Pitalis Mawardi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Pitalis Mawardi
Lahir10 Oktober 1984 (umur 39)
Engkadin, Ketapang

Pitalis Mawardi (lahir 10 Oktober 1984) adalah seorang akademisi, penulis, dan penggiat literasi di Kalimantan Barat.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Kehidupan awal dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Pitalis Mawardi Baging dilahirkan di dusun Engkadin, kecamatan Nanga Tayap, Kabupaten Ketapang. Ia menyelesaikan pendidikan dasar di kampung kelahirannya pada 1994, ia melanjutkan jenjang SMP pada 2000 dan jenjang SMA di Nanga Tayap pada 2003. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan tinggi S1 di STKIP-PGRI Pontianak lulus pada 2007 dan S2 Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta lulus pada 2011. Kemudian mengambil program Doktoral (S3, Ph.D)Lulus tahun 2022 di Universitas Sultan Zainal Abidin Malaysia.

Sebagai akademisi, Pitalis memiliki spesialisasi di bidang Pendidikan Geografi dan Manajemen Lingkungan Hidup. Ia dosen tetap di IKIP PGRI Pontianak sejak tahun 2009 dan mengampu mata kuliah yang menjadi spesialisasinya. Jenjang jabatan akademiknya adalah Lektor. Di dalam dan di luar kampus, ia sering memberikan pelatihan dan bimbingan, baik kepada mahasiswa, guru dan dosen, maupun cendekiawan terutama terkait dengan topik kearifan lokal, budaya, dan geografi, serta teknik penulisan karya ilmiah.

Sebagai pekerja dan pegiat literasi, Pitalis memiliki media online yaitu borneostreet.id dan badan penerbit sendiri. Dikenal dengan nama Penerbit Putra Pabayo Perkasa dan bertindak sebagai direktur penerbitan.

Sebagai penulis dan pegiat literasi, ia telah berkeliling wilayah Kalimantan Barat melakukan pelatihan penulisan karya ilmiah bagi para guru dan dosen. Tidak kurang dari 3.000 guru dan dosen telah diberinya pembekalan menulis karya ilmiah.

Ia telah menulis dan mempublikasikan 3 buku, antara lain:

  1. Karya Tulis Ilmiah: Panduan Praktis Bagi Guru (2019)
  2. Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tiandakan Sekolah dan Best Practice (2019)
  3. Nilai Kearifan Lokal Upacara Adat Naik Dango Sebagai Civic Culture Dayak Kanayant (2019)

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki
Daftar pustaka
  • Mawardi, Pitalis (2019). Nilai Kearifan Lokal Upacara Adat Naik Dango: Sebagai Civic Culture Dayak Kanayatn. Jakarta: Penerbit Lembaga Literasi Dayak. ISBN 9786237069317. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]