Pertandingan dua leg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam olahraga (khususnya sepak bola), pertandingan dua leg adalah pertandingan antara dua tim yang terdiri dari dua pertandingan atau "leg", dengan masing-masing tim sebagai tim tuan rumah dalam satu leg. Tim pemenang biasanya ditentukan oleh skor agregat, jumlah skor kedua leg. Misalnya, jika skor kedua leg adalah:

  • Leg pertama: Tim A 4–1 Tim B
  • Leg kedua: Tim B 2–1 Tim

Maka skor agregatnya adalah Tim A 5–3 Tim B, artinya tim A menang seri. Dalam beberapa kompetisi, seri dianggap seri jika masing-masing tim memenangkan satu leg, terlepas dari skor agregatnya. Pertandingan dua leg dapat digunakan di kompetisi knockout dan playoff.

Di Amerika Utara, istilah yang setara adalah seri kandang dan tandang atau, jika ditentukan berdasarkan agregat, seri total gol dua pertandingan.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Dalam sepak bola asosiasi, pertandingan dua leg digunakan pada tahap akhir banyak turnamen klub internasional, termasuk Liga Champions UEFA dan Copa Libertadores; di banyak kompetisi piala domestik, termasuk Coppa Italia dan Copa del Rey; di play-off liga domestik, termasuk Play-off Liga Sepak Bola; dan di babak playoff tim nasional di beberapa turnamen kualifikasi, termasuk Kualifikasi Piala Dunia FIFA.

Dalam hoki es, Liga Hoki Nasional menggunakan seri dua pertandingan dengan total gol di tahun-tahun awal babak playoff. Ini berlaku untuk semua babak playoff dari 1918 hingga 1926, dan babak awal hingga 1937, ketika menyelesaikan peralihan ke seri terbaik-of-n; Rendez-vous '87 (yang mempertemukan tim NHL All-Stars melawan Uni Soviet) adalah satu-satunya pertandingan dua leg akan diadakan dalam sejarah liga setelah tahun 1937. Kejuaraan Hoki Es Putra NCAA juga menggunakan format total gol dua pertandingan di sebagian besar sejarahnya.

Di rugby union, pertandingan dua leg digunakan dalam tahap kualifikasi Rugby World Cup. Semifinal National Championship of Excellence Italia juga berlangsung dalam dua leg, begitu pula semifinal dan final liga kasta kedua Inggris, RFU Championship.

Dalam bola basket, dua kompetisi klub top Eropa, Euroleague dan Eurocup, keduanya menggunakan pertandingan dua leg di babak kualifikasi yang menentukan klub yang melaju ke fase grup masing-masing kompetisi. Eurocup juga menggunakan pertandingan dua leg di babak perempat finalnya, yang akan menjadi fase terpisah dari kompetisi yang dimulai pada 2009–2010. Liga Prancis Pro A menggunakan pertandingan dua leg di semua babak playoffnya, kecuali untuk final satu kali, hingga musim 2006-07. Pada saat itu, semua babak playoff menjelang final, yang hanya merupakan satu pertandingan hingga 2011-12, diubah menjadi seri terbaik dari tiga. Final berubah menjadi best-of-five mulai tahun 2012-13.

Musim lainnya, Sepak bola Gaelik, final dua leg digunakan selama lima musim Liga Sepak Bola Nasional, yang terakhir di 1988–1989. Seri Peraturan Internasional juga diadakan dalam dua leg pada tahun 1998–2013 dan mulai tahun 2017 dan seterusnya.

Di Sepak bola Kanada, seri poin total dua leg kadang-kadang digunakan oleh Liga Sepak Bola Kanada dan liga pendahulunya di postseason, terbaru di playoff 1986.

Tiebreak[sunting | sunting sumber]

Jika skor agregat imbang setelah kedua leg, berbagai cara dapat digunakan untuk memutuskan hubungan. Berdasarkan aturan gol tandang, tim yang mencetak lebih banyak gol tandang akan maju. Jika gol tandang sama, atau tidak diperhitungkan, maka hasil seri dapat ditentukan melalui perpanjangan waktu dan/atau adu penalti. Replay, di venue leg kedua atau di tempat netral, sebelumnya digunakan di kompetisi klub Eropa.[1] Di Liguilla (playoff) Divisi Primera Meksiko, tim dengan rekor musim reguler yang lebih baik akan maju; beberapa liga memperhitungkan rekor kedua tim melawan satu sama lain. Dalam babak playoff promosi di Serie B Italia (yang belum tentu terjadi pada musim tertentu), pertandingan dua leg yang agregatnya imbang pada akhir waktu regulasi leg kedua akan dilanjutkan ke perpanjangan waktu (gol tandang tidak digunakan); jika hasil imbang tetap imbang setelah perpanjangan waktu, tim yang finis lebih tinggi di tabel liga akan maju.

Keuntungan kandang leg kedua[sunting | sunting sumber]

Setiap tim menyelenggarakan satu pertandingan, dan tidak ada keuntungan yang diharapkan apakah suatu tim bermain di kandang pertama atau kedua. Namun, banyak manajer dan pemain yang percaya bahwa tim yang bermain di kandang sendiri pada leg kedua memiliki sedikit keuntungan. Pemikirannya adalah tim yang bermain tandang pada leg pertama dapat bermain aman di sana (hasil imbang atau bahkan sedikit kekalahan dianggap sebagai hasil yang menguntungkan), dan kemudian "memenangkan" pertandingan kandang pada leg kedua (bahkan aturan gol tandang). Selain itu, menjadi tuan rumah pertandingan kedua juga memberikan keuntungan karena tim tuan rumah dapat memainkan perpanjangan waktu atau adu penalti di stadion kandang mereka jika diperlukan tiebreak.[2]

Analisis statistik terhadap sekitar 12.000 pertandingan kompetisi klub Eropa antara tahun 1956 dan 2007 menunjukkan bahwa sekitar 53% tim yang bermain di kandang sendiri pada leg kedua memenangkan pertandingan tersebut (bahkan setelah memperhitungkan fakta bahwa tim yang bermain di kandang sendiri pada leg kedua cenderung menjadi tim yang lebih baik).[3][4]

Dalam kasus playoff antarbenua Piala Dunia, tim yang memainkan leg kedua di kandang telah memenangkan 61% pertandingan.[5]

Dalam banyak kompetisi di mana pertandingan dua leg melibatkan tim yang diunggulkan dan tidak diunggulkan, tim yang diunggulkan diberi keuntungan sebagai tuan rumah di leg kedua. Misalnya saja pada babak 16 besar Liga Champions UEFA, pemenang grup memainkan leg kedua di kandang melawan runner-up grup. Dalam play-off babak gugur Liga Eropa UEFA dan Liga Konferensi Eropa UEFA, runner-up grup memainkan leg kedua di kandang melawan tim peringkat ketiga kompetisi yang lebih tinggi dari babak grup sementara di babak 16 besar, pemenang grup memainkan leg kedua di kandang melawan pemenang playoff babak gugur ini.

Hingga edisi 2016 dari Copa do Brasil, dalam dua babak pertama yang dimainkan sebagai pertandingan dua leg, jika tim tandang memenangkan leg pertama dengan dua gol atau lebih, mereka akan langsung melaju ke babak berikutnya tanpa perlu memainkan leg kedua yang akan mereka mainkan di kandang. Namun, leg kedua tetap harus dimainkan jika tim tuan rumah memenangkan leg pertama dengan selisih dua gol atau lebih.

Alternatif[sunting | sunting sumber]

Dalam kompetisi sistem gugur, alternatif dari pertandingan dua leg meliputi:

  • ikatan satu leg,
    • baik di mana satu tim memiliki keunggulan sebagai tuan rumah, seperti di semua putaran Piala FA kecuali semi-final dan final. Ketika replay diperlukan, itu mungkin dimainkan di kandang tim lawan. Pertandingan dua leg dipandang lebih adil, karena tidak memberikan satu pun tim keunggulan sebagai tuan rumah; sebaliknya, di National Football League, keunggulan tuan rumah adalah hadiah karena menjadi unggulan yang lebih baik atau, di pembukaan babak wildcard, memenangkan divisi.
    • atau dimainkan di tempat netral, seperti pada pertandingan final banyak turnamen, termasuk Final Liga Champions UEFA, Semi-final Piala FA dan Final, dan Super Bowl NFL. Tempat netral mungkin tidak nyaman untuk dikunjungi oleh penggemar tim, dan karena hal ini serta harga yang jauh lebih tinggi untuk acara tenda tersebut, kejuaraan di tempat netral sering kali menarik penonton dengan sifat yang jauh berbeda dari penonton di kontes musim reguler. Jika venue dipilih sebelum tim yang bermain diketahui, tim yang biasanya bermain di venue netral dapat mencapai pertandingan: contohnya adalah Final Piala Champions Eropa 1984 di mana Liverpool F.C. bermain A.S. Roma di Stadio Olimpico, kandang Roma (meskipun demikian, Roma telah diundi sebagai tim tandang teknis untuk pertandingan ini).
  • seri terbaik-n, di mana tim yang memenangkan lebih banyak pertandingan akan memenangkan seri tersebut. Hal ini biasa terjadi di liga olahraga utama Kanada dan Amerika; permainan tidak dapat diundi dan seri biasanya yang terbaik dari 3, 5 atau 7, meskipun seri 9 permainan terkadang digunakan. Seri seperti itu biasanya disusun dengan venue kandang bergantian sehingga tim dengan peringkat lebih tinggi mendapatkan permainan ekstra (jika perlu).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ross, James M. (27 Juni 2007). "Inter-Cities Fairs Cup 1960-1961". RSSSF. Diakses tanggal 26 Maret 2009. 
  2. ^ Atkins, Christopher. "How Much Does Home-Field Advantage Matter in Soccer?". Bleacher Report (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 15 Agustus 2023. 
  3. ^ "The second leg home advantage: Evidence from European football cup competitions". 
  4. ^ Page, Lionel; Page, Katie (Desember 2007). "The second leg home advantage: evidence from European football cup competitions". Journal of Sports Sciences. 25 (14): 1547–1556. doi:10.1080/02640410701275219. ISSN 0264-0414. PMID 17852662. 
  5. ^ "Second Leg Home Advantage In World Cup Intercontinental Playoffs". Bitedge (dalam bahasa Inggris). 9 September 2017. Diakses tanggal 10 September 2017.