Danau Superior

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Danau Besar dari angkasa; Danau Superior berada di kiri atas.

Danau Superior adalah Danau Besar Amerika Utara terbesar dan merupakan danau air tawar terbesar di dunia dalam luas permukaan dengan Danau Baikal di Siberia memiliki "volume" lebih. (Laut Kaspia jauh lebih besar, tetapi berisi air asin). Danau Superior memiliki luas permukaan 82,000 km² (32.000 mil persegi), lebih besar dari Republik Ceko. Selain itu, danau ini juga memiliki panjang maksimum 350 mil (563 km) dan lebar maksimum 160 mil (257 km). Kedalaman rata-ratanya adalah 489 kaki (149 m) dengan kedalaman maksimum 1.333 kaki (406 m). Danau Superior berisi 2.935 mil kubik (12.232 km kubik) air. Garis tepian danau ini adalah 2.730 mil (4.393 km) (termasuk pulau-pulau).

Danau Superior berbatasan dengan Ontario di Kanada, dan Minnesota, Wisconsin dan Michigan di Amerika Serikat. Danau ini merupakan rute pelayaran penting untuk pengiriman bijih besi dan merupakan bagian dari Jalan Air Danau Besar (Great Lakes Waterway).

Danau Superior, dilihat dari Au Train Bay di Alger County, Michigan.

Fakta[sunting | sunting sumber]

  • Anishinaabe merupakan suku yang mendiami di wilayah sekitar Danau Besar.

Legenda[sunting | sunting sumber]

Menurut kisah, Konon jika tenggelam di Danau Superior ini maka mayat tersebut tidak akan pernah bisa ditemukan. Ini dikarenakan danau ini lebih dingin dan dalam dari danau lainnya. Tubuh akan tenggelam dan (tidak seperti laut) tidak akan pernah muncul ke permukaan lagi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]