Barebone

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Barebone adalah komputer setengah jadi yang terdiri dari casing, power supply, motherboard, dan sistem pendingin (cooling Device). Sistem barebone terkini menyertakan modem internal, card reader bahkan DVD-ROM dalam paket penjualannya.

Pembeli barebone harus membeli komponen-komponen wajib yang ada pada suatu komputer antara lain prosesor, memory (RAM), dan harddrive. Memang saat awal dibuatnya barebone ada beberapa produsen barebone yang menyertakan prosesor, RAM dan hard drive. Tetapi sekarang sudah tidak ada lagi karena dianggap tidak sesuai dengan konsep barebone (komputer setengah jadi). Belum lagi tambahan-tambahan hardware seperti kartu grafis (graphic card), kartu suara (sound card), dan sebagainya jika tidak puas dengan fasilitas on-board dari barebone tersebut. Sayangnya, karena bentuknya yang minimalis banyak hardware yang tidak kompatibel dengan barebone.

Ukuran barebone yang lebih kompak daripada komputer desktop konvensional memudahkannya untuk diletakkan dimanapun. Harganya juga relatif lebih murah dibandingkan dengan komputer desktop.

Jenis-jenis barebone dapat dibagi menjadi 3 menurut fungsionalitas, antara lain:

  • Desktop barebone, barebone yang fungsinya sama dengan komputer desktop standar.
  • Multimedia barebone, barebone yang fungsinya untuk multimedia.
  • Entertainment barebone, barebone yang fungsinya untuk hiburan. Main game, nonton video, mendengarkan musik, dan sebagainya.

Contoh barebone PC: ASUS Pundit, ASUS Terminator, MSI Mega PC.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Majalah PC Magazine edisi Maret 2005.
  • AFM, 0905010085.