampu menampilkan beberapa jam dari zona waktu yang berbeda secara bersamaan.

Thunar[sunting | sunting sumber]

Thunar adalah manajer file standar untuk Xfce, menggantikan Xffm. Ia menyerupai Nautilus dan dirancang untuk kecepatan dan penggunaan memori yang rendah[7], serta sangat mudah disesuaikan melalui plugins. Xfce juga memiliki manajer arsip yang ringan bernama Xarchiver, tapi ini bukan bagian dari inti Xfce 4.4.0.[8] Baru-baru ini, Squeeze mulai digunakan sebagai sebuah manajer arsip yang dirancang untuk menjadi lebih terpadu dengan desktop Xfce.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Walau tidak selazim KDE dan GNOME, namun ada beberapa distro yang menggunakan Xfce sebagai desktop environment default-nya, setidaknya mendukungnya sebagai komponen tambahan.

Distro-distro ini menggunakan Xfce sebagai default:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Xfce FAQ". Diakses 2007-01-06. 
  2. ^ a b Jacobowitz, Norman (1999-07-01). "Interview with Olivier Fourdan". Linux Gazette. Diakses 2007-01-31. 
  3. ^ Debian xfce source package 3.4.0.20000513-1 changelog
  4. ^ "SourceForge.net Project Page". Diakses 2007-01-31. 
  5. ^ "Xfce 4.2.0 Changelog". Diakses 2007-01-31. 
  6. ^ Meurer, Benedikt (2007-01-21). "A Visual Tour of Xfce 4.4.0". Diakses 2007-01-31. 
  7. ^ ThunarWiki: Thunar in comparison to Nautilus, ROX, Konqueror and Xffm
  8. ^ "4.4.0 release status so far". 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]