Ransel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Ransel adalah sebuah wadah atau tempat yang dipakai di punggung seseorang dan dilindungi oleh dua tali yang memanjang vertikal melewati bahu, tetapi ada juga pengecualian, contohnya tas ransel yang dibuat untuk benda-benda ringan biasanya hanya membutuhkan 1 tali. Tas ransel digunakan si pemakai untuk memudahkannya dalam membawa bawaan yang dimau sesuai kebutuhan. Teknologi yang dipakai pun diformulasikan khusus sesuai kebutuhan si pemakai.

Tas ransel biasanya lebih dipilih daripada tas tangan (clutch) untuk mengangkat benda berat, karena terbatasnya berat untuk mengangkat benda berat untuk waktu yang lama. Bayangkan jika memakai tas tangan (clutch) yang mengandalkan kemampuan tangan untuk menahan beban, pasti tidak akan sanggup dan akan terjadi timpang. Tas ransel yang besar dapat mengangkat beban berat hingga 10 kg, biasanya mengandalkan berat yang sebagian besar dari badan mereka, memakai kekuatan pinggul dan meninggalkan kekuatan bahu untuk menstabilkan muatan, dikarenakan pinggul lebih kuat dari bahu, dan menambah keseimbangan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada zaman dahulu, tas ransel didefinisikan untuk membawa tangkapan dari pemburu-pemburu untuk memudahkan perjalanan. Jika buruan yang mereka tangkap semakin besar, pemburu akan membaginya, membungkusnya, lalu membawanya. Tasnya sendiri terbuat dari berbagai kulit binatang dan dijahit agar membuat satu wadah yang solid.

Desain[sunting | sunting sumber]

Ransel pada umumnya menjadi salah satu dari empat kategori: tanpa pinggiran, pinggiran eksternal, pinggiran internal, dan bodypack. Bingkai pak, jika ada, berfungsi untuk mendukung paket dan mendistribusikan berat isinya di seluruh tubuh lebih tepat dan terarah, dengan memindahkan sebagian besar pada pinggul dan kaki. Sebagian besar beban tidak tertuju pada bahu, mengurangi kemungkinan cedera dari tekanan tali bahu (banyak ransel dilengkapi semata-mata dengan tali bahu dapat memengaruhi sikap orang yang membawa lebih dari 14 kg (30 lbs)), serta membatasi jangkauan gerak tubuh bagian atas. Kebanyakan ransel mampu ditutup dengan baik gesper mekanisme, resleting, atau penutupan tipe dry-bag meskipun beberapa model menggunakan tali dilengkapi dengan kunci kabel untuk kompartemen utama.

Tanpa pinggiran[sunting | sunting sumber]

Desain ransel yang paling sederhana adalah sebuah wadah yang melekat dengan menggunakan satu set tali bahu. Kemasan tersebut digunakan untuk transportasi umum barang, dan memiliki kapasitas variabel. Desain sederhana terdiri dari satu kantong utama. Hal ini dapat dikombinasikan dengan anyaman atau tali temali, sementara model yang lebih canggih menambah kantong ekstra, tali pinggang, tali dada, tali bahu empuk, punggung empuk, dan kadang-kadang bahan reflektif untuk keselamatan ditambahkan pada malam hari. Paket ini umumnya dijual dengan harga murah. Beberapa kegiatan outdoor, terutama yang dijual untuk kegiatan pendakian, kadang-kadang menggunakan tas ransel tanpa pinggiran ini. Keamanan beberapa desain ransel ini telah dikritik oleh NHS Inggris, banyak tas desain yang dianggap "tidak aman" untuk anak-anak.

Dengan Pinggiran Eksternal[sunting | sunting sumber]

Tas dengan pinggiran eksternal dirancang membawa beban berat (> 20 kg atau 40 lb), memberikan dukungan yang lebih untuk si pemakai dan perlindungan dan distribusi lebih baik dari tas tanpa pinggiran. Pinggiran kayu digunakan selama berabad-abad di seluruh dunia. Ötzi The Iceman mungkin telah menggunakan satu di Alpine, Italia[1] [2], meskipun beberapa arkeolog percaya bahwa kerangka yang ditemukan dengan tubuh adalah bagian dari sebuah snowshoe. Kemasan tersebut secara umum ada dalam aplikasi militer dan gunung. Versi metal pertama kali muncul pada pertengahan abad ke-20. Kerangka dari suatu tas dengan pinggiran eksternal biasanya terbuat dari aluminium atau paduan logam ringan lainnya, dan dilengkapi dengan sistem tali dan tegang-membentang jaring yang mencegah kontak antara bingkai logam dan pemakai. Selain kenyamanan, ini "stand-off" memberikan manfaat tambahan untuk menciptakan sirkulasi udara antara frame dan punggung pemakainya.[3] Untuk alasan ini, tas dengan pinggiran eksternal umumnya dianggap menjadi "bahan yang lebih ringan" dari desain pinggiran internal. Tas dengan pinggiran eksternal memiliki kain "karung" bagian yang biasanya lebih kecil daripada tas dengan pinggiran internal, tetapi terbuka bagian pinggiran atas dan di bawah karung untuk mengakomodasi bentuk barang bawaan yang lebih besar. Selain itu, wadah dapat dihilangkan seluruhnya, yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan konfigurasi beban, atau untuk mengangkut beban non-konvensional seperti: tas Militer memakai pinggiran eksternal karena kemampuan mereka untuk membawa beban yang berbeda bentuk, ukuran dan berat.

Dengan Pinggiran Internal[sunting | sunting sumber]

Tas ransel dengan pinggiran internal adalah inovasi yang dating baru-baru ini, ditemukan pada tahun 1967 oleh Greg Lowe, yang kemudian ditemukan Lowe Alpine dan LowePro, perusahaan yang mengkhususkan diri dalam ransel dan bentuk lain dari membawa tas untuk berbagai peralatan.[4] Sebuah tempat dengan pinggiran memiliki kain bagian besar sekitar kerangka internal terdiri dari strip terbuat titanium, aluminium atau plastik, kadang-kadang dengan logam tambahan tetap untuk memperkuat pinggiran. Serangkaian tali bekerja dengan pinggiran untuk mendistribusikan beban dan terus di tempat. Bingkai internal memungkinkan bawaan agar erat ke belakang pemakainya dan meminimalkan pergeseran beban, yang diinginkan untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang melibatkan gerakan tubuh bagian atas seperti diatas permukaan berbatu dan ski. Namun, hal itu mengurangi ventilasi, jadi ini jenis kemasan cenderung membuat pemakai berkeringat lebih daripada tas dengan pinggiran eksternal. Pembangunan internal juga memungkinkan untuk sebuah kompartemen penyimpanan yang besar, beberapa poin (termasuk loop anyaman dan tali untuk kantong tidur dan barang-barang besar lainnya) mungkin ada, tetapi sebagai pinggiran yang benar-benar terintegrasi, sulit untuk mengenakan beban yang lebih besar dan lebih berat item yang tidak cocok di dalam kompartemen pada bagian luar kemasan. Tas dengan pinggiran internal awalnya mrnyusahkan karena kapasitas beban kecil dan kurang nyaman saat berjalan stabil, tetapi model yang lebih baru telah meningkat pesat dalam hal ini. Selain itu, karena rupa mereka cocok, perbaikan rupa tas dengan pinggiran internal internal sebagian besar telah menggantikan tas ransel dengan pinggiran eksternal untuk berbagai kegiatan.

Fungsi[sunting | sunting sumber]

Tas ransel yang berbeda-beda bentuknya tentu saja secara tidak langsung merepresentasikan profesi atau kegiatan si pemakai tersebut. Karena itu, secara tersirat tas ransel mengkomunikasikan kegiatan atau profesi si pemakai.

Untuk Kegiatan Sehari-hari[sunting | sunting sumber]

Di banyak negara, tas ransel diidentifikasikan kepada siswa, dan merupakan cara utama transportasi bahan pendidikan ke dan dari sekolah. Dalam konteks ini mereka kadang-kadang dikenal sebagai tas sekolah. Pembelian ransel sesuai modis, menarik, dan bermanfaat adalah ritual back-to-school penting bagi banyak siswa. Tas ransel sekolah pada umumnya kurang memiliki pinggiran kaku daripada ransel untuk kegiatan outdoor, dan hanya mencakup beberapa kantong di samping tempat penyimpanan utama. Sementara tradisional sangat sederhana dalam desain, ransel sekolah sering dibuat dengan tali bahu empuk dan punggung serta sebagai penguat tambahan untuk menahan sejumlah besar buku teks berat, serta fitur keselamatan seperti panel reflektif untuk membuat pemakainya kemasan lebih terlihat di malam hari. Tali pinggang bantalan juga dapat diberikan untuk mendistribusikan berat di seluruh tubuh. Ransel kadang-kadang dipakai sebagai aksesoris fashion, di mana mereka melakukan fungsi yang sama dengan sebuah tas. Beberapa ransel tersebut dirancang khusus untuk wanita tidak lebih besar dari tas khas, dan biasanya berhubungan dengan wanita yang lebih muda.

Untuk Keperluan Tertentu[sunting | sunting sumber]

1. Tas Ransel Kamera Beberapa ransel secara khusus dirancang untuk membawa barang-barang tertentu. Contoh umum termasuk ransel untuk barang-barang berharga kecil seperti laptop dan kamera . Ransel dirancang untuk terus komputer laptop secara khusus umumnya memiliki kompartemen empuk untuk memegang komputer dan kantong berukuran sedang dan penutup untuk mengakomodasi aksesoris seperti pengisi daya kabel dan mouse tanpa kabel/dengan kabel. Dalam rangka untuk memasok perangkat ini dengan listrik, beberapa ransel high-end dilengkapi dengan panel surya.[5] Beberapa peritel high-end (terutama Apple Store) menggunakan desain yang sama untuk tas belanja mereka.

2. Tas ransel roda adalah ransel dengan roda di bagian bawah dan memperluas menangani. Karena desain mereka, ransel ini mengurangi ketegangan pada pengguna, meskipun tali bahu dapat digunakan untuk membawa paket untuk jarak pendek ketika dataran tidak cocok untuk roda. Ransel ini yang paling umum digunakan saat bepergian dengan pesawat udara atau kereta api.

Untuk Pemakaian Profesional[sunting | sunting sumber]

Tas ransel adalah bagian standar dari peralatan beban tentara, khususnya infanteri, di sebagian besar negara, dan paket gaya militer secara teratur tersedia untuk warga sipil di toko surplus militer. Contoh terkenal termasuk Amerika Serikat ALICE pack lapangan dan Tentara lampiran PLCE ransel, yang keduanya tersedia secara luas ke pasar sipil baik sebagai surplus militer yang sesungguhnya (baru atau bekas) dan sebagai replika. Kemasan tersebut sering kali, meskipun tidak selalu (misalnya ILBE di USMC's), tas dengan pinggiran eksternal, dengan bawaan itu sendiri diikat atau disematkan untuk logam atau bingkai membawa plastik. Untuk unit yang memasuki situasi pertempuran, bawaan boleh dibuka berat dan berat lebih dari 100 lbs. Setiap prajurit bisa membawa senjata tambahan, amunisi, ransum, obat-obatan, tenda atau bahan penampungan lainnya, dan pakaian ekstra. Banyak unit polisi taktis, serta pemain dari permainan pertempuran militer gaya seperti paintball dan airsoft, gunakan ransel militer gaya dan anyaman untuk menyimpan peralatan dan amunisi. Ada juga industri kecil tapi berkembang ditujukan untuk menciptakan reproduksi historis perlengkapan militer; perusahaan seperti umumnya menghasilkan seragam periode yang sesuai dan perlengkapan lain selain ransel. Beberapa militer yang lebih baru / desain taktis, terutama Molle dan ILBE paket yang digunakan oleh angkatan bersenjata Amerika Serikat, yang ditutupi dengan anyaman poin loop lampiran untuk daya dukung meningkat.

Untuk perjalanan[sunting | sunting sumber]

Ransel kadang-kadang digunakan sebagai koper, terutama karena carry-on bag untuk perjalanan pesawat. Ransel merupakan bagian penting dari gigi dari trekker outdoor dan backpacker perkotaan, memungkinkan mobilitas lebih dan kekompakan dari akan tersedia bagi seseorang membawa sebagian besar peralatan dan pakaian dalam koper. Selain penggunaannya dalam pengejaran di luar rumah, ransel kadang-kadang digunakan dalam olahraga lain juga. Bawaan hidrasi, kadang-kadang digunakan oleh atlet dan personel militer, membawa air (dalam kandung kemih atau botol kaku) dan memiliki tabung dihubungkan kepada mereka dari mana si pemakai bisa minum tanpa melepas bawaan tersebut; fitur ini juga termasuk dalam beberapa yang lebih umum -tujuan hiking ransel. Ransel yang membawa skateboard juga telah menjadi lebih populer dalam budaya pemuda.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Three-Stick Roycroft Pack Frame". Diakses 2011-03-22. 
  2. ^ "Otzi-Museum, The Iceman". Diakses 2011-03-22. 
  3. ^ "Mountaineers". Diakses 2011-03-22. 
  4. ^ "Innovations". Diakses 2011-03-22. 
  5. ^ "How to Build a Solar Backpack". Diakses 2011-03-22. 

Septiani, Muthia. Tas Punggung, Dari Masa ke Masa, 2003. Gramedia, Jakarta.

Backpack for Camera-Pro, ISBN 100-6695-173