Pocket Gamer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pocket Gamer
Berkas:Pocket Gamer.jpg
Edisi Maret 2009 dari Your guide to... mobile games oleh Pocket Gamer
EditorDann Sullivan[1]
KategoriPermainan video
PenerbitSteel Media Ltd
DidirikanApril 2005; 19 tahun lalu (2005-04)
PerusahaanSteel Media
NegaraBritania Raya
BahasaInggris
Situs webpocketgamer.com

Pocket Gamer adalah situs web permainan video dan sebelumnya merupakan majalah cetak yang berfokus pada permainan seluler, portabel, dan perangkat genggam. Diluncurkan pada tahun 2005 oleh Steel Media Limited.

Publikasi ini mencakup berbagai format gim portabel dan seluler, termasuk iPhone, iPad, Android, Nintendo Switch, dan lainnya. Steel Media telah menciptakan banyak merek sempalan, termasuk situs PocketGamer.biz yang berhubungan dengan industri gim dan serangkaian seminar yang disebut Pocket Gamer Connects.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Diluncurkan pada bulan April 2005 dengan subjudul 'play as you go', Pocket Gamer mulai menyediakan liputan editorial profesional tentang format permainan seluler dan perangkat genggam yang mereka pandang sebagai masa depan permainan. Pada saat peluncurannya, situs ini berfokus pada ponsel (java dan brew), Nokia N-Gage, seri Game Boy dari Nintendo, serta Nintendo DS yang saat itu baru saja diluncurkan. Mereka juga menyebutkan PDA dan konsol genggam sebagai peniru Gizmondo dan Tapwave Zodiac. Sony PSP ditambahkan ke situs ini tidak lama kemudian. Ketika Apple iPhone hadir pada bulan Juni 2007, diikuti dengan peluncuran iPod Touch pada bulan September 2007 dan App Store pada bulan Juli 2008, produk tersebut semakin mendominasi isi editorial. Situs ini kemudian menambahkan Nintendo 3DS, PlayStation Vita, Android, BlackBerry, Windows Phone 7, MeeGo dan Palm ke dalam daftar format yang dibahas, meskipun belakangan ini hanya terkonsentrasi pada iOS dan Android, ditambah dengan Nintendo Switch dalam mode portabel.

Pada bulan Oktober 2007, Pocket Gamer meluncurkan majalah Pocket Gamer Guide to Mobile Games, dimana majalah ini pertama kali ditampilkan oleh T-Mobile, yang diterbitkan setiap dua bulan sekali di semua toko mereka di Britania Raya. Diperkirakan memiliki tiras 150.000 eksemplar.[2] Versi digital Pocket Gamer juga tersedia di situs web Vodafone dan 3 UK.[3] Pada bulan Mei 2008, perusahaan asal Britania Raya, Steel Media (pendiri situs web Pocket Gamer) mengumumkan bahwa mereka bermitra dengan O2 untuk memproduksi majalah Pocket Gamer Guide to Mobile Games, yang dicetak sebanyak 500.000 eksemplar dan tersedia di seluruh toko O2 di Britania Raya, sehingga menjadikan O2 sebagai perusahaan seluler ke-4 di Britania Raya yang menampilkan majalah Pocket Gamer.[3] Pada bulan Mei 2008, tiras majalah ini mencapai 700.000 eksemplar, dengan total pembaca mencapai 1,5 juta orang jika menyertakan pembaca web dan WAP, serta ulasan sindikasi ke Vodafone live! dan Samsung Fun Club.[4]

Pada bulan Mei 2008, Steel Media Ltd memperluas Pocket Gamer dengan meluncurkan sebuah situs berbasis b2b, PocketGamer.Biz[5] yang berfokus pada bisnis permainan seluler. Steel Media Ltd juga meluncurkan Indeks Kualitas[6] yang melacak skor ulasan gim seluler dan penerbit terkemuka. PocketGamer.Biz membuat laporan industri per kuartal.[7] Pocket Gamer meluncurkan Pocket Gamer Podcast setiap minggunya pada tanggal 1 Desember 2008.[8] Sepuluh tahun kemudian pada bulan Mei 2018, Steel Media Ltd memperluas jangkauan internasional PocketGamer.Biz dengan bermitra bersama Maysalward di Yordania untuk meluncurkan situs permainan seluler b2b berbahasa Arab, PocketGamer.me.[9]

Pada bulan October 2008, Pocket Gamer meluncurkan edisi asing pertamanya yang ditujukan untuk konsumen, yaitu PocketGamer.Fr,[10] yang menyediakan berita dan ulasan mengenai aplikasi seluler dan iPhone untuk pembaca berbahasa Prancis. Situs ini terus berkembang dan meluncurkan aplikasi iPhone-nya sendiri serta menyediakan konten sindikasi ke beberapa majalah pihak ketiga. Pada bulan Agustus 2010, situs ini bergabung dengan situs nomor dua di pasaran, JMobil[11] dan meluncurkan kembali dengan desain baru, fitur-fitur baru, dan cakupan platform yang lebih luas, termasuk Android.

Pada bulan Oktober 2018, Steel Media Ltd melakukan desain ulang besar-besaran terhadap Pocket Gamer dan meluncurkan tampilan baru untuk situs tersebut, penyegaran pertama dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahap ini, situs ini berubah menjadi domain .com, untuk mencerminkan daya tarik internasional dari situs yang semakin berkembang, dari sebelumnya .co.uk. Penerbitnya, Steel Media, diakuisisi oleh Enthusiast Gaming pada tahun 2019.[12]

Penulis tamu sebelumnya[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Pocket Gamer telah terdaftar sebagai salah satu dari 100 situs web teratas oleh surat kabar Guardian selama dua tahun berturut-turut (2009 dan 2010)[17] serta masuk dalam 5 Situs Web Terbaik untuk Permainan versi surat kabar The Sunday Times (2010).[18] Surat kabar asal Britania Raya, The Guardian pernah mensindikasi daftar permainan seluler yang direkomendasikan dari Pocket Gamer, terutama daftar permainan yang direkomendasikan untuk setiap bulannya.[19]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sullivan, Dann (July 2, 2019). "Editor Harry Slater departs, Dann Sullivan and Cameron Bald acquire new roles". pocketgamer.com. Diakses tanggal August 28, 2021. 
  2. ^ "UK - PocketGamer.co.uk launches mobile games guide". Telecompaper UK. 2007-10-23. 
  3. ^ a b "UK - O2 UK launches Pocket Gamer mobile games magazine". Telecompaper UK. 2008-05-22. 
  4. ^ "Pocket Gamer mobile games magazine launches with 500,000 print-run in all O2 stores". Press release. Retrieved 27 June 2010.
  5. ^ "Mobile games industry news, discussion, analysis, opinion, events, jobs, and more - Pocket Gamer.biz - PGbiz". pocketgamer.biz. 
  6. ^ "Gameloft made the best mobile games in 2008, says PocketGamer.biz analysis". MCV UK. 
  7. ^ "PocketGamer.biz Mobile Games Trends Report 2010 | Game development | Press release". www.develop-online.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-10-07. 
  8. ^ "The Pocket Gamer Podcast on Apple Podcasts". iTunes. 
  9. ^ "PocketGamer.biz expands with new Arabic-language sister-site PocketGamer.me". 
  10. ^ "Jeux portables : jeux iPhone / iPad, jeux Android, jeux PlayStation Vita et jeux Nintendo 3DS". pocketgamer.fr. 
  11. ^ "Gamasutra - Press Releases - PocketGamer.fr relaunches with JmobiL". gamasutra.com. 
  12. ^ Blake, Vikki (2019-01-23). "Enthusiast Gaming seeks to acquire B2B game network Steel Media". MCV. 
  13. ^ "XMG's Ray Sharma on why mobile is the remote control for transmedia success". pocketgamer.biz. 14 September 2011. 
  14. ^ "Papaya Mobile's Si Shen explains what you can learn about freemium whales from e - Pocket Gamer.biz - PGbiz". pocketgamer.biz. 25 October 2011. 
  15. ^ "From VDC: Exent's Rick Marazzani on why content is now important for Verizon". pocketgamer.biz. 20 September 2011. 
  16. ^ "Tak Fung on the thinking behind Supermono's ultra-neon, free-to-play, online, co - Pocket Gamer.biz - PGbiz". pocketgamer.biz. 11 October 2011. 
  17. ^ Schofield, Jack; Johnson, Bobbie; Arthur, Charles; O'Connor, Stuart; Bunz, Mercedes; Keegan, Victor (9 December 2009). "The 100 essential websites". The Guardian. London. 
  18. ^ "The Sunday Times: Pocket Gamer one of the 'best sites for gamers'". Pocket Gamer. 6 July 2010. 
  19. ^ "Guardian Unlimited: Mobile and iPhone gaming round-up". The Guardian. 2009-06-17. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]