Persikas Subang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Persikas Kabupaten Subang

[[Ber

kas:Lambang Kabupaten Subang.jpeg|120px|Lambang Kabupaten Subang]]
Nama lengkap Persatuan Sepak Bola
Indonesia Kabupaten Subang
Julukan Singa Subang
Stadion Stadion Persikas Subang
Jawa Barat, Indonesia
(Kapasitas: 5.000)
Ketua Bendera Indonesia Ahmad Buhori, SPd., M.Si
Manajer Bendera Indonesia H Oom Abdurohman, SH. MH
Pelatih Bendera Indonesia Mustika Hadi
Liga Liga Nusantara
Posisi Divisi Tiga 2013 -
Kelompok suporter Super Sub
Kostum kandang
Kostum tandang

Persatuan Sepak Bola Indonesia Kabupaten Subang atau sering disingkat menjadi Persikas Subang adalah salah satu tim sepak bola Indonesia yang yang bermarkas di Stadion Persikas Subang di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Selama ini Persikas lebih sering bermain di Divisi Dua dan Divisi Tiga. Hal ini terjadi karena kurangnya dukungan dari pemerintah untuk mengembangkan dan memajukan prestasi Persikas di kancah sepak bola Jawa Barat, sehingga prestasi Persikas tidak mencolok.

Saat ini, Persikas Subang seperti mati suri karena sudah lama tidak mengikuti kompetisi nasional dengan alasan biaya, sehingga Persikas subang hanya mampu mengirimkan tim di tingkat junior untuk diproyeksikan pada tim-tim yang lebih tinggi levelnya, mengingat prestasi para pemain muda Subang yang sangat baik ditingkat junior.

Stadion[sunting | sunting sumber]

Stadion Persikas Lama

Stadion Persikas adalah kandang dari Persikas Subang, yang memiliki kapasitas 5.000 penonton. Stadion ini terletak di pusat Kota Subang. Stadion ini menjadi stadion pertama yang memiliki nama yang sama dengan tim yang menempatinya.

Hal ini tidak lepas dari sejarah, di mana pada saat itu Persikas dalam masa kejayaanya dikancah sepak bola Jawa Barat. Oleh karena itu, dipergunakan nama Stadion Persikas oleh para pengurus tim sebagai bentuk kecintaan dan apresiasi masyarakat Kabupaten Subang pada tim ini, agar nama Persikas dapat terus terdengar dan tidak terlupa di masa yang akan datang.

Hingga saat ini, Persikas masih menggunakan Stadion Persikas untuk memainkan pertandingan kandangnya. Stadion ini juga sering dipakai sebagai training center beberapa tim lainnya di Jawa Barat, seperti Persib Bandung, Persikab Kabupaten Bandung, dan Bandung FC dalam masa pemusatan latihan sebelum memulai kompetisi.

Saat ini Persikas Subang sedang membangun stadion baru yang lebih modern untuk menggantikan Stadion lama yang sudah tua. Stadion baru tersebut dibangun dilokasi yang sama dengan stadion lama, dengan kapasitas 25.000 stadion baru nantinya akan dilengkapi lampu stadion, tribun dan fasilitas penunjang lainnya. Stadion baru nanti akan digunakan Persikas Subang sebagai Tuan Rumah dalam mengikuti kompetisi Liga Nusantara yang akan dilaksanakan oleh PSSI.

Prestasi[sunting | sunting sumber]

  • Jawa Barat
  • Senior
    • Juara Piala Djarum Super Jabar tahun 1989
  • Junior
    • Juara 2 U-17 Jawa Barat 1992 - Suratin Cup
    • Juara 3 U-15 Jawa Barat 2008 - Haornas Cup
    • Juara 2 U-15 Jawa Barat 2009 - Haornas Cup
    • Juara 2 U-15 Jawa Barat 2011 - Haornas Cup

Pemain[sunting | sunting sumber]

Pemain Terkemuka[sunting | sunting sumber]

Sejak bermain di kompetisi nasional, Persikas Subang telah memiliki sejumlah pemain muda yang berprestasi yang bermain untuk persikas dan klub besar Indonesia. Mereka di antaranya:

Pendukung[sunting | sunting sumber]

Persikas Subang memiliki kelompok suporter fanatik yang tersebar diseluruh wilayah Kabupaten Subang, mengingat catatan historis sebagai klub satu-satunya dan kebanggaan dari masyarakat Kabupaten Subang sehingga setiap Persikas bertanding Stadion selalu dipadati para suporter persikas baik tua, muda, perempuan hingga anak kecil semua menjadi satu. Penggemar Persikas menamakan diri sebagai Super Sub (Suporter Subang Bersatu). Dimana Super Sub dapat menyatuakan seluruh masyarakat Kabupaten Subang menjadi satu tanpa ada perpecahan dalam mendukung tim kesayangannya (Persikas).

Rivalitas[sunting | sunting sumber]

Derby W-IV atau Derby Wilayah IV adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan Rivalitas antara Persipo Purwakarta, Persikas Subang, Persika Karawang, Persikasi Bekasi dan Persipasi Bekasi. Nama ini diambil dari sejarah yang menghubungkan empat kota yang pada zaman dulu bersatu.

Secara historis dahulu kala Subang merupakan wilayah dari Karawang, karena pada saat itu Karawang meliputi Purwakarta, Subang dan Bekasi. sehingga apabila tim dari masing-masing kota bertemu selalu menimbulkan tensi yang tinggi dalam pertandingannya, karena hubungan historis yang sangat erat baik dari segi kultur maupun budaya.

Pertandingan Derby ini selalu terjadi di level bawah persepakbolaan Indonesia tepatnya di Divisi Dua dan Divisi Tiga, seperti Persikas vs Persipo, Persikas vs Persika dan Persikas vs Persikasi dan Persipasi atau pertandingan yang mempertemukan tim lainnya.

Semua pertandingan yang mempertemukan tim dari Wilayah IV sangat menarik animo penonton untuk datang ke stadion karena pertandingan Derby ini berjalan dengan tensi dan gengsi yang tinggi sehingga pertandingan Derby ini kadang berujung pada keributan pemain, ofisial, dan penonton.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]