Pemilihan umum paruh waktu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pemilihan

Seri ini adalah bagian dari
seri Politik

Portal Politiksunting

Pemilihan umum paruh waktu adalah pemilihan umum di Amerika Serikat untuk memilih anggota-anggota Kongres, parlemen negara bagian, dan beberapa gubernur, tetapi bukan untuk memilih Presiden.

Pada hari Selasa setelah hari Senin pertama di bulan November pada setiap tahun genap, pemilu diadakan untuk ke-435 anggota Dewan Perwakilan Amerika Serikat dan 33 atau 34 dari ke-100 anggota Senat Amerika Serikat. Namun, pemilihan presiden hanya dilakukan setiap empat tahun sekali. Pemilihan anggota Kongres yang tidak terjadi bersamaan dengan pemilihan presiden disebut pemilu paruh waktu, karena terjadinya di pertengahan masa jabatan Presiden.

Sejumlah 34 dari 50 negara bagian Amerika Serikat memilih gubernur mereka untuk masa jabatan empat tahun pada pemilu paruh waktu, sementara Vermont dan New Hampshire memilih gubernurnya untuk masa jabatan dua tahun pada pemilu paruh waktu dan pemilihan presiden. Jadi, 36 gubernur dipilih dalam pemilu paruh waktu. Negara bagian juga memilih pejabat-pejabat mereka untuk duduk di dewan perwakilan negara bagian dan kantor-kantor kabupaten setiap dua tahun, bersamaan dengan pemilihan paruh waktu dan pemilihan presiden.

Pemilu paruh waktu berikutnya untuk Dewan, Senat, dan gubernur dijadwalkan pada 2 November 2010.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]