Penyepuhan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Patung sepuhan dari Vajrasatwa Tibetan

Penyepuhan adalah teknik untuk menempelkan kertas emas atau kertas perak yang sangat tipis pada sebuah benda atau obyek. Cara melakukan teknik ini adalah dengan menempelkan kertas emas atau kertas perak dan pada obyek umum yang sering dijumpai, yaitu bingkai foto, ukiran kayu, patung, dan beberapa obyek lainnya.

Penempelan kertas emas tersebut dilakukan dengan teknik pengeleman, dan lem yang digunakan adalah lem khusus yang berbahan dasar air. Lem khusus ini setelah kering mempunyai sifat lengket seperti stiker dan sifat lengketnya akan bertahan lama, sehingga pemasangan atau penempelan kertas emas / perak dapat dilakukan kapan saja setelah permukaan lem kering, tetapi perlu diperhatikan bahwa permukaan lem yg sudah kering tersebut tidak boleh terkena debu atau terpegang tangan, agar daya lekatnya tidak hilang.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Shretha, Sukra Sagar. "Gold Gilding (A Traditional Craft in Kathmandu Valley)." Ancient Nepal - Journal of the Department of Archeology, Number 128–129, February–May 1992, pp. 5–9. [A detailed account of the complex traditional techniques of fire-gilding in Nepal.]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]