Pariwisata toko buku

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pariwisata toko buku adalah jenis wisata budaya yang mempromosikan toko buku independen sebagai tujuan perjalanan kelompok. Pariwisata ini dimulai sebagai upaya akar rumput untuk mendukung toko buku yang dimiliki dan dikelola oleh penduduk lokal, yang banyak di antaranya telah berjuang untuk bersaing dengan jaringan toko buku yang lebih besar dan pengecer daring.

Mereka yang mempromosikan pariwisata toko buku mendorong sekolah, perpustakaan, kelompok membaca, dan berbagai organisasi lain untuk membuat perjalanan sehari dan acara sastra ke kota-kota yang memiliki banyak toko buku independen. Grup dengan berbagai ukuran di seluruh Amerika Serikat telah menawarkan kunjungan semacam itu, biasanya melalui bus sewaan, dan sering kali menggabungkan penandatanganan buku, tur rumah pengarang, dan situs bersejarah. Mereka juga mendorong penjual buku lokal untuk menarik bibliophiles ke komunitas mereka dengan menggunakan pariwisata toko buku sebagai alat pembangunan ekonomi. Manfaat lain termasuk pengecer lokal, restoran, perusahaan bus dan pelaku profesional perjalanan. Upaya ini juga memberi kesempatan bagi penjangkauan untuk mendukung upaya membaca dan melek huruf.

Industri penjualan buku, penerbitan, dan kendaraan bermotor telah mengakui potensi konsep ini sebagai ceruk kelompok perjalanan dan alat pemasaran.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]