Baterai AA

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Baterai AA

Baterai AA adalah sebuah jenis baterai listrik yang sangat umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk perangkat elektronik portabel seperti remote control, jam tangan, mainan anak-anak, dan lain sebagainya.

Baterai ini memiliki ukuran standar, dengan diameter sekitar 14,5 mm dan tinggi sekitar 50,5 mm. Baterai ini terdiri dari sel galvanik tipis yang menghasilkan energi listrik dengan melepaskan elektron dari anoda ke katoda melalui bahan elektrolitik, menghasilkan listrik untuk memasok daya ke perangkat yang digunakan.

Baterai AA memiliki kapasitas listrik yang berbeda tergantung pada merek dan jenisnya, dari mulai 1000mAh (miliampere hour) hingga 3000mAh per baterai. Sebagai perbandingan, beberapa perangkat elektronik memerlukan baterai dengan kapasitas yang lebih tinggi agar dapat bertahan lebih lama.

Satu hal yang perlu diingat adalah baterai AA bisa menjadi unsur limbah beracun jika dibuang secara sembarangan. Oleh karena itu, baterai AA yang sudah tidak terpakai seharusnya didaur ulang untuk mengurangi dampak negatifnya pada lingkungan.