Copa do Brasil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Copa do Brasil
Copa Kia do Brasil.png
Logo resmi Copa do Brasil saat ini, digunakan sejak 2009
Dibentuk 1989
Wilayah  Brasil
Jumlah tim 64
Juara bertahan Palmeiras (2012, Gelar ke-2)
Klub tersukses Grêmio
Cruzeiro
(masing-masing 4 gelar)
Stasiun televisi penyiar Rede Globo
ESPN Brasil
SporTV
Rede Bandeirantes
Fox Sports
Situs web www.copakiadobrasil.com.br

Copa do Brasil (bahasa Indonesia: Piala Brasil) adalah kompetisi sepak bola sistem gugur yang dimainkan oleh 64 tim yang mewakili semua 26 negara bagian Brasil ditambah 1 Distrik Federal. Kompetisi ini sekarang disponsori oleh Kia Motors dan oleh karena itu secara resmi dikenal sebagai Copa Kia do Brasil.

Format[sunting | sunting sumber]

Turnamen ini dimainkan dalam dua leg babak sistem gugur. Dalam dua putaran pertama, tim tamu otomatis melaju ke babak berikutnya jika mereka mengalahkan tim tuan rumah dengan selisih 2 gol atau lebih di leg pertama.

Aturan gol tandang digunakan dalam Copa do Brasil, yang merupakan fitur yang tidak biasa bila dibandingkan dengan kompetisi di Amerika Selatan lainnya. Misalnya, Copa Libertadores tidak mengadopsi aturan ini sampai tahun 2005.

Copa do Brasil adalah kesempatan bagi tim dari negara-negara bagian yang lebih kecil untuk bermain melawan tim-tim besar dan episode tumbangnya tim-tim besar oleh tim guram telah menjadi hal biasa sepanjang sejarah kompetisi ini.

Fakta yang tidak biasa tentang kompetisi ini adalah bahwa tidak mungkin bagi sebuah tim untuk menjadi juara dua kali berturut-turut, sebagai juara bertahan mereka akan bermain di Copa Libertadores tahun depan, membuat mustahil bagi tim untuk bermain di Copa Libertadores dan Copa do Brasil pada tahun yang sama karena jadwal yang padat.

Tim yang memenuhi syarat[sunting | sunting sumber]

Tim memenuhi syarat untuk berkompetisi di Copa do Brasil pada tahun 2009 adalah sepuluh klub tempat terbaik pada peringkat CBF, dan 54 klub posisi terbaik di kejuaraan negara bagian, di mana jumlah kuota klub peserta per negara bagian adalah antara satu sampai tiga klub.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]