Pertempuran Chester

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pertempuran Chester
Tanggalskt. 615/616
LokasiChester
Hasil Kemenangan Northumbria
Pihak terlibat
Northumbria Powys
Rhôs (cantref Gwynedd)
Mercia
Tokoh dan pemimpin
Æthelfrith dari Northumbria Selyf ap Cynan
Iago ap Beli
Cearl dari Mercia
Korban
Tidak diketahui Selyf ap Cynan
Iago ap Beli

Pertempuran Chester (bahasa Wales Kuno: Guaith Caer Legion; bahasa Wales: Brwydr Caer) adalah konflik yang berlangsung pada abad ke-VII di dekat kota Chester, Inggris, dan menghasilkan kemenangan besar Anglo-Saxon atas penduduk asli Briton. Æthelfrith dari Northumbria menyapu bersih kekuatan gabungan dari Kerajaan Powys, Rhos (cantref Kerajaan Gwynedd), dan mungkin Mercia. Akibatnya pemimpin Welsh Selyf ap Cynan dari Powys dan Cadwal Crysban dari Rhos tewas. Bukti menunjukkan bawah Raja Iago dari Gwynedd mungkin juga tewas.

Menurut Beda, sejumlah besar biarawan yang pergi untuk menyaksikan pertarungan dibunuh atas perintah Æthelfrith di awal pertempuran. Raja Anglo-Saxon memerintahkan pembantaian para ulama karena, meskipun mereka tidak bersenjata, mereka berdoa untuk kekalahan Northumbria.[1]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Michelle Ziegler at "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 January 2011. Diakses tanggal 18 May 2010. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sumber utama[sunting | sunting sumber]

Sumber kedua[sunting | sunting sumber]

Bacaan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

  • Koch, John T. (2006). "Bangor Is-coed (Bangor-on-Dee)". In Koch, John T. (ed.). Celtic Culture: A Historical Encyclopedia. Santa Barbara, Denver, and Oxford: ABC-CLIO. pp. 166–7.
  • Ziegler, Michelle (Autumn–Winter 1999). "The Politics of Exile in Early Northumbria". The Heroic Age. 2. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 January 2011. 

Koordinat: 53°10′3″N 2°53′8″W / 53.16750°N 2.88556°W / 53.16750; -2.88556