Penutupan pemerintahan di Amerika Serikat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Surat dari Presiden Obama kepada karyawan pemerintah AS yang terkena dampak penutupan tahun 2013

Dalam politik Amerika Serikat, penutupan pemerintahan (bahasa Inggris: government shutdown) adalah situasi ketika Kongres gagal menyepakati anggaran yang diperlukan untuk operasi pemerintahan. Biasanya pemerintah berhenti menyediakan semua layanan selain yang "penting" saja, namun karena Kongres harus mengesahkan semua pengeluaran pemerintah, tidak ada hukum yang melindungi layanan pemerintah apapun dari penutupan. Layanan federal boleh diteruskan untuk sementara setelah penutupan, termasuk National Weather Service dan lembaga induknya, layanan kesehatan di fasilitas federal, angkatan bersenjata, pengawasan lalu lintas udara (ATC), dan sistem penjara.

Pada era pemerintahan Ford dan Carter, terjadi penutupan pemerintahan secara parsial sebanyak 6 kali yang hanya memengaruhi Departemen Tenaga Kerja dan Kesehatan, Pendidikan, dan Kesejahteraan. Penutupan parsial ini berlangsung mulai 8 sampai 18 hari dan masalah utamanya adalah anggaran federal untuk aborsi. Pada era pemerintahan Reagan, terjadi 8 penutupan pemerintahan secara penuh yang berlangsung selama 1 sampai 3 hari dan masalah utamanya adalah defisit anggaran Amerika Serikat. Ada pula penutupan selama 4 hari pada masa pemerintahan pertama Bush.

Pada masa pemerintahan Clinton, setelah kubu konservatif menang besar di Kongres dalam Revolusi Republik 1994, terjadi dua penutupan pemerintahan secara penuh selama 5 dan 21 hari. Penutupan yang terakhir adalah yang terlama sepanjang sejarah. Lagi-lagi masalah utamanya adalah defisit anggaran Amerika Serikat.

Penutupan pemerintahan federal Amerika Serikat 2013 sudah berlangsung sejak 1 Oktober 2013. Masalah utama antara DPR yang dikuasai Partai Republik dan Senat yang dikuasai Partai Demokrat (didukung Presiden Obama) adalah keinginan Republik untuk menunda penerapan Affordable Care Act yang disahkan tahun 2010.

Mekanisme penutupan[sunting | sunting sumber]

Sesuai pemisahan kekuasaan menurut Konstitusi Amerika Serikat, baik Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat harus menyetujui anggaran yang disepakati, kemudian ditandatangani Presiden Amerika Serikat. Jika Presiden memveto rancangan anggaran tersebut, rancangannya dikembalikan ke Kongres. Di Kongres, veto tadi dapat dibatalkan dengan dua per tiga suara menolak. Penutupan pemerintahan cenderung terjadi setelah Presiden dan satu atau kedua majelis Kongres tidak mampu menyelesaikan perselisihan alokasi anggaran sebelum siklus anggaran yang ada berakhir.[1]

Penutupan seperti yang dialami Amerika Serikat nyaris mustahil terjadi di negara demokrasi lainnya. Di bawah sistem parlementer yang dianut kebanyakan negara Eropa, cabang eksekutif dan legislatif tidak dipisah. Parlemen menentukan semua pejabat eksekutif yang biasanya disebut "menteri". Di negara demokrasi non-parlementer, cabang eksekutif yang kuat umumnya memiliki kewenangan untuk mempertahankan operasi pemerintahan meskipun anggarannya tidak disetujui. Ini pernah terjadi di Amerika Serikat sampai tahun 1980, ketika pemerintahan Jimmy Carter menafsirkan Antideficiency Act 1884 sebagai pembatasan kekuasaan lembaga federal seandainya tidak ada persetujuan Kongres.[2]

Pengaruh[sunting | sunting sumber]

Penutupan pemerintahan federal mengakibatkan banyak karyawan federal sipil yang menjalani furlough (cuti wajib tanpa gaji). Personel militer dan karyawan-karyawan penting tidak disertakan dalam furlough, namun gajinya bisa jadi tidak dibayarkan sesuai jadwal.[3][4]

Rincian pasti seputar fungsi-fungsi pemerintah yang berhenti beroperasi selama penutupan ditentukan oleh Office of Management and Budget.[5] Akan tetapi, beberapa aspek tertentu telah diterapkan di semua penutupan pemerintahan sebelumnya. Salah satunya adalah penutupan taman nasional dan kantor paspor.[6] "Personel darurat" masih dipekerjakan, termasuk militer, penegak hukum federal, dokter dan perawat yang bekerja di rumah sakit federal, dan pengawas lalu lintas utara.[5] Anggota Kongres masih digaji karena gaji mereka tidak dapat diubah kecuali melalui hukum langsung.[7] Pengiriman surat tidak terkena dampaknya karena anggarannya swasta.[8]

Penutupan pemerintahan sebelumnya juga memengaruhi pemerintah kotamadya Washington, D.C. melalui penutupan sekolah dan penundaan prasarana umum seperti pengumpulan sampah.[9]

Daftar penutupan pemerintahan A.S.[sunting | sunting sumber]

Pemerintah federal[sunting | sunting sumber]

Sejak 1976, pemerintah federal Amerika Serikat ditutup sebanyak 18 kali:[10][11][12]

Tahun Mulai (eksklusif) Selesai (eksklusif) Total hari Presiden Senat DPR Masalah
1976 30 Sep 11 Okt 10 Ford Dem Dem Dengan alasan mengendalikan pengeluaran, Presiden Gerald Ford memveto rancangan anggaran untuk Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat dan Departemen Kesehatan, Pendidikan, dan Kesejahteraan Amerika Serikat. Dampaknya adalah penutupan pemerintahan secara parsial. Pada 1 Oktober, Kongres yang dipimpin Demokrat membatalkan veto Ford. Resolusi berantai yang mengakhiri celah anggaran untuk sektor pemerintahan lainnya baru disahkan tanggal 11 Oktober.
1977 30 Sep 13 Okt 12 Carter Dem Dem DPR yang dipimpin Demokrat kukuh melarang Medicaid melayani kasus aborsi, kecuali pada kasus ketika nyawa sang ibu terancam. Sementara itu, Senat yang dikuasai Demokrat berusaha memperlonggar larangan ini agar anggaran aborsinya bisa mencakup kasus pemerkosaan atau inses. Celah anggaran terjadi setelah perselisihan soal isu ini antara kedua majelis Kongres mentok pada anggaran Departemen Tenaga Kerja dan Departemen Kesehatan, Pendidikan, dan Kesejahteraan. Efeknya adalah penutupan pemerintahan secara parsial. Perjanjian sementara ditandatangani untuk mengembalikan anggaran sampai 31 Oktober 1977, sehingga Kongres bisa meluangkan waktu untuk menyelesaikan perselisihannya.
1977 31 Okt 9 Nov 8 Carter Dem Dem Perjanjian anggaran sementara tidak berlaku lagi. Presiden Jimmy Carter menandatangani perjanjian anggaran kedua demi meluangkan waktu untuk negosiasi.
1977 30 Nov 9 Des 8 Carter Dem Dem Perjanjian anggaran sementara kedua tidak berlaku lagi. DPR kukuh menentang Senat demi menggagalkan perluasan cakupan Medicaid untuk aborsi korban pemerkosaan bawah umur. Kesepakatan pun tercapai: Medicaid diizinkan melayani aborsi akibat pemerkosaan, inses, atau ancaman terhadap kesehatan ibu.
1978 30 Sep 18 Okt 18 Carter Dem Dem Dianggap sia-sia, Presiden Carter memveto RUU apropriasi pekerjaan umum dan RUU pertahanan, termasuk anggaran untuk kapal induk bertenaga nuklir. Anggaran untuk Departemen Kesehatan, Pendidikan, dan Kesejahteraan juga ditunda karena ada masalah tambahan seputar cakupan aborsi Medicaid.
1979 30 Sep 12 Okt 11 Carter Dem Dem Melawan penentangan Senat, DPR mendorong peningkatan gaji sebesar 5,5% untuk anggota kongres dan pegawai negeri senior. DPR juga berusaha membatasi anggaran federal untuk aborsi pada kasus ancaman kesehatan ibu saja, sedangkan Senat ingin mempertahankan anggaran untuk aborsi pada kasus pemerkosaan dan inses.
1981 20 Nov 23 Nov 2 Reagan Rep Dem Presiden Ronald Reagan bersumpah akan memveto rancangan anggaran apapun yang meliputi pemangkasan anggaran dalam negeri sebesar separuh dari $8,4 miliar yang ia ajukan. Meski Senat yang dipimpin Republik menyetujui rancangan sesuai keinginannya, DPR yang dikuasai Demokrat memaksa agar anggaran pertahanan dipotong lebih besar daripada yang diinginkan Reagan dan gaji anggora kongres dan pegawai negeri dinaikkan. Rancangan anggaran yang disepakati lebih sedikit $2 miliar daripada usulan Reagan, sehingga Reagan memvetonya dan menutup pemerintahan federal. Rancangan sementara mengembalikan anggaran tersebut sampai 15 Desember dan memberikan Kongres waktu untuk mengajukan kesepakatan yang bisa bertahan lama.
1982 30 Sep 2 Okt 1 Reagan Rep Dem Kongres terlambat satu hari untuk menyetujui rancangan anggaran yang diperlukan.
1982 17 Des 21 Des 3 Reagan Rep Dem DPR yang dipimpin Demokrat dan Senat yang dipimpin Republik ingin mendanai lapangan pekerjaan, tetapi Presiden Reagan berjanji akan memveto rancangan semacam itu. DPR juga menentang rencana pendanaan rudal MX. Penutupan berakhir setelah Kongres membatalkan rencana lapangan kerja mereka, namun Reagan dipaksa membatalkan anggaran untuk rudal MX dan Pershing II. Ia juga menyetujui anggaran untuk Legal Services Corporation yang sebenarnya ingin dibubarkan supaya bantuan luar negeri untuk Israel lebih banyak.
1983 10 Nov 14 Nov 3 Reagan Rep Dem DPR yang dikuasai Demokrat menambah anggaran pendidikan, namun memangkas anggaran pertahanan dan bantuan luar negeri sehingga muncul perselisihan dengan Presiden Reagan. Akhirnya DPR mengurangi rencana anggaran pendidikan mereka dan menyetujui pendanaan rudal MX. Anggaran bantuan luar negeri dan pertahanan tetap dipangkas. Penyewaan ladang minyak dan gas dilarang di cagar alam federal. Aborsi juga tidak boleh didanai oleh asuransi kesehatan karyawan pemerintah.
1984 30 Sep 3 Okt 2 Reagan Rep Dem DPR ingin merancang anggaran untuk paket pemberantasan kejahatan yang didukung Presiden Reagan dan paket proyek pengairan yang tidak didukungnya. Senat juga merancang anggaran untuk aksi hak-hak sipil untuk menggagalkan Grove City v. Bell. Reagan mengajukan kesepakatan berupa pembatalan paket pemberantasan kejahatannya dan Kongres membatalkan usulan mereka. Kesepakatan tidak tercapai dan perpanjangan anggaran selama tiga hari disahkan.
1984 3 Okt 5 Okt 1 Reagan Rep Dem Perpanjangan anggaran tiga hari tidak berlaku lagi sehingga terjadi penutupan. Kongres membuang rencana paket pengairan dan hak sipil, sedangkan Presiden Reagan mempertahankan paket pemberantasan kejahatannya. Anggaran bantuan untuk Contras Nikaragua juga disahkan.
1986 16 Okt 18 Okt 1 Reagan Rep Dem Perselisihan di sejumlah isu antara DPR yang dikuasai Demokrat dan Presiden Reagan dan Senat yang dikuasai Republik mengakibatkan penutupan pemerintahan. DPR membatalkan permintaan mereka dengan imbalan mendapatkan satu suara setuju untuk paket kesejahteraannya, serta konsesi penjualan Conrail yang saat itu merupakan BUMN.
1987 18 Des 20 Des 1 Reagan Dem Dem Partai Demokrat, yang saat itu menguasai DPR dan Senat, menentang anggaran untuk pasukan Contras dan menuntut Federal Communications Commission segera memberlakukan "Doktrin Keadilan". Mereka membatalkan "Doktron Keadilan" dengan syarat bantuan Contras tidak bertujuan untuk aksi kekerasan.
1990 5 Okt 9 Okt 4 H.W. Bush Dem Dem Presiden George H.W. Bush berjanji akan memveto resolusi berantai apapun yang tidak disertai paket pengurangan defisit. Bush benar-benar memvetonya. DPR gagal membatalkan vetonya sebelum penutupan terjadi. Kongres lalu mengesahkan resolusi berantai dengan paket pengurangan defisit yang ditandatangani Bush untuk mengakhiri penutupan ini.
1995 13 Nov 19 Nov 5 Clinton Rep Rep Presiden Bill Clinton memveto resolusi berantai yang disahkan Kongres yang dikuasai Republik. Kesepakatan pun tercapai yang memungkinkan penyaluran anggaran sebesar 75 persen selama 4 minggu. Clinton menyetujui anggaran berimbang dengan jadwal tujuh tahun.
1995-1996 15 Des 6 Jan 21 Clinton Rep Rep Partai Republik meminta Presiden Clinton mengajukan anggaran dengan jadwal tujuh tahun menggunakan angka yang disediakan Congressional Budget Office alih-alih angka dari Office of Management and Budget pimpinan Clinton, namun Clinton menolak. Akhirnya Kongres dan Clinton sepakat mengesahkan anggaran penyesuaian.
2013 1 Okt 17 Okt 16 Obama Dem Rep Karena perselisihan soal pencantuman pasal pencabutan dana atau penundaan Affordable Care Act,[13] pemerintah belum mengesahkan rancangan anggaran. Negosiasi buntu dan penutupan sedang berlangsung.

Pemerintah daerah[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

A.S.[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "US Shutdown". The Guardian. 
  2. ^ Zurcher, Anthony (30 September 2013). "US shutdown has other nations confused and concerned". BBC. Diakses 30 September 2013. 
  3. ^ Shutdown: 800,000 federal workers in the dark – 2011 Cable News Network
  4. ^ "Government Prepares for Shutdown". The Wall Street Journal'.
  5. ^ a b O'Keefe, Ed (April 2, 2011). "Government shutdown: Frequently asked questions". The Washington Post. 
  6. ^ Belopotosky, Danielle (April 8, 2011). "What a Government Shutdown Means for Travelers". The New York Times. 
  7. ^ Shear, Michael (April 7, 2011). "Will Members of Congress Get Paid in a Shutdown?". The New York Times. 
  8. ^ Kolawole, Emi (April 8, 2011). "Government shutdown 2011: Will I get paid? What will be open? What can I expect?". The Washington Post. 
  9. ^ Jouvenal, Justin (April 8, 2011). "Government shutdown could prove smelly for D.C.". The Washington Post. 
  10. ^ "A Brief History Of Federal Government Shutdowns". Outside The Beltway. April 8, 2011. Diakses September 28, 2013. 
  11. ^ Matthews, Dylan (September 25, 2013). "Wonkblog: Here is every previous government shutdown, why they happened and how they ended". The Washington Post. Diakses September 29, 2013. 
  12. ^ Shutdown #18 Since the Modern Budget Process Was Established in 1974
  13. ^ Curry, Tom (29 September 2013). "Chances of averting government shutdown appear slim". NBC News. Diakses 1 October 2013. 
  14. ^ "Budget Mess Hits Cultural Groups,". The Buffalo News. February 7, 2005. 
  15. ^ "County Leaders Brace for Closings". The Buffalo News. February 21, 2005. 
  16. ^ "Services Shut Down as County Fails to Pay Up". The Buffalo News. July 3, 2005. 
  17. ^ Minnesota Experiences Unprecedented Government Shutdown Due to a Budget Deadlock 6 (14 – OMB Watch). July 11, 2005. 
  18. ^ "Pa. State Agencies Back in Operation After Budget Deal Struck". 
  19. ^ "Central PA Local News –". Pennlive.com. Diakses September 27, 2013. 
  20. ^ "Time's up: chances of a budget deal slipped away". Star Tribune. June 30, 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]