Sudetenland

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tanah Sudeten (bagian berwarna merah)

Sudetenland atau Tanah Sudetia (bahasa Jerman: Sudetenland, bahasa Ceko: Sudety atau pohraniční území, bahasa Polandia Kraj Sudetów) adalah daerah yang sekarang terletak di Republik Ceko.

Daerah ini adalah tempat tinggal orang Jerman Sudeten (Sudetendeutsch) yang setelah dibubarkannya Kekaisaran Austria-Hongaria pada tahun 1918 berada di negara Cekoslovakia. Dari antara tahun 1918 - 1939, daerah ini memiliki penduduk etnik Jerman sebanyak 3,5 juta jiwa. Pada tahun 1939 daerah ini dicaplok oleh Adolf Hitler dan diintegrasikan ke dalam negara Jerman. Selang beberapa waktu kemudian, setelah Konferensi München, kembali Bohemia dan Moravia dan berarti seluruh daerah Republik Ceko sekarang dicaplok Jerman.

Setelah Perang Dunia II terjadi pengusiran massal dan, pada taraf tertentu, pembantaian terhadap orang-orang Jerman di wilayah ini, sebagai aksi balas dendam dari orang-orang Ceko, meskipun banyak di antaranya memiliki darah campuran. Warga Jerman ini sekarang tersebar di seluruh bagian Jerman modern.

Beberapa kota di Sudetenland[sunting | sunting sumber]

Nama di sebelah kiri adalah nama Jerman sedangkan di sebelah kanan adalah nama Ceko: