Provinsi Sudetenland

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Provinsi Sudetenland
Provinz Sudetenland (Jerman)
Provinsi di Austria Jerman
1918–1920
Flag of Sudetenland
Bendera[1]
Ibu kotaTroppau
Sejarah
Sejarah 
• Didirikan
29 Oktober 1918
16 Juli 1920
Didahului oleh
Digantikan oleh
Austria-Hungaria
Republik Cekoslowakia Pertama
Sekarang bagian dari Ceko

Provinsi Sudetenland (Jerman: Provinz Sudetenland) didirikan pada tanggal 29 Oktober 1918 oleh mantan anggota Dewan Kekaisaran Cisleithanian, badan legislatif yang mengatur Kekaisaran Austria-Hungaria yang sedang runtuh. Ini terdiri dari bagian Moravia, Bohemia, dan Silesia Austria yang berbahasa Jerman, dan dimaksudkan untuk menjadi bagian integral dari Republik Austria Jerman yang baru diproklamasikan.[2]

Provinsi ini awalnya didirikan oleh pemerintah sementara yang disebut "Moravia Jerman", yang dimaksudkan untuk mewakili kepentingan Jerman di Moravia. Ibukota sementara dinyatakan sebagai Troppau (Opava). Meniru pembentukan provinsi serupa di Bohemia, di mana Reichenberg (Liberec) menjadi ibu kota.

Bersama dengan berbagai bagian berbahasa Jerman lainnya, provinsi-provinsi ini pada akhirnya dimaksudkan untuk berintegrasi ke dalam Austria, berdasarkan Woodrow Wilson'' Fourteen Points, yang menekankan hak untuk menentukan hak sendiri bagi orang-orang.[2] Ini tidak akan terjadi, namun. Baik provinsi Bohemia Jerman dan Moravia Jerman diberikan kepada Republik Ceko-Slovakia yang baru diproklamasikan. Pasukan Cekoslowakia menduduki provinsi tersebut pada awal tahun 1919, dan posisi provinsi tersebut di dalam Cekoslowakia ditegaskan oleh Perjanjian Saint-Germain-en-Laye, yang ditandatangani 10 September 1919.

Pada tahun 1919, sekitar 646.800 etnis Jerman tinggal di provinsi tersebut, bersama dengan sekitar 25.000 etnis Ceko.[2]

Mayoritas etnis Jerman di seluruh Cekoslowakia, termasuk yang dulunya provinsi ini, diusir setelah Perang Dunia Kedua.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ketika Provinsi Sudetenland didirikan pada 29 Oktober 1918, warna Parlemen Frankfurt – tiga warna hitam, merah dan emas – diadopsi sebagai benderanya. Namun, pada tanggal 04 Maret 1919, para pemenang Perang Dunia Pertama menetapkan bahwa Sudetenland harus menjadi bagian dari Cekoslowakia. Karena berkabung atas hal ini, garis emas bagian bawah bendera diganti dengan garis hitam kedua.
  2. ^ a b c Prinz, Friedrich (1993). Deutsche Geschichte in Osten Europas: Böhmen und Mähren (dalam bahasa Jerman). Berlin: Wolf Jobst Siedler Verlag GmbH. hlm. 381. ISBN 3-88680-200-0. Diakses tanggal 25 Februari 2013.