Publius Aelius Hadrianus Afer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
P. A. Hadrianus Afer dari Promptuarii Iconum Insigniorum

Publius Aelius Hadrianus Afer adalah seorang senat Romawi abad kesatu, ia adalah ayahanda Kaisar Hadrianus.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Dia adalah salah satu keturunan dari sekelompok Colonia Italia yang menetap di Italica, di provinsi Hispania, masa depan Baetica, yang terletak di selatan Semenanjung Iberia[1][2]. Nenek moyang Hadrianus, Aelii, berasal dari Hadria di Picenium[2][3]. Italica didirikan pada 206 SM oleh gabungan veteran yang terluka atau sakit dan tentara Romawi dan sekutu Italia dari tentara Scipio Afrikanus[2]. Kemungkinan Aelius pertama yang ditempatkan di Baetica berasal dari pasukan ini, seperti Ulpius pertama, nenek moyang Trajanus[2].

Ia lahir sekitar tahun 46[4] dan dibesarkan di kota Italica[3]. Ia berasal dari keluarga Pretor yang mapan, kaya, dan aristokrat. Seorang Aelius Marullinus memasuki senat selama Perang saudara Romawi, dan Aelii juga menjadi keluarga yang dominan di Italica dan mungkin di seluruh Baetica.

Ayahandanya adalah seorang senat Romawi bernama Publius Aelius Hadrianus Marullinus. Dia adalah putra seorang bangsawan Romawi bernama Ulpia, saudara perempuan Marcus Ulpius Traianus dan bibi dari pihak ayahanda Trajanus. Oleh karena itu, Afer dan Trajanus adalah sepupu pihak ibu pertama[3][5]. Afer artinya "Afrika"[3]. Dia memiliki saudara perempuan, Aelia Hadriana, menikah dengan Sextus Curvius Tullus, putra seorang Dasumius dan saudara lelaki Dasumia, menikah dengan Sextus Curvius Tullus dan ibunda dari Sextus Curvius Lucanus, dan merupakan orang tua dari Dasumia Polla, orang tua dari Lucius Dasumius Tuscus, menikah dengan Publius Calvisius Ruso, dan Lucius Dasumius Hadrianus, menikah dengan Mindia Matidia Minor, putri Lucius Mindius, senator berpangkat konsul, dan istrinya Salonia Matidia atau Salonia Matidia Maior, keponakan dari pihak ibu Trajanus, dan memiliki seorang putra angkat, Publius Dasumius Rusticus.

Afer menikahi Domitia Paulina atau Domitia Paulina Maior, seorang wanita Romawi dari keluarga senat Hispanik terkemuka yang berasal dari Gades. Mereka memiliki anak Aelia Domitia Paulina atau Domitia Paulina Minor, lahir pada tahun 75 dan Hadrianus, lahir pada tahun 76[3][6].

Setelah mencapai pangkat praetorium pada tahun 85[7], Afer meninggal pada tahun 86, pada usia 40[4]. Putra dan putrinya ditempatkan di bawah pengawasan sepupunya Trajanus dan Publius Acilius Attianus[3][8][9].

Catatan dan referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Paul Petit, Histoire générale de l'Empire romain, tome 1 - Le Haut-Empire, Seuil, 1974, p. 165.
  2. ^ a b c d Anthony R. Birley, Hadrian: The Restless Emperor, Routledge, 1997, p. 11.
  3. ^ a b c d e f Histoire Auguste, Vie d'Hadrien, 1.
  4. ^ a b Anthony R. Birley, Hadrian, the Restless Emperor, Routledge, Londres et New York, 1997, p. 10.
  5. ^ Anthony R. Birley, Hadrian, the Restless Emperor, Routledge, Londres et New York, 1997, p. 12.
  6. ^ Anthony R. Birley, Hadrian: The Restless Emperor, Routledge, 1997, p. 9.
  7. ^ Dion Cassius, Histoire romaine, livre LXIX, 3.
  8. ^ Françoise Des Boscs-Plateaux, Un parti hispanique à Rome ?, Madrid, 2006., pp. 126, 217 et 476.
  9. ^ Ronald Syme, « Hadrian and Italica », The Journal of Roman Studies, vol. 54, 1964, p. 142.

Sumber[sunting | sunting sumber]