Persesa Sampang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Persesa Sampang
Logo Persesa Sampang
Nama lengkapPersatuan Sepakbola Sampang
JulukanLaskar Trunojoyo
StadionStadion Wijaya Kusuma
Sampang, Madura
(Kapasitas: ±15000)
PemilikIndonesia Heriyadi HB
Ketua UmumIndonesia H. Abdullah Hidayat S.E
ManajerIndonesia Moh. Rizki Faruk
PelatihIndonesia David Agus Prianto, S.pd M.pd
LigaLiga 3 Jawa Timur
Kostum kandang
Kostum tandang

Persesa Sampang. adalah Persatuan Sepakbola Sampang disingkat Persesa adalah sebuah klub Sepak Bola Amatir di Indonesia yang berbasis di Sampang, Jawa Timur. Yang sekarang bermain di Liga 3 Jawa Timur. Julukan Persesa Sampang adalah Laskar Trunojoyo.

Persesa Sampang menggunakan Stadion Wijaya Kusuma sebagai markas kebanggaan Persesa (Persatuan Sepakbola Sampang). Trunojoyo Mania Sebagai Supporter Andalan Persesa Sampang resmi dilaunching oleh manajemen.

Julukan[sunting | sunting sumber]

Sejarah dibalik nama julukan dari Persesa Sampang, adalah

Laskar Trunojoyo

Trunojoyo adalah seorang bangsawan Madura yang pernah melakukan pemberontakan terhadap pemerintahan Amangkurat I dan Amangkurat II dari Mataram. Pasukannya yang bermarkas di Kediri pernah menyerang dan berhasil menjarah keraton Mataram tahun 1677, yang mengakibatkan Amangkurat I melarikan diri dan meninggal dalam pelariannya. Trunojoyo akhirnya berhasil dikalahkan Mataram dengan bantuan dari VOC pada penghujung tahun 1679.

Prestasi[sunting | sunting sumber]

  • Runner Up Grup G Divisi III Nasional 2008.
  • Juara Grup E divisi II Nasional 2012.
  • Runner Up grup H Divisi II Nasional 2013.
  • Juara Grup P Divisi II Masuk 12 Besar dan Berhak Lolos ke Divisi I Liga Amatir Nasional BLAI 2013.
  • Juara 3 Piala Soeratin Zona Jawa Timur 2016.

Supporter[sunting | sunting sumber]

  • Trunojoyo Mania (TRUMAN) Sampang adalah Supporters asli dari Klub Sepak bola Persesa Sampang yang saat ini berlaga di Divisi 1 BLAI. Embrio Trunojoyo Mania ada sejak tahun 2004. Namun; Trunojoyo Mania Sampang resmi dilaunching oleh Managemen Persesa Sampang tanggal 26 Oktober 2013 di MFC (Menara Fried Chicken Sampang) JL Jamaluddin Sampang. Sebenarnya Trunojoyo Mania sudah terbentuk sudah lama namun tidak terorganisir dengan baik. Saat ini Trunojoyo Mania Sampang tetap berkomitmen untuk tetap mendukung Persesa Sampang sebagai klub lokal dan mendukung Klub Seluruh Madura sebagai bentuk solidaritas. Pembina Trunojoyo Mania saat ini adalah Bapak Hernandi Kusumahadi, Mutamtamur Rizki, Muhammad Faruk dan Ketua Trunojoyo Mania adalah Husaini.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]