Penghargaan Abel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Penghargaan Abel
Abel Prisen.svg
Diberikan untuk Hasil kerja yang luar biasa dalam bidang matematika.
Diberikan oleh Akademi Sains dan Sastra Norwegia
Negara Norwegia
Pertama diberikan 2003
abelprize.no

Penghargaan Abel adalah penghargaan yang diberikan oleh Raja Norwegia kepada matematikawan yang dinilai berjasa bagi dunia matematika. Pemerintah Norwegia mengumumkan pada tahun 2001 bahwa penghargaan Abel akan diberikan kepada matematikawan berjasa. Nama penghargaan tersebut diambil dari nama seorang matematikawan Norwegia Niels Henrik Abel.

Penghargaan ini disebut-sebut sebagai Nobel-nya matematika. Penghargaan Nobel sendiri tidak memberikan penghargaan untuk bidang matematika.

Akademi ilmu pengetahuan Norwegia setiap tahun mengumumkan pemenang penghargaan Abel setelah melalui pemilihan oleh komite yang beranggotakan lima orang matematikawan internasional. Jumlah penghargaan tersebut adalah sekitar 1 juta Dolar AS, sama dengan jumlah yang diberikan pada penghargaan Nobel. Pemerintah Norwegia memberikan dana awal sejumlah 200.000.000 kron Norwegia (sekitar 23.000.000 Dolar AS) pada 2001. Pemberian penghargaan ini dimaksudkan untuk memberikan publisitas bagi matematika dan untuk membangkitkan ketertarikan orang akan matematika, terutama bagi kaum muda.

Pada April 2003, diumumkan bahwa Jean-Pierre Serre merupakan kandidat pertama pemenang penghargaan Abel. Penghargaan tersebut kemudian diserahkan kepadanya pada bulan Juni tahun yang sama.

Pemenang[sunting | sunting sumber]

Tahun Penerima Penghargaan Warga negara Institusi Penghargaan atas
2003 Serre, Jean-PierreJean-Pierre Serre Perancis Collège de France "untuk pengembangan bentuk modern dalam banyak bagian matematika, termasuk topologi, geometri aljabar dan teori bilangan"
2004 Atiyah, MichaelMichael Atiyah
Singer, IsadoreIsadore Singer
Inggris
Amerika
University of Edinburgh
MIT
"untuk penemuan mereka dan pembuktian teori indek Atiyah–Singer, mengikutsertakan topologi, geometri dan analisis, serta peran mereka dalam membangun jembatan baru antara matematika dan fisika teori"
2005 Lax, PeterPeter Lax Amerika Universitas New York "untuk kontribusinya atas teori dan aplikasi dari persamaan diferensial parsial serta perhitungan hasilnya".
2006 Carleson, LennartLennart Carleson Swedia Kungliga Tekniska Högskolan "untuk kontribusinya terhadap analisis harmonis dan teori sistem dinamis halus".
2007 Varadhan, S. R. SrinivasaS. R. Srinivasa Varadhan India Courant Institute, NYU "untuk kontribusi fundamental terhadap teori probabilitas dan teori deviasi besar"
2008 Thompson, John G.John G. Thompson
Tits, JacquesJacques Tits
Amerika
Perancis
University of Florida
Collège de France
"untuk prestasi mereka yang mendalam dalam bidang aljabar dan khususnya untuk membentuk teori grup modern"
2009 Gromov, MikhailMikhail Gromov Rusia
Perancis
IHÉS
Courant Institute, NYU
"untuk kontribusinya yang revolusioner dalam bidan geometri"
2010 Tate, John T.John T. Tate Amerika UT Austin "untuk sejumlah besar kontribusinya dalam bidang teori bilangan
2011 Milnor, JohnJohn Milnor Amerika Stony Brook University "untuk mengawali penemuan dalam bidang topografi, geometri dan aljabar"
2012 Szemerédi, EndreEndre Szemerédi Hungaria Alfréd Rényi Institute
dan Rutgers University
"untuk kontribusi fundamental mereka dalam matematika discrete dan teori ilmu komputer"

Pranala luar[sunting | sunting sumber]