Provinsi Mendoza (Argentina)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mendoza
Provinsi
Bendera Mendoza
Flag
Lambang Mendoza
Coat of arms
Lokasi Mendoza di negara Argentina
Lokasi Mendoza di negara Argentina
Negara Argentina
Capital Mendoza
Departments 18
Distrik 205
Pemerintahan
 • Gubernur Celso Jaque
 • Deputies 10
 • Senators 3
Area
Peringkat ke-7
 • Total 148,827 km2 (57,462 mil²)
Populasi (2010[1])
 • Total 1,741,610 (Peringkat ke-5)
 • Kepadatan 11,7/km2 (300/sq mi)
Demonim mendozino
ISO 3166 AR-M
Situs web www.mendoza.gov.ar

Mendoza (pengucapan bahasa Spanyol: [menˈdoθa]) adalah sebuah provinsi Argentina yang memiliki luas wilayah 148.827 km² dan populasi 1.579.651 jiwa (2001). Ibu kotanya ialah Mendoza.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bukti-bukti hunian wilayah ini berasal dari masa 2000 tahun SM. Di basin Sungai Atuel, pada tahun 300 SM hidup sekelompok manusia yang hidup dengan berburu dan bercocok tanam jagung, labu dan kacang-kacangan.

Sebagian dari suku-suku ini masih ada ketika bangsa Spanyol datang, termasuk suku Puelche dan Huarpe. Para penakluk spanyol pertama datang sekitar tahun 1550 dari Wali Kerajaan Spanyol di Peru. Pada 1561, kota Mendoza didirikan.

Dengan diciptakannya Wali Kerajaan Spanyol di Río de la Plata, ke-30.000 penduduknya pun menjadi bagian dari wilayah Cuyo de Córdoba del Tucumán, tetapi pada 1813 wilayah Cuyo dipisahkan dari provinsi-provinsi yang lainnya.

José de San Martín menjadi gubernur departamento ini dan mendapatkan dukungan dari Mendoza ketika ia berangkat bersama tentaranya di Andes dari Plumerillo pada 1817 untuk menyeberangi Andes dalam suatu peperangan untuk membebaskan Chili dari "penindasan Spanyol".

Gempa bumi yang terjadi pada 1861 hampir menghancurkan kota Mendoza, yang hampir keseluruhannya kini telah dibangun kembali. Pada 1885 jalur kereta api mencapai Provinsi ini, dan memungkinkan arus transportasi yang lancar untuk mengangkut anggur dari wilayah ini ke pelabuhan Buenos Aires.

Pada 1939 Universidad Nacional de Cuyo (Universitas Nasional Cuyo), salah satu universitas terpenting di negara Argentina, didirikan.

Geografi dan iklim[sunting | sunting sumber]

Geografi provinsi ini menurun dari ketinggian 6959 m dari Gunung Aconcagua ke dataran yang hampir rata di sebelah timur. Serangkaian lembah longitudinal seperti Uspallata, memisahkan daerah Andes dari gunung-gunung yang lebih rendah Precordillera. Di sebelah timur, dataran Cuyo dilintasi oleh anak-anak sungai dari Sungai Desaguadero. Sungai-sungai penting lainnya termasuk Sungai Mendoza, Sungai Tunuyán, Sungai Diamante dan Sungai Atuel.

Seluruh provinsi ini beriklim benua, dengan matahari yang terik dan kering, musim panas yang hangat dan musim dingin yang relatif dingin. Tanah yang kering karena rendahnya curah hujan dan perbedaan temperatur yang besar antara siang dan malam memungkinkan xerophyte dan sedikit pohon saja yang tumbuh. Tingkat curah hujan tahunan antara 150 dan 350 mm, dan hujan es cukup lazim terjadi dan merupakan masalah penting bagi viticulture daerah ini. Di sekitar basin-basin banyak sungainya terdapat tanah-tanah yang subur; sungai-sungai ini lahir dari glasier di Cordillera (pegunungan).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1]