Pembicaraan:Ubi Cilembu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Ubi Cilembu merupakan sebuah komoditi pertanian yang unik berasal dari sebuah desa bernama cilembu terletak dibawah kaki gunung Kareumbi, masuk kedalam wilayah kecamatan Pamulihan wilayah Sumedang Barat, keunikan dari tanaman ubi cilembu ini adalah, pola tanam yang dilakukan para petani ubi dari desa cilembu ini dilakukan tidak seperti penanaman ubi pada umumnya, keunikan yang lain dari ubi madu cilembu ini adalah bila ditanam didaerah lain, maka bentuk serta rasa dari ubi yang dipanen tidak akan sama dengan bila ditanam didaerah/ditanah desa cilembu itu sendiri. Penelitian sudah banyak dilakukan dari berbagai universitas baik IPB Bogor, Unpad Bandung, maupun dari dinas instansi pemerintah lainnya mengapa ubi "madu" Cilembu tidak dapat dilakukan penanaman didaerah lain.

Dari keunikan/keistimewaan yang dimiliki ubi madu cilembu inilah yang membuat nilai ekonomisnya sangat tinggi, akan tetapi sangat disayangkan bahwa sampai saat ini masyarakat dan pemerintahan desa cilembu belum dapat membuat lisensi untuk ubi "madu" Cilembu agar memiliki hak paten seperti komoditi unggulan lainnya. kekhawatiran yang terjadi saat ini jepang sedang berusaha keras membudidayakan ubi cilembu ini dinegaranya, apabila tidak ari saat ini sama-sama kita upayakan, kemudian hari ubi "madu"cilembu akan diklaim milik jepang.

Kewajiban kita semua sebagai anak bangsa untuk berupaya terus menerus agar ubi "madu"cilembu ini mendapatkan lisensi agar komoditas ini menjadi salah satu kekayaan alam milik bangsa indonesia selamanya.

Geotroy 05:44, 4 Februari 2011 (UTC)