Pulau hantu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peta Zeno tahun 1558 menampilkan Frisland – sebuah pulau hantu di Atlantik Utara

Pulau hantu adalah sebuah pulau yang diduga muncul pada peta-peta pada suatu periode (terkadang abad) pada sejarah tertulis, namun lenyap dari peta-peta pada masa berikutnya setelah pulau tersebut dinyatakan tidak ada.

Kemungkinan cikal bakal[sunting | sunting sumber]

Pulau hantu biasanya timbul dari laporan-laporan pelaut awal yang menjelajahi wilayah baru. Beberapa laporan bersifat mitos, seperti Isle of Demons. Laporan lainnya timbul lewat kesalahan pemetaan pulau yang sebenarnya, atau kesalahan geografis lainnya. Pulau Pepys sebenarnya adalah kesalahan identifikasi dari Kepulauan Falkland. Semenanjung Baja California muncul pada beberapa peta awal sebagai sebuah pulau, tetapi kemudian diketahui menyatu dengan daratan utama Amerika Utara. Sementara itu, Semenanjung Banks, bagian dari South Island dari Selandia Baru, awalnya disebut "Pulau Banks" oleh Kapten James Cook. Thule mungkin benar-benar ditemukan pada abad ke-4 SM oleh penjelajah Yunani Pytheas namun menghilang, dan kemudian diidentifikasikan ulang oleh para penjelajah dan geografer kuno sebagai Kepulauan Shetland, Islandia, Skandinavia, atau bahkan tidak ada.

Pulau hantu lainnya mungkin karena kesalahan navigasi, pecahan karang, kesalahan identifikasi pecahan es, tepian kabut, rakit batu apung dari gunung berapi bawah air[1] atau ilusi optik. Diamati di Laut Weddell pada 1823 namun tak pernah terlihat lagi, New South Greenland diyakini merupakan hasil dari bayangan udara. Bahkan, pencantuman pulau tersebut dianggap sebagai pemalsuan.[2][3]

Pulau Phelipeaux di Danau Superior tampaknya adalah duplikasi dari Pulau Royale[4] yang muncul pada peta-peta penjelajah selama beberapa tahun dan dijadikan sebagai markah tanah untuk perbatasan asli antara Amerika Serikat dari teritorial yang kemudian menjadi Kanada, yang diambil dari nama Louis Phélypeaux, seorang menteri yang memberikan dana untuk penjelajahan.

Meskipun sebagian besar pulau hantu tak pernah ada, beberapa pulau (mungkin seperti Pulau Thompson atau Bermeja) merupakan pulau sebenarnya yang kemudian hancur akibat letusan gunung berapi, gempa bumi atau longsor bawah laut, atau daratan dengan ketinggian rendah seperti tepian pasir yang tak lagi berada di atas air. Tepi Pactolus, yang dikunjungi oleh Sir Francis Drake, masuk dalam kategori tersebut.

Daftar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seton, Maria; Williams, Simon; Zahirovic, Sabin (9 April 2013). "Obituary: Sandy Island (1876 –2012)". Eos, Transactions, American Geophysical Union. 94 (15): 141–148. doi:10.1002/2013eo150001. ISSN 2324-9250. 
  2. ^ Antarctica, p. 47, Paul Simpson-Housley, 1992
  3. ^ Exploring Polar Frontiers, p. 435, William James Mills, 2003
  4. ^ Canada and its Provinces (dalam bahasa Inggris). 1914. 

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]