Penghembus daun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Penghembus daun

Penghembus daun, umumnya dikenal sebagai peniup daun, adalah alat yang mendorong udara keluar dari nosel untuk memindahkan puing-puing seperti daun dan potongan rumput . Penghembus daun ditenagai oleh motor listrik atau bensin . Model bensin secara tradisional adalah mesin dua langkah, tetapi mesin berputaran empat-tak baru-baru ini diperkenalkan untuk mengatasi sebagian masalah polusi udara . Penghembus daun biasanya adalah unit genggam mandiri, atau unit yang dipasang di ransel dengan tongkat genggam. Yang terakhir lebih ergonomis untuk penggunaan jangka panjang. Unit yang lebih besar dapat bertumpu pada roda dan bahkan menggunakan motor untuk penggerak.[1] Ini kadang-kadang disebut "berjalan di belakang penghembus daun" karena harus didorong dengan tangan untuk dioperasikan. Beberapa unit yang disebut penghembus vakum, juga dapat menyedot daun dan ranting kecil melalui penyedot debu, dan mencabik-cabiknya ke dalam kantong.

Vakum peniup daun

Penghembus daun menjadi sumber kontroversi karena dampak buruknya seperti cedera operator, termasuk gangguan pendengaran, polusi udara partikulat, polusi suara, dan perusakan habitat ekologis.[2] Lebih dari 200 daerah telah membatasi penggunaan penghembus daun dan banyak kota besar, termasuk Washington, DC, [3] menerapkan larangan total karena efek negatif terhadap kesehatan operator, kerusakan ekologi, polusi, dan gangguan termasuk kebisingan.[4] 9 Oktober 2021, California mengesahkan undang-undang pengendalian polusi udara AB1346 yang menghapus secara bertahap mesin off-road kecil, seperti yang ditemukan di penghembus udara, mulai berlaku 1 Januari 2024.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Leaf blowers". Consumer Reports. Diakses tanggal 29 May 2014. 
  2. ^ "Leaf blowers are not only annoying but also bad for you (and the environment)". 15 November 2019. Diakses tanggal 18 Feb 2022. 
  3. ^ "Leaf Blower Regulations". Diakses tanggal 18 Feb 2022. 
  4. ^ "City Council sets April 2023 date for phasing out gas-powered leaf blowers". 12 November 2021. Diakses tanggal 18 Feb 2022. 
  5. ^ "California regulators sign off on phaseout of new gas-powered lawn mowers, leaf blowers". Los Angeles Times (dalam bahasa Inggris). 2021-12-09. Diakses tanggal 2022-03-04.