Pondok Pesantren Annur Al Huda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pondok Pesantren Annur Al Huda
Alamat
Jl Suroyudo No. 181 RT 3 RW 2 Ngawonggo, Tajinan,

,
Telepon/Faks.082131838734
Situs webhttps://www.maannuralhuda.sch.id
Informasi
JenisPondok pesantren
AfiliasiIslam
Didirikan1990
PendiriKH.M.Ridlwan Alkanma,S.Ag
PengasuhKH.M.Ridlwan Alkanma,S.Ag
Jumlah santri397
Lain-lain
SloganKombinasi salaf dan modern
AlumniIkatan Alumni Annur Al Huda IAH
Moto
MotoMencetak kader ulama' intlek ahlussunah waljamaah
Logo Resmi PP Annur Al Huda

'Pondok Pesantren Annur Al Huda' Malang adalah salah satu Pondok Pesantren Ramah Anak yang Murah dan berkualitas yang terletak di kabupaten Malang tepatnya di Desa Ngawonggo Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang, didirikan pada tahun 1990 oleh KH.M.Ridlwan Alkanma,S.Ag.

Pesantren ini menggunakan sistem kombinasi antara Salaf dan Modern sehingga selain pendidikan agama pesantren ini memiliki lembaga formal yaitu MTs Annur Al Huda dan MA Annur Al Huda yang menerapkan Kurikulum Nasional K13 dan memiliki 7 Exstrakurikuler. Santri yang mondok di PP Annur Al Huda kebanyakan dari Kabupaten Malang sendiri tapi ada juga yang berasal dari Kalimantan, Bekasi, Bali, Madura dll, Sampai saat ini [tahun 2022] santri di PP Annur Al Huda berjumlah 397 Santri.

Mulai tahun 2022 Pondok Pesantren Annur Al Huda mensosialisasikan untuk menjadi Pondok Pesantren Ramah Anak, karena akhir-akhir ini banyak Orang tua yang hawatir akan Informasi yang ada di Internet karena itu Pondok Pesanten ini mulai menerapkan SOP tentang Ramah Anak..


Selain itu juga terdapat Tahfidzul Qur'an, Madrasah Diniyah dan Taman Pendidikan Al-Quran yang menggunakan metode Yanbu'a.[1]

Sejarah Berdiri[sunting | sunting sumber]

PP Annur Al Huda didirikan pada tahun 1990 oleh KH.M.Ridlwan Alkanma,S.Ag setelah beliau boyong dari PP Annur 1 Diarsipkan 2016-11-30 di Wayback Machine. Bululawang pada tahun 1988 yang mana waktu itu di asuh oleh pendiri PP Annur yaitu KH Anwar Nur. Setelah beberapa tahun beliau mengabdikan diri di pondok sebagai Pengurus Pondok, Kepala Sekolah MTs Annur Diarsipkan 2020-02-21 di Wayback Machine. dan Kepala sekolah MA Annur Akhirnya beliau berpamitan kepada sang kiyai untuk melaksanakan sunah rosul yaitu menikah. Setelah mendapat restu dan doa dari kiyai akhirnya pada tahun 1990 Beliau mendirikan Mushola yang terletak di sebelah barat rumahnya yaitu di Desa Ngawonggo Kec. Tajinan Kab. Malang, Peletakan batu pertama mushola tersebut di hadiri oleh Ky Anwar Nur, Kyai Burhanudiin Hamid dan para guru-guru Beliau dan sama kyai Anwar Nur mushola tersebut diberi Nama Mushola Annur Al Huda.

Tahun demi tahun beliau mengajarkan ilmunya ternyata yang mengaji semakin banyak, dan melihat dari banyaknya minat Masyarakat dalam mendalami ilmu Agama akhirnya beliau mendirikan Pondok Pesantren yang di beri nama Pondok Pesantren Annur Al Huda. tahun demi tahun minat masyarakat semakin bertambah banyak, melihat antusias masyarakat tersebut akhirnya beliau mendirikan Yayasan Pendidikan Annur Al Huda yang saat ini sudah memiliki SK Kemenkumham dan menaungi tujuh lembaga pendidikan baik formal maupun non formal.

Sistem Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Setelah beberapa tahun Beliau KH.M.Ridlwan Alkanma mengajar dengan sistem klasik yaitu mengaji kitab kuning metode Sorogan akhirnya pada tahun 2000 beliau mendirikan TPQ memakai metode Qiro'ati yang sekarang berganti memakai Yanbu'a dan Madrasah Diniyah atau biasanya disebut Madin, Setiap tahun Sistem pendidikan di Pondok Pesantren Annur Al Huda semakin di perbaharui dan sa'at ini Madrasah Diniyah Annur Al Huda memiliki 6 kelas yang terdiri dari 3 kelas Madin Ula, 3 Kelas Madin Wustho dan 3 Kelas Madin Ulya yang sudah mengeluarkan lebih dari 500 lulusan.

Selain pendidikan Non Formal PP Annur Al Huda juga mendirikan Lembaga Formal Mulai dari TK sampai Madrasah Aliyah yang mana semua lembaga tersebut telah terakreditasi dan diakui oleh Pemerintah, hal ini dikarenakan pengasuh ingin menciptakan kader-kader islam penerus bangsa yang dapat bersaing di dunia usaha dan pendidikan umum seperti yang tercermin dalam Visi Misi Pondok Pesantren.

Meskipun memiliki lembaga formal pengasuh tetap mengedepankan ilmu agama karena beliau menyadari bahwa ilmu agama adalah hal yang urgen untuk di pelajari di zaman sekarang, terutama masalah Akhlaq dan Ilmu Kemasyarakatan karena dua hal tersebut adalah barometer penilaian masyarakat kelak kalau mereka pulang. karena itulah setiap Minggu Pagi diadakan Muhadoroh yang membahas dan mempraktekkan ilmu-ilmu Kemasyarakatan seperti Pidato, Qiro'ah, Sambutan, Tahlil, Sholawat dll.

Pengajian Kitab Kuning dilaksanakan setiap pagi kecuali hari Minggu yang langsung di ajar oleh Pengasuh sendiri, Setelah itu dilanjutkan dengan pendidikan formal samapai jam 01.00 dan sore Madrasah diniyah untuk tingkat Tsanawiyah dilanjutkan Malam Madrasah diniyah untuk tingkat Aliyah dan Setoran Alqur'an untuk Tingkat Tsanawiyah. dan Ilmu yang di ajarkan Mulai dari Imla', Hadist, Akhlaq, Fiqih, Nahwu, Shorof, Tafsir dengan kitab yang berbeda-beda sesuai jenjang kelasnya.

Selain mengkaji Kitab Kuning juga terdapat pula Tahfidzul Qur'an yang disediakan bagi santri-santri yang ingin menghafalkan Alqur'an, hal ini juga mendapat respon yang positif dari berbagai kalangan dengan banyaknya peminat santri yang ikut program Tahfidzul Qur'an, program ini baru berjalan 2 tahun dan di mulai dari jenjang Tsanawiyah dan kebanyakan dari mereka sudah banyak yang menghafal 3 Jus, dengan metode dan Kurikulum yang sudah tertata para santri bisa mendapatkan pelajaran umum di MTs, Kitab Kuning di Madrasah Diniyah dan Hafalan ALlqur'an.[2]

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Adapun lokasi Pondok Pesantren Annur Al Huda letak geografisnya berada di RT 04 RW 05 Ngawonggo Tajian Malang Jawa Timur, berdiri di atas areal tanah seluas 3344 M2 dengan batas sebelah utara dengan Jalan alternative yang menghubungkan antara daerah wajak dengan daerah Tlogowaru. Sebelah selatan berbatasan dengan jalan kecil yang mengubungkan antara desa Ngawonggo desa Tangkilsari

Penutup[sunting | sunting sumber]

Pondok Pesantren (Annur Al Huda) adalah lembaga pendidikan (Islam) dibawah yayasan pendidikan Annur Al Huda yang terletak di desa Ngawonggo Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang, didirikan oleh KH.M.Ridlwan Alkanma,S.Ag pada tahun 1990.

PP Annur Al Huda memakai sistem klasik yaitu Sorogan dan Modern seperti (Madrasah Diniyah). Pondok pesantren ini mengutamakan ilmu akhlaq dan Ilmu Kemasyarakatan karena kedua ilmu ini sangatlah urgen dan menjadi barometer penilaian masyarakat setelah para santri pulang ke masyarakat, selain itu juga diajarkan ilmu-ilmu yang lain seperti Tarih, Hadis, Fiqih, ilmu alat (Nahwu Shorof), Bahasa (Arab), Tafsir dll dengan kitab yang berbeda-beda sesuai jenjang kelasnya. dan juga terdapat pendidikan formal mulai tingkat TK sampai MA yang semuanya sudah terakreditasi dan diakui oleh pemerintah. Selain mengajarkan Kitab Kuning klasik, Ilmu kemasyarakatan dan ilmu umum di Pondok ini juga terdapat Tahfidzul Qur'an yang di khususkan bagi santri yang ingin menghafalkan Alqur'an.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sejarah Berdiri PP Annur Al Huda". www.annuralhuda.wordpress.com. Diakses tanggal 2016-11-29. 
  2. ^ "Kurikulum". www.annuralhuda.wordpress.com. Diakses tanggal 2016-11-29.