Salonia Matidia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Salonia Matidia

Salonia Matidia[1] (4 Juli 6823 Desember 119) adalah putri Ulpia Marciana dan keponakan Trajanus. Dia adalah ibunda Vibia Sabina dan ibu mertua Kaisar Hadrianus.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ibundanya adalah Ulpia Marciana, saudara perempuan Trajanus, dan ayahandanya adalah Gaius Salonius Matidius Patruinus, Fratres Arvales. Yang terakhir adalah pretor dan anggota perguruan tinggi keagamaan Arval Bersaudara sebelum meninggal pada tahun 78. Ia lahir pada tahun 67, atau sebelumnya, mungkin pada tanggal 4 Juli.

Dia menikah setidaknya dua kali, pertama kali dengan Lucius Mindius, senator berpangkat konsuler, dengan siapa dia memiliki seorang putri, Mindia Matidia Minor, menikah dengan Lucius Dasumius Hadrianus, orang tua angkat Publius Dasumius Rusticus, dan kedua kalinya dengan Lucius Vibius Sabinus, konsul, dan dari pernikahan inilah Vibia Sabina lahir, calon istri Hadrianus. Pernikahannya yang ketiga mungkin dengan Libo Rupilius Frugi, yang akan menjadikannya salah satu nenek buyut Marcus Aurelius.

Ketika Lucius Vibius Sabinus meninggal pada tahun 84 dan 87, Salonia Matidia bersama ibunda serta putrinya tinggal di rumah keluarga Trajanus dan istrinya, Plotina.

Ketika ibundanya Ulpia Marciana, yang meninggal antara 112 dan 114, didewakan tak lama setelah kematiannya dengan keputusan Senat, dia kemudian menerima gelar Augusta.

Ketika Trajanus meninggal pada tahun 117, Matidia dan Plotina membawa abu kaisar ke Roma[2].

Dia meninggal pada tahun 119, mungkin pada tanggal 23 Desember, pada awal pemerintahan Hadrianus, menantunya. Yang terakhir membuat orasi pemakamannya, mendewakannya dan memberinya kuil dan altar di Roma sendiri[3].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Levick, Barbara (2014). Faustina I and II: Imperial Women of the Golden Age. Oxford University Press. hlm. 161. ISBN 978-0-19-537941-9. 
  2. ^ William Smith. "Matidia". A dictionary of Greek and Roman biography and mythology. London. John Murray.
  3. ^ Samuel Ball Platner (as completed and revised by Thomas Ashby). A Topographical Dictionary of Ancient Rome, London: Oxford University Press, 1929. "Ara Matidiae" & "Templum Matidiae". Retrieved from LacusCurtius on 20 December 2008.