Pengejusan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jus disarikan menggunakan pengejus emparan listrik
Pengejus tekan tangan
Jus delima disarikan menggunakan pengejus tekan tangan

Pengejusan, pembuatan jus, atau penyarian jus (Inggris: juicing) adalah proses menyarikan jus dari jaringan tumbuhan seperti buah atau sayur-sayuran.

Gambaran umum[sunting | sunting sumber]

Terdapat banyak metode pengejusan, mulai dari memeras buah dengan tangan hingga penyarian berskala luas menggunakan peralatan industri. Pengejusan umumnya merupakan metode yang lebih disukai untuk mengonsumsi produk dalam jumlah besar dengan cepat dan sering dilengkapkan dengan peralatan rumah tangga yang disebut pengejus. Piranti pengejus memiliki berbagai bentuk, mulai dari corong penyaring buah halus sederhana hingga alat berpenggerak otomatis yang dapat diatur kecepatannya. Proses pengejusan juga dapat merujuk pada tindakan menyarikan dan kemudian meminum jus atau untuk menyebut orang yang menyarikan jus.

Mengejus berbeda dari membeli jus di pasar swalayan yang banyak menyajikam buah-buahan dan sayur-sayuran segar. Pengejusan rumahan sering dilakukan untuk alasan diet atau sebagai sebentuk pengobatan alternatif.[1][2][3][4]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Claire Reilly (November 29, 2011). "Give it some juice: Breville doubles juicer sales following health doco". Current.com.au. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 1, 2012. 
  2. ^ Barrett, Stephen; Herbert, Victor. (1994). The Vitamin Pushers: How the "Health Food" Industry is Selling America a Bill of Goods. Prometheus Books. pp. 161-162. ISBN 0-87975-909-7
  3. ^ Laskow, Sarah. (2014). "The Man Who First Juiced". The Atlantic. Retrieved January 2, 2020.
  4. ^ Shoshi Parks. (2018). "American women’s obsession with being thin began with this ‘scientist’". Timeline.com. Retrieved January 2, 2020.