Paul de Senneville

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Paul de Senneville
Informasi latar belakang
Nama lahirPaul de Senneville
Lahir(1933-07-30)30 Juli 1933
AsalParis, Prancis
Meninggal23 Juni 2023(2023-06-23) (umur 89)
GenreInstrumental pop
Klasik
Mendengarkan dengan mudah
PekerjaanKomposer, Produser Musik
Tahun aktif1976–2023
LabelRekor Delphine

Paul de Senneville (30 Juli 1933 – 23 Juni 2023) adalah seorang komponis melodi asal Prancis yang sekaligus juga seorang produser musik.

Karier[sunting | sunting sumber]

Ia memulai kariernya sebagai wartawan pada koran Prancis seperti France Soir. Kemudian, ia juga menjadi produser program TV.

Karier musik[sunting | sunting sumber]

Sebagai seorang direktur perusahaan rekaman, Disc AZ, ia memulai karier baru atas dasar kesenangan hidupnya: musik.

Setelah menggubah lagu perdananya pada tahun 1962, ia mengkontribusikan musik untuk lagu-lagu pada banyak soundtrack film yang diproduksi oleh perusahaan-perusahaan Prancis seperti Universe Galaxie dan Daber Films. Pada tahun 1968, ketika menjadi manajer bagi karier Michel Polnareff, ia berjumpa dengan Olivier Toussaint, membentuk suatu partnership penggubahan lagu yang sukses. Lagu-lagu mereka direkam oleh artis-artis utama Prancis seperti: Mireille Mathieu, Michèle Torr, Christophe, Hervé Vilard, Dalida, Petula Clark dan Claude François. Partnership ini menghasil lebih dari 100 juta rekaman yang dijual di dunia. Ia bekerja sama dengan penulis lirik Jean-Loup Dabadie, dan menggubah Tous les bateaux, tous les oiseaux, sebuah hit Prancis yang direkam oleh Michel Polnareff.

Tidak lama kemudian, pasangan ini terlibat dalam produksi musik. Mereka memulai grup Pop Concerto Orchestra, di mana Toussaint menjadi penyanyi utama. Segera sesudahnya, mereka meluncurkan grup kedua Anarchic System yang memproduksi Rock & roll. Selama periode lebih dari 5 tahun, kedua grup itu menjual jutaan rekaman.

Dolannes Melody[sunting | sunting sumber]

Kesuksesan "Dolannes Melody" melundurkan karier pemain trompet Jean-Claude Borelly. Lagu itu mencapai tangga lagu #1 di Prancis, Swiss, Belgia dan kemudian di Jerman, Austria, dan Belanda, serta di Amerika Latin dan Jepang.

Pada tahun 1978, komposisi Paul, Les jardins de Monaco, ditampilkan mewakili Prancis dan Monako pada Eurovision Song Contest 1978 dalam wujud duet. Ia memenangkan perhargaan utama seperti César Award (setara dengan Oscar di Amerika Serikat) untuk komposisi musik film. Ia dianugerahi gelar Comte, suatu gelar kebangsawanan Prancis.

Delphine Productions[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1976, Paul dan Olivier mendirikan perusahaan rekaman mereka sendiri, Delphine Productions yang dinamai menurut putri pertama Paul, Delphine Deschodt. Delphine Productions merupakan eksportir musik Prancis terkemuka dan hanya berspesialisasi pada musik instrumental.

Selain Jean-Claude Borelly, mereka juga mengorbitkan sejumlah instrumentalis Prancis seperti Richard Clayderman (1976), Nicolas de Angelis (1981) dan Diego Modena (1991).

De Senneville dan Toussaint berkolaborasi dengan pembuat aransemen Prancis terkenal seperti: Gérard Salesses, Hervé Roy, Bruno Ribera, dan Marc Minier. Produksi musik utama mereka dipusatkan pada musik yang dimainkan oleh Clayderman.

Ballade pour Adeline, A Comme Amour dan Lettre à ma mère merupakan beberapa hit terbesar dari rekaman Clayderman. Melodi-melodi ini tadinya digubah oleh de Senneville. "Ballade pour Adeline" dipersembahkan untuk Adeline, putri de Senneville yang ketika itu baru lahir. Ia telah menggubah sekitar 400 melodi bagi Clayderman. Toussaint dan Jean Baudlot adalah para partnernya dalam membuat komposisi musik.

Delphine group meliputi 15 perusahaan antara lain sebagai perusahaan produsen film dan cuplikan iklan, agen untuk iklan serta pemilihan aktor serta model. Mereka mempunyai 4 studio rekaman dalam "hotel particulier" mereka.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Paul de Senneville menyukai musik klasik. Giuseppe Verdi adalah salah satu favoritnya. Ia mengkoleksi lukisan-lukisan modern dan barang-barang antik. Ia membeli sebuah patung kuda karya Salvador Dalí.

Ia memiliki seekor kuda balap "L'Amiral Mauzun", bekerja sama dengan Jean-Philippe Ducher. Kuda itu menang dalam perlombaan Elitloppet pada tahun 2007 dan perlombaan-perlombaan lain.

Paul de Senneville diduga tidak bisa membaca, menulis maupun memainkan musik. Ia melantunkan lagu-lagu ciptaannya ke sebuah tape recorder kecil di rumahnya atau di studionya. Kemudian ia memanggil seorang pianis (atau seorang pembuat aransemen) untuk membantunya membuat aransemen, sebelum merekamnya dengan ensemble yang lebih besar.

Gubahan[sunting | sunting sumber]

Sejumlah gubahannya yang terkenal melalui Richard Clayderman:

  • Ballade pour Adeline (1977)
  • A comme amour (1978)
  • Lettre à ma mère (1979)
  • Eléana (1987)
  • Sagittaire (1988)
  • Comme ils sont loin les souvenirs (1994)
  • Hungarian Sonata (1997)
  • Chinese Garden (1998)
  • Princesse du désert (1999)
  • J 'aime les gens qui s'aiment (2001)
  • Pour tout l'amour du monde (2004)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]