Penyerangan di Krojanty

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pertempuran Krojanty
Bagian dari Invasi Polandia (1939)
Tanggal1 September 1939
Lokasididekat Krojanty, Provinsi Pomorskie, Polandia
53°43′32″N 17°37′55″E / 53.72556°N 17.63194°E / 53.72556; 17.63194Koordinat: 53°43′32″N 17°37′55″E / 53.72556°N 17.63194°E / 53.72556; 17.63194
Hasil Kemenangan Jerman
Pihak terlibat
Jerman Nazi Jerman Nazi Polandia Polandia
Tokoh dan pemimpin
Jerman Nazi Hans Gollnick
Jerman Nazi Mauritz von Wiktorin
Templat:Country data Polandua Kazimierz Mastalerz 
Kekuatan
~800
Resimen Infanteri ke-76
Kendaraan pengintai lapis baja
30 senjata
~250
Uhlans Pomeranian ke-18
skuadron ke-1 & ke-2,
peleton 1 dari skuadron ke-3 dan ke-4.
Korban
11 tewas
9 terluka
19—25 tewas
40–50 terluka

Penyerangan di Krojanty, Pertempuran Krojanty,[1] Menunggang Kuda di Krojanty atau Pertempuran kecil di Krojanty[2] adalah serangan kavaleri yang terjadi selama invasi Polandia dalam Perang Dunia Kedua. Hal ini berlangsung pada malam tanggal 1 September 1939, dekat Pomeranian desa Krojanty. Tentara Polandia maju ke timur di sepanjang bekas jalur kereta api Prusia Timur ke persimpangan jalur kereta api tepatnya 7 kilometer dari kota Chojnice (Konitz) di mana unsur-unsur dari kavaleri Polandia menyerang dan membubarkan batalion infanteri Jerman. senjata api dari mobil lapis baja Jerman yang muncul dari hutan terdekat memaksa tentara Polandia untuk mundur. Namun, serangan itu berhasil tertunda pergerakan Jerman, yang memungkinkan batalion senapan Polandia Pertama dan Grup Operasi Czersk untuk mundur dengan aman.

Peristiwa ini terjadi pada hari pertama perang, yang merupakan salah satu pertempuran pertama, dan bagian dari Pertempuran Hutan Tuchola. Insiden tersebut menjadi terkenal setelah wartawan mengunjungi daerah itu segera setelah melihat mayat kuda-kuda dan pasukan kavaleri yang menyebabkan laporan palsu dari kavaleri Polandia yang menyerang tank-tank jerman. Propaganda[3] Nazi mengambil keuntungan dari hal ini, menunjukkan bahwa Polandia menyerang dengan sengaja, dan percaya bahwa Jerman masih memiliki tank palsu yang telah diizinkan dalam Perjanjian Versailles. Peristiwa kavaleri Polandia yang menewaskan Panser dengan tombak telah menjadi mitos modern.[4]

Sebelum Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Unit Poland iyang terlibat dalam pertempuran dari pukul 05:00 terhadap unsur-unsur dari jerman Resimen Infanteri Jermanke-76 (Kolonel Hans Gollnick) dari Divisi Bermotor Jerman ke-20 di bawah Letnan Jenderal Mauritz von Wiktorin, yang beroperasi di sebelah kiri (utara) sayap Korps Panzer ke-XIX di bawah Jenderal Heinz Guderian. Pada pagi hari, kavaleri Polandia telah mencegat pergerakan infanteri Jerman menuju Kota Merdeka Danzig (Gdańsk) dan memperlambat pergerakan mereka.

Pada 08:00, Jerman menerobos unit Penjaga Perbatasan Polandia di selatan dari kavaleri polandia, yang memaksa unit polandia di daerah untuk mulai mundur ke arah garis pertahanan sekunder di sungai Brda (Brahe). 18 Resimen Uhlan Pomeranian ke-18 (18. Pułk Ułanów Pomorskich) diperintahkan untuk melindungi proses mundurnya pasukan.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Uhlans Pomeranian ke-18 melihat sekelompok infanteri Jerman beristirahat di tempat terbuka di Hutan Tuchola dekat persimpangan rel kereta api jalur Chojnice – Runowo Pomorskie.

Kolonel Kazimierz Mastalerz memutuskan untuk mengejutkan musuh dan memerintahkan Eugeniusz Świeściak, komandan dari skuadron 1, untuk melakukan serangan kavaleri pada jam 19:00, memimpin sekitar dua skuadron, sekitar 250 orang. Sebagian besar dari dua skuadron lain, dan mereka tanket TKS/TK3, ditahan kembali sebagai cadangan.

Tuduhan itu berhasil: unit infanteri Jerman itu tersebar, dan Polandia yang menduduki area terbuka. Namun, kendaraan pengintai lapis baja Jerman muncul dari jalan hutan, mungkin bagian dari Aufklärungs-Abteilung 20, dan segera unit Polandia yang berada di bawah senapan mesin api berat, mungkin dari Leichter Panzerspähwagen dilengkapi dengan MG 34, atau Schwerer Panzerspähwagen dilengkapi juga dengan senjata 20 mm. Pasukan Polandia benar-benar tak terlindungi dan mulai berlari untuk mencari perlindungan di dekat bukit.[2]

Komandan Świeściak dibunuh, seperti Mastalerz, yang mencoba untuk menyelamatkan dia. Sekitar sepertiga pasukan Polandia mati atau terluka. Di sisi lain, pergerakan Jerman cukup lama terhenti dan memungkinkan penarikan batalyon senapan Polandia ke-1 dan batalyon pertahanan nasional Czersk dari pertempuran dekat pertempuran Chojnice.

Pasukan Kavaleri Polandia membuat kagum Jerman dan menyebabkan terhambatnya serangan Divisi Infanteri Bermotor Jerman ke-20 yang dianggap mundur secara taktis. Namun hal ini dapat dicegah secara pribadi atas intervensi dari Jenderal Guderian, yang dalam memoarnya ia menyatakan bahwa ia menemui stafnya "memakai helm, menyiapkan senjata anti-tank untuk kemungkinan serangan kavaleri Polandia,"[5] dan bahwa "kepanikan hari pertama perang dapat diatasi dengan cepat".[5]

Akibat dan mitos[sunting | sunting sumber]

Uhlan Polandia dengan wz. 35 senjata anti-tank. Instruksi Militer diterbitkan di Warsawa pada tahun 1938.

Pasukan kavaleri Polandia menghentikan pengejaran Jerman saat itu, dan unit Grup Operasi Czersk mampu mundur ke arah selatan tanpa perlawanan. Juga, butuh beberapa jam bagi Jerman untuk membenahi dan melanjutkan pergerakan. Pada tanggal 2 September, 1939, Resimen Uhlans Pomeranian ke-18 yang pimpin oleh oleh Gen. Stanisław Grzmot-Skotnicki, komandan Kelompok Operasi, mendapatkan medali Virtuti Militari untuk keberanian yang ditunjukkan dalam pertempuran.

Pada hari yang sama, koresponden perang Jerman dibawa ke medan perang, bersama dengan dua wartawan dari Italia. Mereka menunjukkan mayat-mayat dari pasukan kavaleri Polandia dan kuda-kuda mereka serta tank-tank Jerman yang telah tiba di tempat setelah pertempuran. Salah satu wartawan Italia, Indro Montanelli, mengirim sebuah artikel, di mana ia menggambarkan keberanian dan kepahlawanan tentara Polandia, yang menyerang tank Jerman dengan pedang dan tombak. Meskipun tuduhan tersebut tidak terjadi, dan tidak ada tank yang digunakan selama pertempuran, mitos tersebut yang digunakan oleh propaganda Jerman selama perang. Propaganda jerman dalam majalah Die Wehrmacht yang dilaporkan pada tanggal 13 September bahwa Polandia terlalu meremehkan senjata Jerman, karena propaganda Polandia telah menyarankan bahwa kendaraan lapis baja Jerman yang hanya ditutupi dengan lembaran logam, yang menunjukkan serangan yang tidak masuk akal. Setelah akhir Perang Dunia II, hal ini masih digunakan oleh propaganda Soviet sebagai contoh kebodohan komandan Polandia sebelum perang, yang diduga tidak mempersiapkan negara mereka untuk berperang dan malah membuang darah tentara mereka dengan sia-sia. Hingga akhir 1990-an, mitos ini masih diajarkan di kelas sejarah sekolah tinggi dan perguruan tinggi di Amerika dan Inggris .

Pernyataan George Parada: [6]

Bertentangan dengan propaganda Jerman, Brigade kavaleri Polandia tidak pernah menyerang tank Jerman dengan sabel atau ganjur seperti mereka dipersenjatai dengan sejata anti-tank seperti Bofors 37 mm wz.36 (diexpor ke Britania seperti Amunisi Q.F. 37 mm Mk I) senjata anti tank, yang bisa berpenetrasi 26 mm dari lapis baja pada 600 m di 30 degrees. Brigade kavaleri yang diproses menjadi brigade bermotor.

Tentara Polandia juga memiliki senapan anti-tank model 1935 (Wz. 35 anti-tank rifle). Yang memiliki kaliber 7.92 mm dan itu bisa menembus kendaraan lapis baja sekitar 15 mm di 300 m pada 30 derajat. Pada tahun 1939, Jerman yang dilengkapi terutama dengan model Panzer I dan Panzer II, yang rentan terhadap senjata tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Translation of Polish term bitwa pod Krojantami as used in Getter, Marek; Tokarz, Adam (1970), Wrzesień 1939 w książce, prasie i filmie : poradnik bibliograficzny [September 1939 in book, press and film: a bibliographic guide] (dalam bahasa Polski), Stowarzyszenie Bibliotekarzy Polskich, hlm. 101ff. 
  2. ^ a b Zaloga 1982.
  3. ^ "Nationalsozialistische Jungenblätter" [National Socialist Young leaves], Der Pimpf (magazine), Hitler Youth, Cover, October 1939, diarsipkan dari versi asli (JPEG) tanggal May 16, 2006 .
  4. ^ Zaloga, Steven J (2002), Poland 1939 — The birth of Blitzkrieg, Oxford: Osprey Publishing, If a single image dominates the popular perception of the Polish campaign of 1939, it is the scene of Polish cavalry bravely charging the Panzers with their lances. Like many other details of the campaign, it is a myth that was created by German wartime propaganda and perpetuated by sloppy scholarship. Yet such myths have also been embraced by the Poles themselves as symbols of their wartime gallantry, achieving a cultural resonance in spite of their variance with the historical record. .
  5. ^ a b Guderian 1951.
  6. ^ Parada, George, Invasion of Poland (Fall Weiss), Achtungpanzer .

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Piekalkiewicz, Janusz (1997), Polenfeldzug – Hitler und Stalin zerschlagen die Polnische Republik (dalam bahasa Jerman), Augsburg  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)

.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]