Pieter Bleeker

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pieter Bleeker

Pieter Bleeker (lahir di Zaanstad, Belanda, 10 Juli 1819 – meninggal di Den Haag, 24 Januari 1878 pada umur 58 tahun) adalah seorang dokter dan ahli ikan (iktiolog) yang pertama kali mempublikasi jenis-jenis ikan yang hidup di Indonesia.

Kariernya di Hindia-Belanda dimulai sebagai pegawai jawatan sanitasi dari tahun 1842 hingga 1860 di dinas ketentaraan Belanda. Di samping kesibukannya sebagai dokter, ia sekali-kali mendatangi tempat penangkapan ikan dan memerikan berbagai jenis ikan yang diperolehnya. Setelah beberapa lama, ia juga memperoleh berbagai contoh ikan yang dikirim kolega-koleganya dari berbagai pulau di Indonesia. Selama keberadaannya di Indonesia, ia telah mendeskripsi lebih dari 12.000 contoh ikan, yang banyak di antaranya masih tersimpan di Museum Sejarah Alam di Leiden, Belanda.

Sekembalinya ke Belanda pada tahun 1860, ia memulai karya monumentalnya, Atlas Ichthyologique yang mengumpulkan semua hasil kerjanya di Indonesia, dan terbit pertama kali tahun 1862. Di dalam karya ini Bleeker memuat lebih dari 1500 gambar ikan. Ia memerikan lebih dari 511 marga baru dan 1925 jenis baru.

Begitu banyak informasi dalam karya-karya Bleeker sehingga hingga kini banyak yang belum ditelaah ulang karena kurangnya perhatian orang pada keanekaragaman ikan di Asia Tenggara setelah dia.