Pembagi Benua Amerika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Peta pembagi hidrologis utama di Amerika Utara. Pembagi Benua berwarna red. Ada tiga cekungan tertutup di sepanjang pembagi ini yang tampak seperti lingkaran. Dari utara ke selatan, cekungan tersebut bernama Cekungan Pembagi Besar, Cekungan Guzmán Basin, dan Bolsón de Mapimí.
Pembagi benua di Amerika Selatan. Cekungan tertutup di sepanjang pembagi ini adalah kawasan Altiplano.

Pembagi Benua Amerika (bahasa Inggris: Continental Divide of the Americas; dikenal pula dengan sebutan Continental Gulf of Division, Great Divide, atau Continental Divide) adalah pembagi hidrologis Amerika yang sebagian besar rentangannya berupa pegunungan. Pembagi Benua membentang dari Selat Bering sampai Selat Magellan, dan memisahkan daerah aliran sungai yang bermuara di Samudra Pasifik dari (1) sistem sungai yang berakhir di Samudra Atlantik (termasuk sungai yang berakhir di Teluk Meksiko dan Laut Karibia, dan (2) sistem sungai yang berakhir di Samudra Arktik bersama rentangan utara Pembagi Benua ini.

Meski ada banyak pembagi hidrologis di Amerika, Pembagi Besar adalah yang paling menonjol karena mengikuti alur puncak tinggi di sepanjang rangkaian utama Pegunungan Rocky dan Andes dan ketinggiannya lebih tinggi daripada pembagi hidrologis lainnya.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Pembagi Benua Amerika bermula di Tanjung Prince of Wales, Alaska, titik terbarat di daratan Amerika. Pembagi ini kemudian melintasi Alaska utara sampai Yukon, lalu zig-zag ke selatan hingga British Columbia melalui Pegunungan Cassiar dan Pegunungan Omineca dan Plato Nechako utara hingga Danau Summit di sebelah utara kota Prince George dan selatan permukiman McLeod Lake. Dari situ, Pembagi ini melintasi Plato McGregor hingga punggung Pegunungan Rocky, mengikuti puncak Pegunungan Rocky Kanada ke tenggara hingga meridian barat ke-120, kemudian membentuk perbatasan antara British Columbia selatan dan Alberta selatan.

Pembagi ini melintasi Amerika Serikat di Montana barat laut, di perbatasan antara Taman Nasional Waterton Lakes dan Taman Nasional Glacier. Di Kanada, Pembagi ini membentuk perbatasan barat Taman Nasional Waterton Lakes, dan di AS membelah Taman Nasional Glacier. Jauh di selatan, Pembagi ini membentuk tulang punggung Front Pegunungan Rocky (Rangkaian Front) di Bob Marshall Wilderness, lanjut ke selatan sampai Helena dan Butte, kemudian ke barat melewati permukiman Divide, Montana, melintasi Anaconda-Pintler Wilderness hingga Rangkaian Bitterroot, lalu membentuk sepertiga perbatasan timur negara bagian Idaho dan Montana. Pembagi ini masuk ke Wyoming melalui Taman Nasional Yellowstone dan lanjut ke tenggara ke Colorado sampai Puncak Grays, titik tertingginya di Amerika Utara pada ketinggian 4.352 m (14.278 ft). Pembagi ini kemudian melintasi US Highway 160 di Colorado selatan di Wolf Creek Pass dan ditandai oleh sebuah garis. Pembagi ini terus merentang ke selatan sampai New Mexico barat. Meski Pembagi ini mewakili tinggi daratan di antara daerah aliran sungai, bentangannya tidak selalu mengikuti rangkaian/puncak tertinggi di setiap negara bagian atau provinsi.

Di Meksiko, Pembagi ini melewati Chihuahua, Durango, Zacatecas, Aguascalientes, Jalisco, Guanajuato, Querétaro, México, Distrik Federal, Morelos, Puebla, Oaxaca, dan Chiapas. Di Amerika Tengah, Pembagi ini melintasi Guatemala selatan, Honduras barat daya, Nikaragua barat, Kosta Rika barat/barat daya, dan Panama selatan.

Pembagi ini kemudian masuk ke Amerika Selatan, mengikuti puncak Pegunungan Andes, melewati Kolombia barat, Ekuador tengah, Peru barat dan barat daya, dan Chili timur (mengikuti perbatasan Chili-Bolivia dan Chili-Argentina), terus ke selatan sampai ujung selatan Patagonia dan Tierra del Fuego.

Di Amerika Utara, Pembagi Laurentia (atau Pembagi Utara), pembagi yang cenderung tidak menggunung, memisahkan daerah aliran sungai Teluk Hudson-Samudra Arktik dari DAS Atlantik. Pembagi sekunder memisahkan DAS yang mengalir sampai Danau-Danau Besar dan Perairan Saint Lawrence (berujung di Atlantik) dari DAS yang mengalir ke Atlantik melalui kompleks Missouri-Mississippi. Pembagi sekunder lainnya mengikuti untaian pegunungan Appalachia yang memisahkan sungai-sungai yang mengalir langsung ke Samudra Atlantik dari sungai yang bermuara melalui Sungai Mississippi.

Jalur daki[sunting | sunting sumber]

Continental Divide Trail mengikuti Pembagi ini dari perbatasan Meksiko sampai perbatasan Kanada. Ekstensi yang kurang dikembangkan di Kanada bernama Great Divide Trail melintasi lima taman nasional dan enam taman provinsi, dan berakhir di Kakwa Lake di British Columbia timur-tengah.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lynx, Dustin (2000). Hiking Canada's Great Divide Trail. Rocky Mountain Books. ISBN 0-921102-79-8. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]