Pengendali jarak jauh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah pengendali jarak jauh televisi
Sebuah pengendali jarak jauh pemutar DVD

Pengendali jarak jauh (Inggris: remote control) adalah sebuah alat elektronik yang digunakan untuk mengoperasikan sebuah mesin dari jarak jauh.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Istilah remote control juga sering disingkat menjadi "remote" saja. Remote juga sering kali mengacu pada istilah "controller", "donker", "doofer", "zapper" "click-buzz", "box", "flipper", "zippity", "clicker" atau "changer".

Fungsi[sunting | sunting sumber]

Pada umumnya, pengendali jarak jauh digunakan untuk memberikan perintah dari kejauhan kepada televisi atau barang-barang elektronik lainnya seperti sistem stereo dan pemutar DVD. Remote control untuk perangkat-perangkat ini biasanya berupa benda kecil nirkabel yang dipegang dalam tangan dengan sederetan tombol untuk menyesuaikan berbagai setting, seperti misalnya saluran televisi, nomor trek, dan volume suara. Malah, pada kebanyakan peranti modern dengan kontrol seperti ini, remote controlnya memiliki segala kontrol fungsi sementara perangkat yang dikendalikan itu sendiri hanya mempunyai sedikit kontrol utama yang mendasar. Kebanyakan pengendali jarak jauh berkomunikasi dengan perangkatnya masing-masing melalui sinyal-sinyal infra merah dan beberapa saja melalui sinyal radio. Pengendali jarak jauh biasanya menggunakan baterai AAA yang kecil atau AA sebagai catu dayanya.

Pengendali jarak jauh memiliki semua kontrol fungsi pada perangkat yang dikendalikan sedangkan perangkat itu sendiri memiliki hanya segelintir kontrol utama yang penting saja. Sebagian besar dan umumnya pengendali jarak jauh berkomunikasi dengan perangkat elektronik melalui sinyal inframerah dan beberapa melalui frekwensi radio. Pengendali jarak jauh sangat dibutuhkan pada era modern yang tidak lepas dari kemudahan dalam gaya hidup dan dengan demikian perangkat pengendali jarak jauh menjadi barang esensial dalam sebuah paket penjualan barang elektronik.

Teknologi[sunting | sunting sumber]

Teknologi utama yang digunakan dalam rumah pengendali jarak jauh adalah cahaya inframerah (IR). Sinyal antara remote control dan perangkat yang dikendalikan terdiri dari pulsa cahaya inframerah yang tak terlihat oleh mata manusia.

Pengendali jarak jauh telah terus-menerus berkembang dan maju selama beberapa tahun terakhir untuk menyertakan konektivitas Bluetooth, sensor gerak dan kontrol suara.

Remote universal[sunting | sunting sumber]

Remote Universal adalah pengendali jarak jauh yang dapat digunakan dan diprogram untuk semua jenis peralatan yang memiliki fasilitas infra merah dan dirancang untuk penggunaan umum untuk barang elektronik rumah tangga. Karena remote universal untuk banyak alat elektronik oleh karena itu pengendali jarak jauh ini menggunakan kode untuk menyesuaikan dengan perangkat elektronik.

Sejarah pengendali jarak jauh[sunting | sunting sumber]

Contoh paling awal dari pengendali jarak jauh menggunakan gelombang radio dikembangkan pada tahun 1898 oleh Nikola Tesla bernomor Paten 613.809. Pada tahun 1898, ia memamerkan perahu radio yang dikendalikan dengan pengendali jarak jauh kepada publik, selama pameran listrik di Madison Square Garden. Tesla disebut perahunya "teleautomaton".

Pada tahun 1903, Leonardo Torres Quevedo mempresentasikan Telekino di Paris Academy of Science, dan membuat demonstrasi eksperimental. Di saat yang sama ia memperoleh paten di Prancis, Spanyol, Inggris, dan Amerika Serikat. The Telekino terdiri dari robot yang di kendalikan oleh gelombang elektromagnetik. Dengan Telekino itu, Torres-Quevedo meletakkan prinsip-prinsip operasi remote-control nirkabel yang modern dan merupakan pelopor dalam bidang remote control. Pada tahun 1906, di hadapan raja dan kumpulan besar orang yang menonton, Torres berhasil menunjukkan penemuan di pelabuhan Bilbao, membimbing perahu dari pantai. Kemudian, ia akan mencoba untuk menerapkan Telekino untuk proyektil dan torpedo, tetapi harus menghentikan proyek karena kurangnya dana.

Pertama model pesawat remote control terbang pada tahun 1932, dan penggunaan teknologi pengendalian jarak jauh untuk keperluan militer bekerja secara intensif selama Perang Dunia Kedua, salah satu hasil dari ini menjadi rudal Jerman Wasserfall.

Pada akhir 1930-an, beberapa produsen radio menawarkan pengendali jarak jauh untuk beberapa model yang lebih canggih pada saat itu.
Kontrol Philco (1939) adalah baterai dioperasikan pemancar frequency radio, sehingga membuatnya yang pertama sebagai remote control nirkabel untuk perangkat elektronik.

Emisi spektrum pengendali jarak jauh sistem suara.
Modulasi dioda infra merah.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Produk dan standar[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]