Pengaturan meja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pengaturan meja dapat memiliki banyak elemen, khususnya pada acara formal.

Pengaturan meja merujuk pada cara untuk mengatur meja dengan perlengkapan meja—seperti peralatan makan dan piring— untuk menyajikan dan makan. Pengaturan untuk jamuan tunggal disebut pengaturan tempat.

Setiap budaya memiliki pengaturan yang berbeda-beda.

Pengaturan meja[sunting | sunting sumber]

Pengaturan meja untuk perayaan Natal

Meja seharusnya memiliki bagian tengah yang membentuk fungsi dekoratif. Bila jamuan informal dilakukan yang akan memenuhi tempat-tempat kosong di meja, pengaturan harus dilakukan untuk tidak membuat bagian tengah tidak terlalu besar sehingga akan terdapat tempat kosong untuk meletakkan piring. Tetapi, dalam jamuan formal di Eropa, bagian tengahnya besar dan, termasuk lilin, dapat memanjang hingga keseluruhan panjang meja. Bagian tengah harus rendah, sehingga tidak mengganggu pemandangan para tamu.

Pengaturan tempat[sunting | sunting sumber]

Pengaturan informal biasanya memiliki lebih sedikit perlengkapan dan piring tapi menggunakan tampilan stereotip yang didasarkan pada pengaturan formal. Perlengkapan diatur sesuai urutan dan seseorang akan menggunakannya. Biasanya dalam budaya Barat, ini berarti bahwa garpu, piring roti, pisau margarin, dan celemek berada di sebelah kiri, sementara pisau, sendok, perlengkapan minum, cangkir dan piring kecil berada di sebelah kanan, meskipun urutan kiri-kanan dibalikkan di sejumlah kecil negara. Seara formal, di Eropa, Meksiko, Argentina dan Filipina, cangkir dan piringnya tidak akan diletakkan di meja hingga jamuan berakhir.

Formal[sunting | sunting sumber]

Pengaturan meja formal

Perlengkapan diletakkan sekitar satu inci dari tepi meja, masing-masing berjajar di dasar dengan satu di sampingnya. Perlengkapan di posisi paling luar digunakan pertama (contohnya, garpu salad dan sendok sup, kemudian garpu makan dan pisau makan). Bagian pemotong di pisau, sebagai bagian perlengkapan paling "berbahaya" dan "agresif", harus menghadap piring, jauh dari peralatan lainnya. Gelas diletakkan sekitar satu inci dari pisau, juga dalam urutan penggunaan: anggur putih, anggur merah, anggur penutup, dan air.

Jamuan formal[sunting | sunting sumber]

Jamuan paling formal disajikan dari dapur. Ketika makanan disajikan, selain piring di setiap pengaturan, juga terdapat gulungan, celemek, dan peralatan memotong/perak: pisau [dan sendok bila diperlukan], di kanan dan garpu di kiri. Kopi disediakan dalam gaya Butler Service di demitasse dan sendok diletakkan di piring kecil di kanan setiap pegangan cangkir. Piring dan perlengkapan penyajian tidak diletakkan di meja dalam jamuan formal.[1] Satu-satunya pengecualian pada peraturan umum ini adalah protokol yang diikuti di mahkamah kerajaan Spanyol, yang juga diadopsi oleh mahkamah Habsburg: seluruh perlengkapan diletakkan di kanan.

Dalam jamuan kurang formal, tidak disajikan dari dapur, garpu dan sendok penutup dapat diatur di atas piring, garpu mengarah ke kanan, untuk mengikuti garpu lainnya, sendok mengarah ke kiri.

Di Eropa, bila banyak menu yang akan disajikan, meja hanya diatur untuk sup, ikan, dan daging. Sendok dan garpu puding dan pisau dan garpu makan diletakkan di meja bila dibutuhkan.[2]

Informal[sunting | sunting sumber]

Dalam pengaturan informal, lebih sedikit perlengkapan yang digunakan dan piring makan diletakkan di meja. Terkadang cangkir dan piringnya diletakkan di sisi kanan sendok, sekitar empat inci dari tepi meja. Seringnya, dalam sebagian pengaturan formal, celemek dan/atau perlengkapan memotong dapat digabungkan bersama dalam satu kumpulan kecil bersama gulungan celemek. Tetapi, obyek seperti gulungan celemek itu sangat jarang di Britania Raya, Spanyol, Meksiko, atau Italia.

Jamuan keluarga[sunting | sunting sumber]

Dibandingkan dengan jamuan formal, jamuan keluarga memiliki lebih sedikit perlengkapan. Celemek dapat diletakkan di piring. Biasanya hanya ada satu garpu, sendok & pisau dengan garpu makan di sisi kiri piring, dan pisau makan & sendok teh di kanan. Perlengkapan meja yang membentuk jamuan keluarga adalah[3]:

Cina:
1. Piring Salad
2. Piring Mentega
3. Piring Makan

Perlengkapan perak:
1. Pisau makan
2. Garpu makan
3. Sendok teh
4. Pisau mentega

Kristal:
1. Gelas besar air emaL

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Penataan meja www.facebook.com/emalcakep

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Vanderbilt, Amy. Amy Vanderbilt's Complete Book of Etiquette: A Guide to Gracious Living. Garden City, New York: Doubleday & Co., 1958. pp. 346-347.
  2. ^ Inch, Arthur. Dinner is Served. 2003. Running Press Books London.
  3. ^ Replacements, Ltd. - Place Setting Guide